Perpustakaan Unand Kedatangan Assesor Akreditasi LAM PTKES

11 Oktober 2018
Pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018, UPT Perpustakaan kedatangan tamu dari tim Asesor Akreditasi LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan).  Kedatangan mereka dalam rangka akreditasi program studi Dokter Spesiali Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Unand RSUP Dr. M. Jamil Padang. Perpustakaan merupakan salah satu instrumen penting dalam penilai akreditas program studi perguruan tinggi. Oleh karena itu sebagian besar asesor yang melakukan penilaian terhadap program studi yang ada di Universitas Andalas akan mengunjungi perpustakaan.

LAM-PTKes merupakan badan hukum perkumpulan Organisasi Profesi dan Asosiasi Institusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan Sebagai bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT) dan akreditasi. Disamping itu LAM-PTKes juga turut membentuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) pendidikan tinggi.

Tim asesor LAM PTKes diwakili oleh Prof. Dr. dr. Rahayuningsih, Sp. PK (K) dari Universitas Indonesia dan Dr. dr. Anak Agung Wiradewi Lestari, Sp. PK dari Universitas Udayana. Beliau didampingi oleh tim akreditasi program studi spesialis patologi klinik Dr. dr. Efrida, Sp. PK, M.Kes dan dr. Zelly Dia Rofinda, Sp. PK (K) (K), dan ibu Ridha Kasubag Umum dan Perlengkapan Fak. Kedokteran Unand. Kedatangan mereka disambut oleh pimpinan perpustakaan yang diwakili oleh Yukasnedi, SS, M.Hum Kasubag Tata Usaha dan Andi Saputra, M.Kom Kepala Bidang Otomasi.

Pertemuan tersebut dilakukan dalam bentuk diskusi dan tanya jawab tentang koleksi ilmu kedokteran yang ada di Perpustakaan dan tata kelola koleksi perpustakaan, mulai dari sirkulasi peminjaman sampai dengan proses digitalisasi koleksi lokal konten (skripsi, tesis dan disertasi). Disamping itu asesor juga menitikberatkan penilaian tentang keseimbangan jumlah pustakawan dengan jumlah anggota perpustakaan. Selama proses diskusi tim asesor cukup puas dengan penjelasan dari tuan rumah. Di akhir acara tim asesor diajak untuk mengabadikan kunjungan mereka, dengan berfoto di lobi perpustakaan, salah satu spot foto terbaik yang ada di Perpustakaan Unand.
 
 


 
Read 88 times