Rate this item
(0 votes)

Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos, M.Si, Pustakawan Muda UPT Perpustakaan Unand, terpilih menjadi pemenang lomba penulisan naskah Inkubator Literasi Pustaka Nasional tingkat Sumatera Barat. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Perpusnas Press, unit penerbitan dari Perpustakaan Nasional RI yang bertugas menerbitkan karya tulis dan publikasi di bidang perpustakaan dan kepustakawanan. Mengusung tema Literasi Digital di Era Industri 4.0 Dalam Rangka Mendukung Kearifan Lokal di Sumatera Barat.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan April 2022, yang diawali dengan proses pengumpulan naskah. Selanjutnya pada bulan Mei 2022 sudah terpilih sebanyak 15 naskah terbaik, yang nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh Perpusnas Press. Dari 15 naskah tersebut panitia lomba memilih 3 naskah terbaik.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, yang diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022, Iswadi Syahrial Nupin, dengan naskahnya yang berjudul “Promosi Destinasi Wisata Nagari, Mampukah Pengelola Perpustakaan?,” terpilih menjadi salah satu peserta terbaik mendampingi Mardhiyan Novita MZ, dan Sahari Ramadhani. Selain naskahnya diterbitkan oleh Perpusnas Press, ketiga tulisan terbaik juga diganjar dengan hadiah Rp. 1.000.000,-.

Andi Saputra, Sub Koordinator Perpustakaa, mewakili tenaga kependidikan UPT Perpustakaan Unand, merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang sudah diraih oleh Saudara Iswadi. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwasanya “Semenjak menamatkan pendidikan S2nya di IPB, Saudara Iswadi sangat aktif menulis  artikel di bidang ilmu kepustakawanan. Beberapa tulisannya sudah diterbitkan di koran lokal dan nasional. Selain itu beliau juga sudah melahirkan 2 buah buku dalam 1 tahun terakhir”.

Semoga apa yang sudah digapai oleh Saudara Iswadi bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi rekan-rekan pustakawan, maupun tenaga fungsional lainnya yang ada di lingkungan Unand.

Kamis, 09 Jun 2022 16:53

Pustakawan Unand Terbitkan Buku

Rate this item
(0 votes)

Kamis, 09 Juni 2022 Kepala Perpustakaan Universitas Andalas Drs. Yasir, S.Sos menerima sebuah buku yang berjudul “Antologi Kepustakawan Era Disrupsi”. Buku tersebut diserahkan langsung oleh penulis  yakni Bapak Beni diruangan kepala perpustakaan. Buku tersebut ditulis oleh 2 orang penulis, yakni bapak Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos., M.M (Pustakawan) dan penulis kedua adalah bapak Beni Adri Yassin, S.Kom (Tendik Bidang Teknologi Informasi).

Pada kesempatan pertemuan tersebut, kepala perpustakaan menyampaikan rasa syukur dan gembira dengan pencapaian dan kinerja yang diberikan oleh Bapak Iswadi dan Bapak Beni, mengingat padatnya jadwal dan rutinitas pekerjaan di perpustakaan, namun tetap berkarya dan menghasilkan terobosan dalam dunia penulisan dan kepustakawanan.

Menanggapi hal tersebut, Bapak Beni juga menyampaikan rasa terima kasih dan harapan kedepannya terkait pengembangan Sumber Daya Manusia, Apresiasi Kinerja Tendik dan Pustakawan di Perpustakaan Unand. Bapak Beni menilai berkarya merupakan sebuah pencapaian yang baik dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan tentunya juga mengharumkan nama Perpustakaan dan Universitas Andalas. Terbitnya buku ini, mudah-mudahan memberikan motivasi bagi rekan kerja lainnya, mengingat tak ada keterbatasan dalam berkarya dan berinovasi, dan tak tertutup kemungkinan bukan hanya tenaga pengajar, tenaga pendidik juga mesti berkarya dan berprestasi. Saat penghujung pertemuan, kepala perpustakaan dan Bapak Beni mengabadikan momen hibah  buku tersebut dengan fhoto bersama.

Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal 6 s.d 7 Juni 2022 telah diadakan kegiatan Sosialisasi Bebas Pustaka Mandiri di Kampus III Unand Dharmasraya. Di Kampus III Dharmasraya terdapat Fakultas Pertanian dengan Program Studi Agroekoteknologi. Nara Sumber dalam kegiatan ini adalah Beni Adri Yassin, S.Kom. Materi yang disampaikan adalah Pelayanan Satu Pintu, aturan bebas pustaka online, dan upload tugas akhir serta Permintaan Tugas Akhir Full Text. Penyampaian 4 materi pokok diatas disampaikan secara bertahap dan diiringi juga dengan mempraktekkan langsung bagaimana mekanisme bebas pustaka mandiri. Kegiatan sosialisasi aplikasi bebas pustaka mandiri ini juga diselenggarakan untuk tendik yang bertugas melayani bagian perpustakaan di kampus 3 Unand. Menjelang akhir acara Narasumber memberikan sesi tanya jawab kepada peserta dan memberikan hadiah buku bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan.  Nara sumber juga menyinggung tentang aplikasi Perpustakaan Digital milik Perpustakaan Unand yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Turut hadir staf UPT.Perpustakaan Unand yaitu Leni Marsih, S.I.Pust dan Dian Niko Putra, A.Md.

 

Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal 2 s.d 3 Juni 2022 telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Bebas Pustaka Mandiri di Kampus II Unand Payakumbuh. Di Kampus II Unand Payakumbuh terdapat 2 Fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Fakultas Peternakan. Fakultas Ekonomi memiliki dua Program Studi yaitu Ilmu Ekonomi dan Manajemen sedangkan Fakultas Peternakan hanya satu program studi yaitu Peternakan. Nara sumber dalam kegiatan ini adalah Andi Saputra, S.Kom; M.Kom yang juga merangkap sebagai Sub Kordinator UPT.Perpustakaan Unand. Acara sosialisasi dihadiri oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Peternakan. Para Mahasiswa sangat antusias dengan materi sosialisasi yang terkesan uptodate sesuai era disrupsi saat ini. Acara diwarnai oleh tanya jawab tentang cara meregistrasi akun dan  masuk ke Perpustakaan Digital UPT. Perpustakaan Unand. Untuk dapat mengakses koleksi digital terlebih dahulu mahasiswa Unand harus mendownload aplikasi tersebut melalui playstore yang terdapat dihandphone. Dijelaskan pula bahwa koleksi digital yang dipinjamkan dapat hilang kalau tidak dikembalikan sesuai waktu yang ditentukan. Turut hadir staf UPT.Perpustakaan Unand antara lain Meysi Latifah, AM.d; Roni Purnama, AM.d, dan Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos; M.M.

Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal 30 Mei 2022, diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Mandiri [Surat Keterangan Bebas Pustaka]. Sub Koordinator UPT.Perpustakaan Universitas Andalas dalam pernyataannya menguraikan bahwa kalau sebelumnya Surat Keterangan Bebas Pustaka itu menggunakan kertas namun dengan adanya aplikasi mandiri hal tersebut tidak dibutuhkan lagi karena aplikasi mandiri telah mencakup kegiatan kliring yang dilaksanakan oleh Mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Aplikasi Mandiri membuat kegiatan bebas pustaka menjadi lebih simpel. Acara ini dihadiri oleh operator wisuda di Fakultas-fakultas dilingkungan Universitas Andalas. Dalam acara ini dilangsungkan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber Beni Adri Yassin, S.Kom bersama para peserta. Hasil dari kegiatan ini membuahkan banyak argumen yang selama ini sering terjadi dilapangan, dan diharapkan Aplikasi bebas pustaka mandiri ini menjadi solusi yang tepat dalam pelayanan perpustakaan.

Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal 25 Mei 2022, telah diselenggarakan rapat staf UPT.Perpustakaan Universitas Andalas. Agenda rapat membahas persoalan Sosialisasi Aplikasi Mandiri [Surat Keterangan Bebas Pustaka] yang berbasis aplikasi online yang dilaksanakan di Universitas Andalas dan juga pelaksanaan di Kampus II Payakumbuh serta Kampus III Dharmasraya. Agenda lain yang diperbincangkan adalah aplikasi Perpustakaan Digital UPT.Perpustakaan Universitas. Aplikasi Perpustakaan Digital UPT.Perpustakaan Universitas Andalas memungkinkan mahasiswa Universitas Andalas dapat menyumbang e-book atau buku elektronik ke UPT.Perpustakaan Universitas Andalas. Sub Kordinator UPT.Perpustakaan Universitas Andalas, Andi Saputra, S.Kom, M.Kom,  menjelaskan kepada peserta rapat bahwa hal tersebut telah dibincangkan sebelumnya dengan Wakil Rektor I Universitas Andalas. Wakil Rektor I berkenan mengijinkan UPT.Perpustakaan Universitas Andalas untuk menyarankan kepada mahasiswa Universitas Andalas agar dapat menyumbangkan e-book yang dapat dipesan melalui vendor kubuku. Dalam kesempatan itu, Drs.Yasir, S.Sos, Kepala UPT.Perpustakaan Universitas Andalas menjelaskan bahwa transportasi untuk keberangkatan ke Payakumbuh dan Dharmasraya akan diupayakan menggunakan mobil dinas karena ada sebagian koleksi buku yang disumbangkan ke Kampus II Payakumbuh dan Kampus III Dharmasraya.