Items filtered by date: Oktober 2023
30 Oktober 2023 In Iswadi Syahrial Nupin

Pada tanggal 9 s.d 11 Oktober 2023 telah diadakan konferensi internasional perdana yang bertajuk The First Annual International Conference on Social, Literacy, Art, History, Library and Information Science (ICoLIS). Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi dengan menafsirkan peran agama, sosial, bahasa dan sastra yang bertemakan “Interpreting the Role of Religion, Social, Language and Literature in Growing the Literacy Culture”. Tuan rumah dalam kegiatan ini adalah Universitas Islam Negeri Raden Intan (UIN RIL) Lampung. Acara dibuka oleh Prof H Wan Jamaluddin Z PhD selaku Rektor UIN RIL. Beliau menyebutkan, saat ini pendidikan di Indonesia diwarnai dengan kondisi yang memprihatinkan untuk menghadapi era revolusi industri 5.0. Ada tiga hal yang harus ditingkatkan dari suatu bangsa agar mampu menghadapi era industri 5.0, yaitu karakter, kompetensi, dan literasi. Rektor mengakui budaya menulis di kalangan sivitas akademika perguruan tinggi masih tergolong rendah. Meskipun saat ini perguruan tinggi terus mendorong minat mahasiswa dan dosennya untuk menulis, namun banyak sivitas akademika yang mengalami kesulitan dalam menerjemahkan pemikirannya menjadi tulisan yang baik dan menarik (rmollampung.id, diakses 26 Oktober 2023).     

Partisipasi Pustakawan Unand dalam kegiatan ini bermula dari undangan yang diterima melalui Zulfitri Durin, M.A, Pustakawan UIN  Imam Bondjol, partisipan APPTIS (Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam) 2023 dalam perjalanan pulang dengan Bus EPA Star menuju Padang. Diperjalanan tersebut, Zulfitri Durin, M.A, menyebutkan bahwa event ICoLIS yang diselenggarakan oleh UIN RIL gratis. Saya dan Beni Adri Yassin sepakat untuk mengikuti call for paper dalam event ini demi meningkatkan wawasan dan pengetahuan sebagai Pustakawan dan Tenaga Pengelola Perpustakaan. Disamping menaikkan add value UPT.Perpustakaan Unand sebagai Perpustakaan Perguruan Tinggi rujukan untuk Provinsi Sumatera Barat. Tema yang diangkat dalam call for paper tersebut adalah Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Jarak antara event APPTIS 2023 dengan ICoLIS 2023 hanya 2 (dua) bulan. Diskusi antara saya dan Beni Adri Yassin sepakat mengangkat judul Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Rumah Baca Anak Nagari (TBM RBAN) sebagai Sumber Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Tarok Dipo, Kota Bukittinggi. Metode penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan sampel dengan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dengan Ketua RBAN, Voluntir dan Siswa SDN 08 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Artikel jurnal yang ditulis kami angsur disela-sela pekerjaan sebagai Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan. Batas pengiriman artikel jurnal 25 September 2023.

Kami bertekad agar artikel jurnal tersebut lolos. Syarat lolos atau diterimanya sebagai partisipan ICoLIS dibuktikan dengan LoA (Letter of Acceptance) dari reviewer. Setelah artikel jurnal dikirim pada 25 September 2023, artikel tersebut direview dan kemudian diserahkan lagi kepada kami untuk direvisi. Email yang digunakan dalam pengiriman artikel jurnal adalah milik Beni Adri Yassin karena e-mail saya sudah penuh. Terakhir diperbaiki artikel jurnal tersebut 30 September 2023 dan mendapatkan LoA pada tanggal 3 Oktober 2023. Hati kami lega karena sebelumnya kami berpikir bahwa artikel yang kami angkat dalam konferensi internasional ini dianggap kurang menarik bagi reviewer dan panitia. Ternyata artikel tersebut sesuai dengan harapan panitia dan reviewer. Dengan diterimanya artikel tersebut, kami berhak menjadi presenter dalam event ICoLIS 2023.

Selanjutnya kami melaporkan kepada Kepala UPT.Perpustakaan Unand tentang keberhasilan kami dalam penulisan artikel jurnal dan mendapatkan kesempatan sebagai partisipan dan presenter dalam event ICoLIS. Biaya perjalanan dinas UPT.Perpustakaan Unand sudah tidak ada lagi. Kami mencoba untuk mencari solusi dengan menghadap Dr.Nur Afraininsyah, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Unand. Beliau meminta kami untuk mengkomunikasikan biaya perjalanan dinas ke bidang tiga. Kami salut dengan perjuangan ibu Nur Afraininsyah yang berusaha mencarikan dana keberangkatan.

Tak kenal putus asa, kami melangkah menuju Bidang III Unand (Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi). Kami bertemu dengan Beti Febriola, M.Si, Staf Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi (SDM IT). Kami mencoba berkomunikasi dengan kondisi apa adanya, yang mana sebelum kegiatan ICoLIS ini kami juga telah memenangkan Lomba Best Practice keluar sebagai FINALIS. Berdasarkan informasi dari beliau Bidang III , bahwasannya dana untuk pengembangan SDM Tenaga Kependidikan sudah tidak ada lagi, artinya tidak ada dana untuk membantu keberangkatan kami. Selang 1 hari, Beti Febiola menghubungi kami kembali dan menginformasikan bahawasnnya sudah dicarikan anggaran untuk membantu perjalanan dinas kami ke Lampung. Kami semakin bersemangat mendengar informasi yang disampaikan dan beliau berharap setelah kembali dari seminar internasional tersebut segera dibuatkan laporannya untuk pencairan biaya perjalanan dinas. Kami dianjurkan untuk sementara menggunakan dana pribadi sembari menunggu revisi RKAT (Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan) Bidang III.

Perjalanan kami dari Padang ke Bandar Lampung menempuh jarak 1062 Km. Dengan menggunakan jasa Bus Palala kami tiba pada Jam 10:30 WIB tanggal 9 Oktober 2023. Kami memakai jasa angkutan online untuk sampai ke Hotel Emersia tempat dilangsungkannya acara pembukaan. Begitu tiba dilokasi, kami menyaksikan Muhammad Syarif Bando,  M.Si sedang berpidato tentang kepustakawanan era disrupsi. Setelah pidato beliau, kami langsung menyaksikan narasumber luar negeri Andrew Demasson (Dosen Madya di Fakultas Sains Sekolah Sistem Informasi di Queensland University of Technology Australia), Maznah Mohamad, Ketua Departemen Studi Melayu, Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Universitas Nasional Singapura (NUS) dan Aini Maznina Binti A Manaf (Universitas Islam Internasional Malaysia) memaparkan makalahnya terkait kondisi dunia perpustakaan dan kepustakawanan serta literasi. Pembicara dalam negeri menghadirkan Prof.Nurdin Laugu (Presiden ASDIP PTKI) dan Dr.Laksmi (Universitas Indonesia). Ba’da Isya, partisipan ICoLIS melaksanakan gala diner bersama Panitia di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Kami disuguhi durian Lampung yang terkenal legit dan enak. Sembari menikmati makan malam, partisipan dihibur dengan lagu nostalgia yang legendaris dan pernah dinyanyikan oleh Broery Pesolima dan Bob Tutupoli.

Acara keesokan harinya dilanjutkan dengan call for paper yang dimulai dari pagi Jam 9:00 WIB dan berakhir 16:30 WIB. Selesai presentasi, kami diajak mengelilingi Kampus RIL yang indah mempesona itu. Ikon Kampus RIL adalah Masjid Safinatul Ulum. Masjid Safinatul Ulum merupakan salah satu ikon yang ada di UIN RIL. Berada di tengah-tengah kampus bersebelahan dengan pepohonan rindang dan juga danau buatan membuat Masjid Safinatul Ulum semakin mempesona dengan segala keindahannya.

Dalam kegiatan ICoLIS 2023, Tim Penulis UPT.Perpustakaan Unand yakni Iswadi Syahrial Nupin, M.M dan Beni Adri Yassin, S.Kom telah berkonstribusi memberikan pengetahuan tentang perkembangan literasi sosial ditataran grass root di Sumatera Barat. Taman Bacaan Masyarakat Rumah Baca Anak Nagari (TBM RBAN) sebagai sumber belajar bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Tarok Dipo Kota Bukittinggi menjadi isu yang menarik dibincangkan. Menariknya isu ini karena mengelola TBM itu memang sangat sulit dilakukan oleh siapa pun. Pengelolanya perlu memiliki jiwa ikhlas dan sabar. Kami juga melihat tingginya partisipasi UIN Raden Fatah dan UIN Syarif Hidayatullah mengirimkan pustakawannya dalam menghadiri ICoLIS 2023. Acara ICoLIS 2023 bermanfaat bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan karena diajang tersebut dapat melakukan sharing dengan pustakawan dan dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam khususnya yang mengajar di UIN RIL. Saya mengapresiasi acara ini dengan acungan jempol. Hal menarik lainnya dari ICoLIS adalah pemberian penghargaan kepada presenter terbaik. Mahasiswa Prodi S2 Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Muh Iftikar Sahid meraih penghargaan The Best Presenter.

Pada 11 Oktober 2023 adalah acara penutupan yang diakhiri dengan penganugerahan penanya terbaik, artikel terbaik, dan presenter terbaik. Sore harinya kami kembali ke Padang dengan menggunakan Bus Gumarang. Bumi ruwa jurai meninggalkan kenangan yang mengesankan. InsyaAllah bila ada event call for paper, kami akan menjadi partisipan sekali lagi. Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. Demikian Seno Gumira Ajidarma, penulis dan sastrawan Indonesia.

 

           

 

 

16 Oktober 2023 In Berita dan Peristiwa

Pada tanggal 9 s.d 11 Oktober 2023 telah dilaksanakan The First Annual International Conference on Social, Literacy, Art, History, Library and Information Science (ICoLIS). Kegiatan ini dilaksanakan di UIN Raden Intan Bandar Lampung. ICoLIS bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi dengan menafsirkan peran agama, sosial, bahasa dan sastra yang bertemakan “Interpreting the Role of Religion, Social, Language and Literature in Growing the Literacy Culture”.

Setelah melalui seleksi ketat, Tim Penulis UPT.Perpustakaan Unand yang terdiri dari Iswadi Syahrial Nupin dan Beni Adri Yassin diundang mempresentasikan artikel jurnalnya yang berjudul “Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Rumah Baca Anak Nagari (TBM RBAN) sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Tarok Dipo Kota Bukittinggi”. Artikel jurnal ini menjelaskan tentang kebermanfaatan TBM bagi siswa sekolah dasar khususnya SDN 08 Tarok Dipo dalam menambah wawasan dan pengetahuannya. TBM RBAN merupakan TBM terbaik dan foundernya, Sry Eka Handayani pernah mendapatkan Anugerah Nugra Jasa Dharma Pustakaloka 2021 untuk kategori Pegiat Literasi.

Acara ini dibuka oleh Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z PhD. Beliau menyebutkan, saat ini pendidikan di Indonesia diwarnai dengan kondisi yang memprihatinkan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Menurut Rektor, ada tiga hal yang harus ditingkatkan dari suatu bangsa agar mampu menghadapi era ini yaitu karakter, kompetensi, dan literasi. “Budaya membaca berbanding lurus dengan tingkat kemajuan pendidikan suatu bangsa dan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa,” ungkap Rektor dalam sambutan sekaligus membuka The 1st ICoLIS di Hotel Emersia, Senin (09/10/2023). Dalam konferensi internasional ini juga hadir narasumber luar negeri diantaranya, Prof Dr Aini Maznina Binti A Manaf (International Islamic University of Malaysia), Dr Andrew Demasson (Associate Lecturer in the Information Systems School Faculty of Science at Queensland University of Technology Australia), Assoc Prof Maznah Mohamad (Head of the Department of Malay Studies, Faculty of Art and Social Studies National University of Singapore (NUS).

 

09 Oktober 2023 In Berita dan Peristiwa

Pada tanggal 3 s.d 5 Oktober 2023, UPT.Perpustakaan Unand telah mengirimkan Leni Marsih untuk mengikuti Workshop Alih Media Digital di Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Terdapat 12 peserta yang tergabung dalam IPI seluruh Indonesia. Materi pelatihan alih media yang diajarkan meliputi; teknis alih media, identifikasi blibliografi, scanning, teknik fotografi, serta pengemasan alih media.

Dalam testimoninya Leni Marsih mengatakan pelatihan ini sangat baik dan penting sehingga pustakawan memiliki kemampuan menggunakan scanner Zeutschel dan juga pengalihmediaan lontar dan berharap alih media dapat diterapkan di Perpustakaan. Leni Marsih mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas RI dan Ikatan Pustakawan Indonesia.