Items filtered by date: Senin, 27 Desember 2021
27 Desember 2021 In Nani

Perpustakaan adalah salah satu bagian/unit penting didalam jantung perguruan tinggi. Dengan adanya perpustakaan tentunya telah mendukung akses ilmu pengetahuan secara terpusat. Semenjak akhir tahun 2015,  Perpustakan Unand telah menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) sebagai media pendukung operasional, dan katalogisasi koleksi Perpustakaan Unand (http://katalog.pustaka.unand.ac.id) . Semenjak pertengahan tahun 2016, Perpustakaan Unand juga telah memanfaatkan repository sebagai media deposit tugas akhir mahasiswa (http://scholar.unand.ac.id).

Perpustakaan Unand mengelola tujuh bidang layanan diantaranya :  bidang layanan administrasi, sirkulasi, pengolahan, referensi, koleksi cadangan, automasi dan lokal konten. Bidang layanan yang bertanggungjawab melakukan pengolahan hardcopy koleksi tugas akhir mahasiswa adalah bidang layanan lokal konten, yang terletak pada lantai 4 gedung perpustakaan. Semenjak penggunaan katalog dan repository di Perpustakaan Unand, data tugas akhir mahasiswa yang ada dalam server katalog dengan server repository belum terintegrasi secara penuh, Untuk itu perlu dilakukan sinkronisasi data tugas akhir mahasiswa pada katalog dan repository.

Diantara tujuan melakukan sinkronisasi data tugas akhir mahasiswa pada katalog dan repository adalah (1). Meningkatkan pelayanan terhadap pemustaka dalam bidang koleksi tugas akhir mahasiswa, (2) Memudahkan pemustaka dalam menemukan softcopy koleksi tugas akhir mahasiswa Universitas Andalas, (3). Meningkatkan kunjungan pemustaka pada katalog perpustakaan dan repository perpustakaan.

Sinkronisasi data tugas akhir mahasiswa dilakukan untuk 2 jenis item pekerjaan, pertama : khusus untuk tugas akhir yang pernah/telah dientrikan kebagian katalog perpustakaan dan kedua untuk tugas akhir yang belum di entrikan. Khusus untuk sinkronisasi data tugas akhir mahasiswa yang sudah pernah dientrikan dalam katalog perpustakaan, secara garis besar ada beberapa tahapan yang dilakukan, diantaranya : (1). Lakukan pencarian judul pada bibliografi, (2). Apabila judul telah ditemukan, klik bagian judul yang akan disinkronkan, (3). Pilih menu sunting, (4). Pilih bagian lampirkan berkas, lalu klik sunting, (5). Inputkan Judul dan Salin Url pada repository kedalam bagian Url pada katalog perpustakaan, (6). Klik unggah sekarang.

Adapun cara akses data tugas akhir mahasiswa yang sudah diberikan Link sinkronisasi adalah, (1). Akses http://katalog.pustaka.unand.ac.id, (2). Inputkan Judul tugas akhir yang akan dicari, (3). Apabila judul telah ditemukan, klik judul tersebut, (4). Klik judul pada halaman lampiran berkas bagian bawah, (5). Hasil penelusuran akan menuju ke lokasi berkas.

Kesimpulan penulis tentang sinkronisasi tugas akhir mahasiswa pada katalog dan repository Perpustakaan Unand adalah dengan melakukan sinkronisasi data tugas akhir mahasiswa pada katalog dan repository perpustakaan akan memberikan kemudahan akses softcopy bagi mahasiswa/pemustaka.