Rate this item
(0 votes)

Pada hari Rabu, tanggal 15 Desember 2021, salah satu pustakawan Perpustakaan Universitas Andalas, Iswadi Syahrial Nupin, diwisuda oleh Rektor Institut Pertanian Bogor(IPB). Beliau berhasil menamatkan studinya di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi IPB.

Wisuda yang digelar secara daring oleh Institut Pertanian Bogor itu dihadiri oleh 801 orang mahasiswa, yang terdiri dari wisudawan Doctoral 39 orang, wisudawan magister 181 orang, dan wisudawan sarjana 661 orang. Kegiatan wisuda ini diawali dengan menampilkan profil IPB, dan dilanjutkan dengan pidato rektor IPB, serta pemindahan jambul untuk peserta wisuda yang hadir secara tatap muka.

Setelah menamatkan pendidikan di program magister, Iswadi Syahrial Nupin, yang sebelumnya menyandang gelar akademik sarjana sosial, saat ini telah resmi menyandang gelar magister manajemen (MM), dengan predikat lulus “Sangat Memuaskan”.

Judul tesis yang diangkat saat menempuh pendidikan magister adalah “Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional dengan Pengembangan Karier Pustakawan”. Dengan diwisudanya beliau, maka saat ini jumlah Pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Andalas yang menyandang gelar magister bertambah menjadi 2 orang.


Rate this item
(0 votes)

Kamis, 09 Desember 2021 M tepatnya 04 Rabiul Akhir 1443 H, Universitas Andalas kedatangan tamu istimewa dari Atase Agama kedutaan arab saudi yaitu Syaikh Ahmad Essa AL Hazimi. Kunjungan  ke Universitas Andalas merupakan yang kedua kalinya dalam 2 tahun terakhir bagi kedutaan arab saudi. Dalam kunjungan kali ini Syaikh Ahmad Essa Al Hazimi memberikan kuliah umum dengan tema “ Peran Arab Saudi Dalam Melayani Islam dan Kaum Muslimin Sedunia”.

Kuliah umum ini diadakan di Gedung Perpustakaan Universitas Andalas Lantai 5, pada pukul 14.00 Wib. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan langsung Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. Membersamai kegiatan ini, selaku penerjemah ialah Ustadz Muhammad Elvi Syam, Lc.,MA.

Pembukaan awal perkuliahan syaikh berkata : kami datang ke negeri dimana orang-orangnya memuliakan tamu dengan akhlak yang tinggi, dan kami menyukai tempat ini, dan kami memilih propinsi ini sebagai salah satu tujuan kunjungan kami.

Syaikh membacakan sebuah ayat dari surat Alhujurat Ayat 13, yang artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Allah Subhanahu Wata’ala telah menganugerahkan kepada arab saudi dengan 2 kemuliaan yaitu adanya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, yang mana Baitullah merupakan kiblat bagi kaum muslimin. Kerajaan arab saudi yang strategis memberikan tempat kusus dihati kaum muslimin.

Materi yang disampaikan oleh Syaikh Ahmad Essa Al Hazimi ialah tentang bagaimana peran arab saudi selama ini dalam membantu dunia islam, membantu perkembangan islam dan memberikan semua fasilitas yang terbaik bagi kaum muslimin. Diantara peran arab saudi kepada kaum muslimi diseluruh dunia ialah Memberikan perhatian yang tinggi terhadap Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Haji dan Umrah gratis bagi tamu-tamu undangan kerajaan, membuka kampus untuk mahasiswa diseluruh dunia, membangun perkebunan dengan teknologi tinggi, membuat percetakan al-quran dan membagikannya keseluruh dunia secara gratis.

Negara Arab Saudi dengan segala upaya dan usahanya telah banyak memberikan bantuan material, ekonomi, dan sosial bagi seluruh umat manusia didunia ini. Hal ini memberikan bantahan terhadap fitnah-fitnah yang beredar selama ini, yang tak beralasan. Negara Arab Saudi adalah negara yang damai, penuh toleransi, anti radikalisme dan ekstrimisme. Negara Arab Saudi adalah tempat agama Islam dilahirkan, yang mana dipegang oleh orang-orang yang amanah dan berpegang teguh terhadap Alquran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus sholeh.

Dipenghujung kuliah umum Syaikh memberikan 6 wasiat kepada seluruh hadirin, yang berbunyi : (1) Bertaqwalah kepada Allah, (2) Perbanyaklah menuntut ilmu, (3) Berpegang teguhlah terhadap apa yang diajarkan oleh Nabimu, (4) Jagalah keamanan negerimu dan do’akan pemimpinmu, (5) Berbaktilah kepada kedua orang tua, dan yang terakhir Muliakanlah gurumu.

Menjelang penutupan acara Syaikh memberikan 5 pertanyaan kepada peserta dan yang menjawabnya akan diberikan hadiah berupa amplop dan fhoto bersama. Karna keterbatasan waktu, masih banyak yang ingin ditanyakan peserta dan antusias terhadap pertanyaan berikutnya. Akhir acara ini ditutup dengan saling memberi cenderamata antara Universitas Andalas dengan Atase Agama Kedutaan Arab Saudi dan fhoto bersama.

Selasa, 07 Desember 2021 10:41

PENGUMUMAN

Rate this item
(0 votes)

Diberitahukan kepada pemustaka yang melakukan peminjaman buku di Perpustakaan agar segera mengembalikannya sebelum tgl 03 Januari 2022.

Senin, 06 Desember 2021 09:41

Unand Kembali Melanggan Science Direct

Rate this item
(0 votes)

Pada akhir tahun 2021 ini, Unand kembali melanggan Science Direct, platfom jurnal internasional terkemuka. Sempat terhenti pada tahun 2020, terhitung sejak 1 Desember 2021 ini langganan kembali diaktifkan.

Science direct merupakan platform terkemuka yang menerbitkan berbagai literatur peer-review guna mendukung dan memajukan kegiatan penelitian. Platfom ini merupakan unit bisnis dari Elsevier, publisher terbesar dunia yang berkedudukan di Amsterdam, Netherlands.

Science Direct membagi e-journal dan book chapters yang mereka miliki ke dalam 4 kategori, yang terdiri dari: Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities. Setiap kategori dibagi lagi ke dalam beberapa sub kategori.

Untuk mensosialisasikan dan memaksimalkan pemanfaatan jurnal-jurnal tersebut, pihak Elsevier South East Asia - bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Unand menyelenggarakan Webinar pada hari Jum’at, tanggal 3 Desember 2021 yang lalu, menggunakan media Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Moving Science Forward with Science Direct, dengan menghadirkan Johan Jang, Costumer Cunsoltant Elsevier South East Asia, sebagai narasumber. Kegiatan yang diperuntukkan khusus bagi civitas akademika Unand tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta.

Dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan terkait dengan profil Elsevier dan Science Direct, narasumber juga mengajarkan tentang bagaimana cara memanfaatkan artikel jurnal yang dilanggan Unand. Ada 2 metode untuk mengaksesnya: (1) Melalui IP Address Univ Andalas, selama kita menggunakan jaringan internet yang ada di lingkungan Unand, seluruh artikel jurnal yang dilanggan bisa diakses dan diunduh secara gratis. (2) menggunakan remote access menggunakan email Unand.

Khusus untuk remote access, sebelumnya kita harus mendaftarkan email Unand yang kita miliki terlebih dahulu melaui link: https://bit.ly/3pxlBl0 . Setelah itu kita akan dikirimi email konfirmasi untuk melanjutkan proses registrasi. Setelah proses selesai kita perlu mengaktifkan remote access melalui menu Remote Access yang ada di halaman paling bawah http://sciencedirect.com. Setelah itu kita bisa bebas memanfaatkan seluruh jurnal yang dilanggan Unand darimana saja, dengan Sign In menggunakan email yang sudah diregistrasikan.

Selain terkait cara mengakses jurnal, narasumber juga menjelaskan tentang fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan proses pencarian artikel jurnal yang ada di Science Direct, mulai dari menentukan kata kunci, lokasi pencarian, cara mendownload, serta bagaimana cara memfilter hasil pencarian berdasarkan tahun, type koleksi, penerbit, maupun bidang ilmu.

Peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari banyak pertanyaan-pertanyaan seputar pemanfaatan jurnal yang dilanggan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT Perpustakaan Unand, juga menyampaikan bahwasanya perpustakaan siap membantu membantu dan memfasilitasi civitas akademika Unand seandainya ada kendala dalam mengakses Science Direct.

 

Rate this item
(0 votes)

Berdasarkan hasil akreditasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpusnas RI tahun 2018 yang lalu, UPT Perpustakaan Unand ditetapkan sebagai Perpustakaan rujukan di wilayah barat, dengan akreditasi “A”. Hasil tersebut telah menjadi magnet bagi perpustakaan lain yang ada di wilayah barat untuk berkunjung ke UPT Perpustakaan Unand dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam bantuk benchmarking maupun studi banding. Salah satunya adalah UPT Perpustakaan Universitas Jambi.

Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal 15 November 2021, tepatnya hari senin, UPT Perpustakaan Universitas Andalas kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi Perpustakaan di lantai 5 Gedung Perpustakaan. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Andalas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Drs.Yasir, S.Sos selaku kepala Perpustakaan, pada pukul 10.00 WIB. Sosialisasi ini diadakan selama 4 hari mulai dari tanggal 15-18 November 2021, dengan sistem 2 sesi setiap harinya. Kegiatan sosialisasi ini dinarasumberi oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom, Ibu Zasmi Fitriani, A.Md, dan Ibu Leni Marsih, S.I.Pust

Sosialisasi perpustakaan kali ini dilakukan secara luring, yang mana sebelumnya telah dilakukan juga sosialisasi secara daring. Tujuan kegiatan ini dilakukan 2 kali, agar mahasiswa benar-benar dapat memahami dan memaksimalkan semua fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan. Meskipun jumlah pustakawan dan tendik di Perpustakaan Universitas Andalas semakin sedikit, namun semangat mengadakan acara ini sangat tinggi, sehingga memberikan nilai positif terhadap suasana perpustakaan saat ini.

Meskipun mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara luring saat ini hanyalah mahasiswa tahun 2020, namun antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Terhitung berdasarkan laporan dari bidang automasi, jumlah peserta yang mengikuti acara sosialisasi ini mencapai 300 orang dengan rata-rata 40 orang/sesinya. Antusias peserta sosialisasi juga terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa dan mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dari narasumber.

« January 2022 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31