Rate this item
(0 votes)

Pandemi Virus Covid 19 telah memindahkan berbagai aktifitas fisik ke ranah virtual/daring, termasuk kegiatan perkuliahan dan rapat. Berbagai metode dan aplikasi telah digunakan untuk mendukung aktifitas daring tersebut. Walaupun sudah online, akan tetapi ada yang mengharuskan tetap adanya tatap muka. Cukup banyak metode dan aplikasi yang digunakan oleh berbagai perguruan tinggi dalam menyelenggarakan kuliah online. Aplikasi Zoom merupakan salah satu sarana yang paling banyak digunakan saat ini. Salah satu alasannya adalah, karena aplikasi ini tidak berbayar, walaupun dibatasi maksimal selama 40 menit. Selain itu interface dari aplikasi ini juga cukup sederhana dan mudah digunakan.

Bagi yang masih bingung dan ragu bagaimana menggunakan aplikasi Zoom, sekarang sudah tersedia video tutorialnya di Youtube yang dibuat oleh pustakawan Unand. Video tutorial tersebut terdiri dari 2 bagian, yang pertama membahas tentang bagaimana cara melakukan registrasi dan setting kelas/meeting online, dan manajemen online meeting menggunakan Zoom.

Video tutorial tersebut bisa diakses melalui link berikut :

  1. Cara Melakukan Registrasi & Setting Online Meeting Menggunakan Zoom: https://youtu.be/J9F4njN459
  2. Manajemen Online Meeting Menggunakan Zoom : https://youtu.be/DqRYA6AfjVU

 Semoga bermanfaat & silahkan dibagikan kepada rekan yang membutuhkan.

Rate this item
(0 votes)

Civitas akademika Unand yang membutuhkan bimbingan literasi informasi ilmiah, saat ini materi pelatihaannya sudah tersedia dalam bentuk video tutorial di Youtube. Sejak awal tahun 2019 yang lalu UPT Perpustakaan Unand telah mengadakan pelatihan literasi informasi ilmiah untuk mahasiswa pascasarjana. Kegiatan tersebut telah dilaksankan di beberapa fakultas, diantaranya adalah: Fakultas Hukum, FISIP, Fakultas Peternakan, dan Kampus II Payakumbuh. Literasi Informasi Ilmiah selama ini lebih dikenal dengan Online Research Skill (ORS).

Rate this item
(0 votes)

Pandemi COVID-19 telah membatasi ruang dan gerak manusia di seluruh dunia. Berbagai fasilitas umum terpaksa ditutup untuk membatasi ruang gerak penyebaran virus, termasuk perpustakaan. Berbagai sumber referensi dalam bentuk fisik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian tidak bisa lagi diakses.

Untuk menunjang kegiatan penelitian dan perkuliahan di masa pandemi, berbagai penerbit internasional mengambil kebiajakan untuk membagikan koleksi ebooknya untuk diakses dan didownload secara gratis.  Dari hasil pengamatan dari pustakawan Perpustakaan Unand, ditemukan beberapa publisher yang menggratiskan ebooknya di masa pandemi ini, dan dapat diakses dengan mudah, diantaranya adalah: Australian National University Press, Jon Hopkins University Press & JSTOR.

Bagi civitas akademika Unand yang ingin memanfaatkannya, silahkan diakses melalui link berikut:

  1. https://press.anu.edu.au/publications/books
  2. https://muse.jhu.edu/search
  3. https://www.jstor.org/

Informasi ini terbuka untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita lainnya yang membutuhkan.

Rate this item
(0 votes)

Guna mendukung upaya untuk memerangi pandemi COVID-19, publisher jurnal internasional berlomba-lomba untuk menerbitkan artikel hasil penelitian yang berhubungan dengan COVID-19. Sumber daya tersebut dibagikan/bisa didownload secara gratis. Informasi tersebut akan terus diperbarui selama masa pandemi. Diantara penerbit yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah: Taylor & Francis, Sage Publishing, dan Elsevier.

Rabu, 01 April 2020 20:33

Pengumuman Perpustakaan

Rate this item
(1 Vote)

Rate this item
(0 votes)

 

Surat Edaran Rektor Universitas Andalas No. 9/UN.16R/SE/2020

Perubahan terhadap Surat Edaran Nomor : 8/UN.16.R/SE/2020 tentang Kegiatan Kampus dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19

Bahwa setelah mempertimbangkan semakin meluasnya pandemi Covid-19 dan bertambahnya jumlah pasien yang dinyatakan positif, baik di tingkat Nasional maupun di Sumatara Barat serta telah ditetapkannya Kota Padang dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB) pandemi Covid-19 yang belum dapat diperkirakan kapan pandemi ini akan berakhir. Maka, untuk melindungi seluruh civitas akademika, tenaga kependidikan, pihak yang berkepentingan dan masyarakat sekitar
kampus Universitas Andalas, Rektor memutuskan untuk melakukan perubahan terhadap Surat
Edaran Nomor : 8/UN.16.R/SE/2020 tentang Kegiatan Kampus dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19 sebagai berikut:

  1. Pembelajaran dalam bentuk perkuliahan dan tutorial dilaksanakan dengan cara daring menggunakan iLeam Universitas Andalas dari rumah masing-masing hingga akhir semester genap tahun akademik 2019/2020.
  2. Pelaksanaan praktikum dan/atau skill lab ditunda, dan dalam hal tidak dapat ditunda, maka pelaksanaannya dapat diganti dengan bentuk lain, kecuali dalam bentuk tatap muka.
  3. Pelaksanaan seminar proposal, seminar hasil penelitian, dan ujian akhir (skripsi/tesis/disertasi) dilaksanakan secara daring.
  4. Pendaftaraan dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan secara daring, namun pelaksanaannya akan ditentukan kemudian.
  5. Kegiatan pendidikan praktik profesi kesehatan tetap dijalankan dalam rangka keikutsertaan Universitas Andalas dalam membantu pemerintah untuk mengurangi penyebaran dan menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta Pasien Positif Covid-19 dengan memperhatikan aspek keselamatan dosen dan mahasiswa.
  6. Pendaftaran wisuda tetap dilaksanakan melalui daring, namun prosesi penyelenggaraan wisuda ditunda hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan.
  7. Berdasarkan SE MENPAN-RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah tertanggal 16 Maret 2020 sebagaimana diubah dengan SE MENPAN- RB Nomor 34 Tahun 2020 tertanggal 30 Maret 2020, maka :
  • Sistem dapat bekerja dari rumah, bagi dosen dan tenaga kependidikan diperpanjang sampai dengan tanggal 21 April 2020.
  • Pejabat pembina kepegawaian harus memastikan terdapat minimal 2 (dua) level pejabat struktural tertinggi pada unit masing-masing untuk tetap melaksanakan tugasnya di kantor agar penyelenggaraan pelayanan Universitas/Fakultas/Prodi tidak terhambat.
  • Pimpinan Fakultas, Pascasarjana dan Unit Kerja Universitas Andalas mengatur sistem keija dari rumah dengan memperhatikan kelancaran pelayanan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kondisi kesehatan masing-masing dosen dan tenaga kependidikan.
  • Khusus petugas keamanan dan kebersihan tetap bekerja seperti biasa dengan memperhatikan aspek kesehatan masing-masing.

8. Akses keluar masuk kampus dalam masa KLB-Covid-19 dibatasi oleh petugas keamanan.

9. Menghimbau seluruh warga Universitas Andalas untuk terus bahu-membahu menghentikan penyebaran, mengedukasi masyarakat akan bahaya virus, dan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

10.  Edaran ini berlaku mulai tanggal 1 April 2020.