Kamis, 14 Mei 2020 07:07

Perpustakaan Membuka Layanan Literasi Informasi Digital di Masa Pandemi

Di tengah merebaknya pandemi COVID-19, UPT Perpustakaan Unand tidak bisa memberikan layanan sebagaimana mestinya kepada pemustaka. Untuk mendukung kegiatan penelitian dan penulisan tugas akhir mahasiswa dan dosen, maka perpustakaan membuka layanan Literasi Informasi Digital, yaitu layanan untuk memperoleh koleksi ebook & ejournal yang sudah dilanggan oleh Unand.

Pada awal tahun ini, Universtias Andalas telah melanggan ebook yang diterbitkan oleh Springer International Publishing. Ebook tersebut berjumlah sebanyak 3.281 eksemplar, yang terbagi kedalam 4 disiplin ilmu yaitu:

  1. Engineering Science (lihat/download daftar judulnya di alamat : http://repo.unand.ac.id/id/eprint/31909)
  2. Earth Environment Science (lihat/download daftar judulnya di alamat : http://repo.unand.ac.id/id/eprint/31870)
  3. Medicine Science (lihat/download daftar judulnya di alamat : http://repo.unand.ac.id/id/eprint/31928)
  4. Social Science (lihat/download daftar judulnya di alamat : http://repo.unand.ac.id/id/eprint/31932)

Disamping itu Unand juga melanggan e-journal yang diterbitkan oleh Science Direct. Koleksi tersebut diperuntukkan bagi seluruh civitas akademika Unand. Untuk koleksi ebook bisa diakses melalui website Springer di alamat: https://link.springer.com/ dengan syarat user harus melakukan registrasi/sign up terlebih dahulu di website tersebut dengan mendaftarkan email yang dimiliki. Selain itu registrasi harus dilakukan melalui jaringan internet yang ada di lingkungan Universitas Andalas.

Alternatif lain, ebook tersebut juga bisa diperoleh melalui website digital library perpustakaan unand (http://digilib.pustaka.unand.ac.id/). Akan tetapi sampai dengan saat ini baru sebagian ebook yang diunggah ke dalam digilib.

Sedangkan untuk koleksi e-journal Science Direct, hanya bisa diakses melalui jaringan internet yang ada di lingkungan kampus Unand.

Padahal pandemi Covid-19 telah membatasi ruang gerak dan akses ke sumber informasi perpustakaan, sehingga kita tidak bisa datang atau beraktifitas di kampus sebagaimana biasanya.

Menyikapi permasalahan tersebut Perpustakaan Unand membuka layanan referensi digital bagi seluruh civitas akademika Unand. Layanan untuk memperoleh koleksi ebook & ejournal yang sudah dilanggan oleh Unand. Untuk mendapatkan layanan tersebut, pemustaka tinggal mencari ebook (lihat daftar yang linknya dicantumkan disamping list disiplin ilmu di atas), atau mencari judul e-jurnal pada website Science Direct (https://www.sciencedirect.com/). Setelah itu kirimkan daftar ebook/ejournal yang dibutuhkan ke email pustakawan (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.). Setelah itu permintaan akan diproses & hasilnya dikirimkan kembali via email. Syarat layanan adalah sebagai berikut :

  • Layanan ini hanya diperuntukkan bagi civitas akademik Unand
  • Permintaan hanya dilayani di hari & jam kerja (8:00 s/d 16:00)
  • Pustakawan akan memproses email yang masuk 2 kali sehari, yaitu pada jam 11:00 & jam 16:00
  • Email yang masuk pada saat libur, akan diproses pada hari kerja berikutnya
  • Karena keterbatasan akses & jaringan internet mungkin tidak semua permintaan bisa diperoleh



Read 676 times