Kamis, 21 April 2022 09:22

Peringatan Nuzulul Quran Keluarga Besar Universitas Andalas

Pada hari Rabu, Tanggal 20 April 2022, Pukul 12.45 WIB, tepatnya setelah shalat Ba’diyah Dzuhur, keluarga besar Universitas Andalas mengadakan Acara peringatan Nuzulul Quran di Masjid Nurul ‘Ilmi Universitas Andalas. Acara peringatan Nuzulul Quran ini diberi tema “Implementasi Nilai-Nilai AL-Quran Dalam Kehidupan”. Acara ini dinahkodai oleh staf Humas Unand yakni Dunan Syee Caniago. Saat pembukaan acara Dunan menyampaikan Rundown Acara kegiatan Nuzulul Quran beserta mengutip beberapa kaidah penting tentang pentingnya nilai-nilai Al-quran.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Fadli. Selang waktu berjalan, Rektor Universitas Andalas yakni Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH memberikan kata sambutan kepada semua hadirin, kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ustadz Drs. H. Ristawardi Dt. Marajo Nan Batungkek Ameh.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Drs. H. Ristawardi Dt. Marajo Nan Batungkek Ameh menjadikan filosofi lebah sebagai bagian dari materi ceramahnya serta mengutip ayat Al-Quran Surat An-nahl ayat ke-68 yang artinya "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah". Beliau juga mengatakan orang minang ini pandai dalam berguru, yang mana beliau ungkapkan dalam bahasa minang yang lebih kurang berbunyi : "Alam Takambang Jadi Guru".

Jama’ah yang hadir dalam acara tersebut, terkesima dengan penyampaian Dt .Marajo Nan Batuangkek Ameh yang pandai dalam menganalogikan sebuah perumpamaan dengan pepatah-pepatah minang. Selesai penyampaian materi, acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin langsung oleh Ustadz Drs. H. Ristawardi Dt. Marajo Nan Batungkek Ameh.

Read 235 times