Pekan Library : Ikon Event Literasi Tahunan UPT.Perpustakaan Unand

28 November 2023

Seminggu yang lalu tepatnya, 20 November 2023 telah dilaksanakan acara Pekan Library 2. Pekan Library 2 menghadirkan beberapa kegiatan yaitu Pameran Buku Hibah Mahasiswa, Workshop Anti Korupsi dan Literasi Kepemimpinan, Lomba Konten Promosi Perpustakaan serta Lomba Penulisan Artikel Perpustakaan Digital. Acara Pekan Library 2 dibuka oleh Yasir, Kepala UPT.Perpustakaan Unand. Sebelumnya, Nani, Ketua Panitia Pelaksana Pekan Library 2 menyampaikan kata pembuka. Beliau sangat berterima kasih atas bantuan rekan-rekan panitia yang telah berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan ini. Nani juga menghimbau agar mahasiswa mengikuti acara Pekan Library 2 sehingga mahasiwa dapat menambah wawasannya terutama tentang anti korupsi dan kepemimpinan. Dalam sambutannya Yasir, mengharapkan agar mahasiswa Unand dapat mengikuti acara ini dan memanfaatkan buku yang dihibahkan untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Beliau juga mengharapkan agar kegiatan workshop dan lomba dapat diikuti oleh mahasiswa Unand. Iswadi Syahrial Nupin, Koordinator Acara menjelaskan kegiatan yang berlangsung kepada audiens tentang pelaksanaan Lomba Konten Promosi dan Lomba Penulisan Artikel Perpustakaan Digital. Beliau mengharapkan agar mahasiswa mengikuti lomba tersebut.

Pekan Library 2 tak hanya dimanfaatkan mahasiswa Unand saja akan tetapi juga mahasiswa luar yang datang sekedar untuk melihat buku yang dihibahkan. Hari pertama pengunjung yang datang tidak begitu ramai. Kunjungan membludak pada keesokan harinya. Kemungkinan ramainya UPT.Perpustakaan Unand karena sebagian mahasiswa tersebut akan mengikuti workshop anti korupsi dan literasi kepemimpinan. Kegiatan ini dilaksanakan di The Gade Creative Lounge (TGCL). Narasumber dalam acara tersebut adalah Muhammad Yunus, Penyuluh Anti Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang juga bertugas di Rumah Sakit M.Djamil dibidang Satuan Pengawas Internal (SPI). Moderator dan pemantik acara adalah Beni Adri Yassin, Staf Bidang Automasi.

Yang menarik adalah animo mahasiswa mengikuti Workshop Anti Korupsi dan Literasi Kepemimpinan. Paska pemaparan narasumber, mahasiwa langsung bertanya tentang cara penanggulangan korupsi yang terjadi baik dalam organisasi mahasiswa maupun tempat lainnya. Ada pula yang curhat hadiah lomba belum diterima karena adanya korupsi. Menurut Muhammad Yunus, untuk mencegah korupsi yang diperkuat adalah pemahaman beragama yang benar. Ketika ada niat korupsi maka perlu diingat bahwa Allah selalu melihat perbuatan makhluk-Nya. Yakinkan diri bahwa gerak gerik kita selalu diperhatikan oleh Allah. Beliau juga memberi saran apabila kita ditipu dalam suatu event lomba maka ikhlaskan saja kepada Allah. Yakinlah bahwa Allah akan mengganti hak kita yang hilang dengan sesuatu yang lebih baik.

Kegiatan Pekan Library 2 secara umum berlangsung sukses. Panitia terlihat solid dalam bekerja sesuai tugasnya masing-masing. Dalam closing ceremony, Yasir berharap agar Pekan Library di tahun mendatang seyogianya dapat dilaksanakan secara nasional dengan seminar nasional, lomba deklamasi puisi dan lain sebagainya. Beliau juga memberikan apresiasi kepada partisipan lomba bahwa semua karya yang dilombakan itu bagus. Tidak ada yang jelek. Hanya saja ada beberapa yang tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh juri. Bagi yang belum beruntung jangan patah semangat teruskan berkarya.

Buku yang dihibahkan kepada mahasiswa lebih kurang 1.665 eksemplar. Jumlah pengunjung perhari selama Pekan Library 2 rata-rata 220 orang. Peserta lomba konten promosi perpustakaan berjumlah 8 orang sedangkan peserta lomba penulisan artikel Perpustakaan Digital berjumlah 18 orang. Pemenang Lomba Konten Promosi Perpustakaan berjumlah 4 orang sedangkan Lomba Penulisan Artikel Perpustakaan Digital berjumlah 5 orang. Pemenang Lomba Konten Promosi Perpustakaan yaitu Junita Citra Ayu Chania, Mengki Kurniawan, Silca Chairana Rahman dan Yofie Fara Madani. Lomba Penulisan Artikel Perpustakaan Digital yaitu Violina Anastasya, Anisa Putri Dewiyanti, Avivo Ajvantara, Qurratul Hilma dan Hamda Alsuri Saimar. Reward untuk para pemenang lomba dibagikan Jumat, 24 November 2023. Juri dalam lomba ini adalah Marlini, Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Negeri Padang (UNP) dan Muhammad Subhan, Pegiat Literasi dan founder Sekolah Menulis elipsis. Nama juri sengaja dirahasiakan agar lomba dapat berlangsung secara fair.

Sebetulnya ada yang kurang dalam event tahunan ini. Kekurangannya tidak melibatkan Duta Baca dan Sahabat Perpustakaan dalam kegiatan. Sebetulnya mereka dapat diberikan “slot” acara seperti Seminar Minat Baca dan Peningkatan Indeks Literasi Mahasiswa. Hal ini terjadi karena beberapa Panitia Pekan Library 2 telah dilibatkan dalam menyiapkan jawaban borang akreditasi UPT.Perpustakaan sekaligus merancang persiapan Pelatihan SLiMs bagi Pengelola Ruang Baca Fakultas dilingkungan Unand. Mereka dituntut lebih fokus dalam menyiapkan data untuk menyelesaikan Akreditasi UPT.Perpustakaan Unand 2023. Dengan kata lain, jadwal kegiatan staf UPT.Perpustakaan yang “padat” membuat acara Pekan Library 2 terkesan dilaksanakan secara terbatas. InsyaAllah, acara pelatihan bagi staf ruang baca akan diselenggarakan pada 4 Desember 2023 mendatang. Pelatihan tersebut mengundang narasumber dari luar Unand yaitu Sefri Doni, pakar SLiMs (Senayan Library Information Management Systems).  

Pekan Library sebagai “ikon” event literasi tahunan memang layak untuk dilaksanakan secara berkesinambungan. Target penting kesuksesan Pekan Library 2 tak hanya sekedar penyelenggaraan seminar nasional 2024 akan tetapi event KPDI (Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia) 2026. Dalam hal ini UPT.Perpustakaan Unand menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar tersebut. Oleh karena itu diperlukan dukungan pimpinan dalam menyukseskan seminar nasional 2024 dan KPDI 2026 yang dilaksanakan tahun-tahun mendatang. Staf UPT.Perpustakaan Unand seyogianya mempersiapkan diri secara profesional dalam melayani peserta yang mengikuti seminar dan call paper. Tema seminar yang diangkat berkaitan dengan local wisdom yakni manuskrip kuno nusantara baik yang terdapat di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan wilayah lainnya di Indonesia. Alasannya diambilnya tema yang berkaitan dengan manuskrip kuno karena sebagai anak bangsa perlu kiranya kita melindungi legasi yang ditinggalkan oleh leluhur agar artefak atau situs yang ditinggalkannya masih dapat diketahui oleh generasi masa depan. Dalam hal ini UPT.Perpustakaan Unand juga memiliki naskah kuno yang terletak di Minangkabau Corner. UPT.Perpustakaan Unand memiliki peran untuk melindungi dan melestarikan naskah yang ada secara digital. Bila perlu naskah yang dibaca cukup dengan scan QR code sehingga dapat diakses khalayak ramai.

Dengan demikian Pustakawan Unand seyogianya berkolaborasi dengan Dosen Unand berstatus filolog seperti Pramono dan Muhammad Yusuf yang juga dosen Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Bahasa dan Sastra Minangkabau. Perlu diingat bahwa kolaborasi yang baik merupakan kunci kesuksesan suatu event. Literacy is much more than an educational priority - it is the ultimate investment in the future and the first step towards all the new forms of literacy required in the twenty-first century. We wish to see a century where every child is able to read and to use this skill to gain autonomy. Literasi lebih dari sekedar prioritas pendidikan – ini adalah investasi utama di masa depan dan langkah pertama menuju semua bentuk literasi baru yang dibutuhkan di abad kedua puluh satu. Kami ingin melihat abad di mana setiap anak dapat membaca dan menggunakan keterampilan ini untuk memperoleh kemandirian. Demikian quote Irina Bokova, Direktur Umum (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

                                                                                                     Padang, 28 November 2023

                                                                        Penulis : Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos., M.M

                                                                        Editor  : Beni Adri Yassin, S.Kom

Read 3734 times Last modified on Kamis, 11 Januari 2024 10:21