Penerapan Kebijakan Sumbangan E-Book (Elektronik Buku) : UPT Perpustakaan Unand

15 Oktober 2022

Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan perguruan tinggi merupakan sebuah keniscayaan yang mesti dilakukan. Hal ini sejalan dengan tumbuh kembang peran technology yang begitu cepat di era revolusi industri 5.0 ini. Pada awal bulan Oktober 2022, UPT Perpustakaan Universitas Andalas telah menerapkan jalur terbaru dalam menyumbang buku, yakni tidak mesti menyumbangkan buku tercetak, melainkan bisa menyumbangkan e-book. Untuk menunjang dan meningkatkan kualitas pelayanan, perpustakaan bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang bernama KUBUKU. Aplikasi perpustakaan digital sudah tersedia dalam 2 versi, yaitu versi desktop dan versi android yang dapat diakses melalui : https://kubuku.id/download/perpustakaan-digital-unand/ .

Kriteria dan aturan dalam menyumbang buku sebagai syarat bebas pustaka masih sama dengan yang sebelumnya: http://unand.net/3cMQe , hanya saja saat ini mahasiswa yang hendak melakukan bebas pustaka, tidak mesti menyerahkan buku tercetak keperpustakaan. Mahasiswa dapat menyumbangkan e-book yang ada dalam aplikasi perpustakaan digital unand. Aplikasi perpustakaan digital Unand sudah tersedia di playstore, yang mana dapat didownload secara gratis, dan dapat digunakan dengan mudah.

Terdapat 3 fungsi utama dalam aplikasi perpustakaan digital ini yaitu : 1. Membaca Buku, 2. Meminjam buku,  dan 3. Menyumbang Buku. Fitur tambahan yang ada dalam aplikasi tersebut yaitu donasi dalam bentuk poin. Sebagai tindak lanjut dan efektifitas penggunaan aplikasi perpustakaan digital ini, UPT Perpustakaan Unand akan melakukan Sosialisasi secara bertahap terkait panduan penggunaan dan penerapan aplikasi diseluruh lingkungan Universitas Andalas.

Read 14291 times Last modified on Kamis, 23 November 2023 08:24