Kamis 28 Oktober 2021 adalah hari yang sangat spesial bagi perpustakaan unand, terutama tendik pustakawan. Bagaimana tidak, acara yang dikonsep hanya untuk 40 peserta saja, namun fakta berkata lain, jumlah peserta yang ikut dalam acara tersebut melebihi 50 orang.
Workshop literasi Informasi bukanlah hal asing lagi bagi dunia perpustakaan, namun sudah 2 tahun terakhir pustaka unand tidak menjadi tuan rumah dalam acara kepustakaan.Acara workshop literasi informasi ini diadakan digedung perpustakaan unand lantai 5, pada pukul 09.00 s/d 16.00, dengan tema peningkatan kompetensi automasi pustakawan guna mendukung gerakan merdeka belajar dan era literasi digital.
Namun ada hal yang lebih menarik dari itu yakni, panitia mengundang pemateri yang cukup senior dari kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang yaitu Ibu Zulfitri, S.Ag., M.A. Sebagai bentuk keseriusan dari penyelenggaraan acara, panitia juga mengundang 1 orang narasumber lagi, yaitu Bapak Andi Saputra, S.Kom., M.Kom, pustakawan madya dari pustaka unand sendiri.
Menurut penyampaian dari ketua panitia Ibu Zasmi Fitriani, A.Md, acara ini diselenggarakan sebagai Sebuah langkah alternatif untuk meningkatkan semangat belajar para pustakawan serta meningkatkan kemampuan pustakawan dibidang ilmu literasi informasi dan automasi.
Tingginya antusias dari peserta dibuktikan dari jumlah peserta yang ikut workshop serta banyak saran dan harapan khusus yang disampaikan peserta kepada panitia maupun narasumber workshop. Besar harapan dari peserta agar acara-acara seperti ini lebih sering dilakukan agar kemampuan pustakawan semakin mendalam, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.
Perpustakaan Institut Seni Indonesia(ISI) Padang Panjang mengadakan kegiatan pelatihan Edukasi Repository Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Oktober 2021, tepatnya digedung Rektorat lantai 3 ruang pertemuan. Kegiatan edukasi ini dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan, sesi pertama dimulai oleh pemateri 1 yaitu Bapak Sefri Doni, M.Pd dengan materi pengaplikasian repository dan sesi kedua oleh Bapak Miswan, M.Hum dengan materi manfaat repository. Kegiatan Berlangsung Dari Pukul 09.00 – 12.00 Wib, dan dilanjutkan kembali pada sesi 2 pukul 13.00 – 15.00 Wib.
ISI Padang Panjang mengundang pustakawan/staf perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan UPT Perpustakaan Unand, yang menugaskan 3 orang stafnya yaitu: Yudelna, A.Ma, Monalisa Fitri Andres, A.Md, dan Beni Adri Yassin, S.Kom. Menurut Drs. Yasir, S.Sos, penugasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi staf perpustakaan dalam mengelola repository Unand.
Pada pembukaan presentasi, Bapak Sefri Doni memperkenalkan sedikit biografi beliau terkait riwayat pendidikan dan pengalaman mengajar serta pengalaman terkait repository perpustakaan. Beliau menyampaikan materi tentang: (1) pentingya mengaplikasikan repository Institusi; (2) kebijakan Pengolahan karya tulis ilmiah; dan (3) reputasi perguruan tinggi dengan adanya repository, serta komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan repository institusi yang terdiri dari : Sumber Daya Manusia, Hardware & Software, dan koleksi.
Sedangkan pemateri 2 memfokuskan pembahasannya tentang: (1) bagaimana mempromosikan lembaga kepada masyarakat; (2) bagaimana mengumpulkan dan melestarikan produk digital lembaga; (3) bagaimana agar dapat mengelola dan mengukur kegiatan penelitian dan pembelajaran, serta menyediakan ruang kerja yang lebih luas bagi pustakawan.
Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif bagi peserta, terutama praktisi dilapangan yaitu pustakawan, Teknisi IT, dan juga bagi dosen yang akan mendepositkan penelitiannya kedalam repository.
Pada tanggal 01 oktober 2021 sepuluh orang mahasiswa universitas negeri padang yang melaksanakan praktek kerja lapangan di UPT Perpustakaan Universitas Andalas dijemput oleh Ibu Desriyeni, S.Sos., M.I.Kom selaku pembimbing PKL. Hari tersebut merupakan hari terakhir mahasiswa melaksanakan PKL di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Dalam momen tersebut diadakan rapat diruangan pertemuan lantai 1 perpustakaan, dalam rangka penutupan PKL secara formal. Pertemuan Tersebut dihadiri oleh kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Sub Koordinator Perpustakaan, Pamong Mahasiswa Magang, perwakilan bagian Automasi perpustakaan serta 10 orang mahasiswa magang.
Pembukaan acara diawali oleh sambutan kepala perpustakaan yaitu bapak Drs. Yasir, S.Sos. Pada kesempatan tersebut ucapan terima kasih diberikan kepada mahasiswa yang teleh melaksanakan praktek kerja lapangan selama 2 bulan. Pada kesempatan kedua kata sambutan diucapan oleh sub perpustakaan yaitu Bapak Andi Saputra, M.Kom. Beberapa hal yang disampaikan oleh bapak andi yakninya terkait penerapan keilmuan perpustakaan, penguasaan materi serta tak lupa juga ucapan terima kasih. Pada kesempatan ketiga kata sambutan diberikan oleh pamong mahasiswa magang yakninya ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Pada kesempatan tersebut disampaikan ucapan terima kasih dan harapan-harapan kedepannya agar mahasiswa PKL mampu mempraktekkan ilmunya didunia pekerjaan nantinya. Pada kesempatan keempat yaitu diwakili oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom, yang mana dalam kesempatan tersebut ucapan terima kasih, apresiasi dan harapan diberikan kepada sepuluh mahasiswa magang tersebut.
Hasil dari kegiatan PKL mahasiswa Universitas Negeri Padang di UPT Perpustakaan Unversitas Andalas adalah banyak pekerjaan dan target-target yang telah dicapai oleh mahasiswa PKL, laporan-laporan, penyusunan buku di rak, entri data, bidang pelayanan dan lain-lain. Keberadaan mahasiswa PKL sangat berdampak besar bagi Perpustakaan Universitas Andalas. Untuk itu Perpustakaan Universitas andalas memberikan apresiasi untuk semua mahasiswa tersebut dengan hasil nilai yang sangat memuaskan. Penutupan acara pertemuan tersebut didahului dengan pembagian sertifikat untuk mahasiswa magang dan diakhiri dengan fhoto bersama.( B A Y )
Pada minggu terakhir (27/09/2021) kegiatan praktek kerja lapangan mahasiswa Universitas Negeri Padang, seluruh mahasiswa PKL yang berjumlah sepuluh orang dari program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi diminta untuk berkumpul di ruang pertemuan yang berada di lantai 3 gedung perpustakaan Universitas Andalas, untuk melakukan diskusi dan bimbingan mengenai judul makalah laporan PKL dan skirpsi. Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu staf perpustakaan Universitas Andalas yaitu Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom.
Kegiatan ini dimulai dari menulis judul makalah dan skripsi di kertas yang telah disediakan, setelah itu dilakukan pengoreksian oleh Bapak Beni, mahasiswa diberikan arahan dan usulan mengenai masalah yang akan dijadikan judul pada pada makalah laporan PKL dan skripsi, dengan itu mahasiswa dapat mengembangkan ide yang telah dimilikinya.
Kegiatan ini dilakukan agar dapat membantu mahasiswa yang masih kesulitan dalam menemukan masalah yang ada di perpustakaan yang bisa untuk dijadikan judul pada makalah laporan PKL dan skripsi mahasiswa PKL, karena skripsi merupakan sebuah tugas akhir karya ilmiah mahasiswa yang diwajibkan untuk mendapatkan gelar Sarjana. Mahasiswa sangat terbantu dengan adanya masukan dan bimbingan yang telah diberikan oleh Bapak Beni.
Hasil dari diskusi tersebut adalah seluruh mahasiswa yang berjumlah sepuluh orang tersebut telah mendapatkan masalah yang akan diangkat untuk dijadikan judul pada makalah laporan PKL dan skripsi mereka, dari yang masih kebingungan menjadi terbantu dengan adanya masukan dan bimbingan yang telah dilakukan pada pertemuan tersebut. Mahasiswa PKL yang berjumlah sepuluh orang tersebut adalah Dinda Aprilya, Isra’tu Pujatry Khaira, Anjela Fitriyanti, Ayu Novita Putri, Fani Alivia, Siti Hafifah, Ratih Irawan, Alvina Luthfiah Firdausi, Ramadhani, M.Octa Geofani. Dan sebagian besar dari mahasiswa tersebut akan melakukan penelitian di Perpustakaan Universitas Andalas.
Pada hari kedua kegiatan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa Universitas Negeri Padang di Perpustakaan Universitas Andalas, semua mahasiswa berkumpul di Ruang Automasi untuk mendapatkan Pembekalan Materi dari berbagai Staf ahli di setiap bidang nya masing masing. Pada Perpustakaan Universitas Andalas, terdapat 7 Bidang Layanan yang tersedia, diantaranya: Bidang Layanan Sirkulasi, Bidang Layanan Tata Usaha, Bidang Layanan Pengolahan, Bidang Layanan Referensi, Bidang Layanan Koleksi Cadangan, Bidang Layanan Lokal Konten, Bidang Layanan Automasi.
Pada sesi pertama, yaitu Materi di Bidang Layanan Sirkulasi yang disampaikan oleh Ibu Monalisa Fitri Andres, A.Md dan Ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Layanan sirkulasi bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand, merupakan tempat peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Saat ini perpustakaan unand telah menerapkan layanan mandiri, menggunakan komputer yang didukung oleh fasilitas internet. Jumlah maksimal peminjaman buku yaitu 4 buku dalam satu minggu dan memperpanjang peminjaman buku hanya boleh maksimal 2 kali. Layanan Sirkulasi juga melayani pembebasan peminjaman buku bagi mahasiswa yang ingin wisuda, dimana mahasiswa harus mengembalikan semua buku dan membayar semua denda(jika ada).
Lalu pada sesi kedua, yaitu Materi di Bidang Layanan Tata Usaha yang disampaikan oleh Ibu Yudelna, A.Md. Layanan Tata Usaha bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand, yaitu bidang yang melayani semua kegiatan administrasi di perpustakaan. Selain itu juga melayani aktivasi anggota bagi mahasiswa baru, serta melayani surat keterangan bebas perpustakaan.
Sesi ketiga, yaitu Materi di Bidang Layanan Pengolahan yang disampaikan oleh Bapak Dian Niko Putra, A.Md. Layanan Pengolahan bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand. Pengolahan (processing) merupakan pekerjaan yang dimulai dari penerimaan koleksi di perpustakaan sampai dengan penempatan di rak atau tempat yang sudah disediakan untuk kemudian dilayankan. Pengentrian koleksi dilakukan melalui website http://katalog.pustaka.unand.ac.id/index.php yang terdiri dari Judul, Pengarang, Penerbit, Tahun Terbit, Tempat Terbit, ISBN, Klasifikasi, No panggil, Subjek, Scan Cover Buku, Kode Eksemplar, Penempatan Lokasi Rak dan Status Eksemplar. Pada Bidang ini, tentunya harus sangat teliti dalam melakukan pengentrian koleksi, karena jika salah mengentri makan penempatan buku di rak tidak akan sesuai.
Sesi Keempat, yaitu Materi di Bidang Layanan Lokal Konten yang disampaikan oleh Ibu Marne Dardanellen, A.Md. Layanan Lokal Konten berada di lantai 4 gedung perpustakaan unand. Layanan ini bertugas menginput Skripsi atau Tugas Akhir Mahasiswa. Dalam menginput Skripsi/Tugas Akhir mahasiswa terdiri dari: Judul, Pengarang, Lokasi, Deskripsi Fisik(halaman, ukuran), No.panggil ( jika Skripsi maka kode nya S, Tesis S2, Disertasi S3), dan subjek. Lalu melakukan pemberian label berukuran 2 cm di skripsi yang telah mendapatkan No.panggil nya. Contoh: S 21 12 77686, yang berarti S adalah Skripsi, 21 adalah tahun wisuda, 12 adalah kode fakultas dan 77686 adalah ID mahasiswa. Layanan ini melayani Bebas Pustaka dengan syarat harus verifikasi No.id di ruang Automasi lantai 3 perpustakaan unand.
Selanjutnya, sesi kelima yaitu Materi di Bidang Layanan Referensi yang disampaikan oleh Ibu Zasmi Fitriani, A.Md. Layanan Referensi bertempat di lantai 2 gedung perpustakaan unand. Layanan Referensi melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para pemakai/pengunjung perpustakaan. Layanan referensi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya berisi tentang sumber-sumber atau rujukan yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu. Jenis Koleksi Informasi yang disajikan yaitu, Kamus, Ensiklopedi, Buku Pegangan (handbook), Almanak, Laporan Penelitian Ilmiah, Directory, Katalog Induk Sumber Biografi, Monograf, Terbitan Pemerintah, Majalah, Surat Kabar, dll. Dari semua jenis koleksi, kita harus bisa membedakan setiap jenis koleksi yang ada. Contohnya, Monograf yang pengarangnya hanya ada 1 dan yang dibahas lebih spesifik. Sedangkan terbitan pemerintah pengarangnya lebih dari 1, biasanya 3-10 orang.
Sesi keenam yaitu Materi di Bidang Layanan Automasi yang disampaikan oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom. Layanan Automasi bertempat di lantai 3 gedung perpustakaan unand. Layanan Automasi adalah sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi informasi (TI). Mahasiswa secara mandiri mengunggah softcopy karya ilmiah berupa Tugas Akhir (D3)/Skripsi (S1)/Thesis (S2)/Disertasi (S3) ke website e-Skripsi di http://scholar.unand.ac.id . File syarat mengupload Tugas Akhir yaitu: 1. Cover dan abstrak, 2. Bab 1, 3.Bab Akhir, 4.Daftar Pustaka, 5. Tugas akhir ilmiah utuh. Untuk mendapatkan bebas pustaka, mahasiswa harus verfikasi nomor id ke Ruang Automasi.
Setelah semua materi disampaikan, dan mahasiwa mencatat apa-apa saja yang telah mereka pahami. Lalu Bapak Beni meminta semua mahasiswa untuk mengumpulkan catatan mereka yang akan dinilai, setelah catatan dikumpulkan, Bapak Beni memberikan ujian berupa 10 pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sudah disampaikan tadi. Ujian berlangsung kira kira 15-20 menit, dengan bapak membacakan soal dan mahasiswa langsung menjawab di kertas ujian. Setelah ujian selesai, bapak Beni memeriksa hasil ujian dan catatan mahasiswa lalu mengumukan siapa yang memiliki Catatan Terbaik dan yang mendapatkan nilai ujian paling tinggi. Pemenang Catatan terbaik diraih oleh Siti Hafifah dan nilai tertinggi didapatkan oleh Fani Alivia dengan skor 84. Untuk mahasiswa yang meraih catatan terbaik dan mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan reward berupa buku bacaan. Dengan hal tersebut, maka berakhirlah kegiatan pembekalan materi pada hari kedua Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang tersebut.
Disusun Oleh: Siti Hafifah
Editor : Beni Adri Yassin, S.Kom
Sepuluh mahasiswa Universitas Negeri Padang, prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang diselenggarakan di Perpustakaan Universitas Andalas. Dari sepuluh mahasiswa tersebut hanya ada satu orang pria yaitu M. Octa Geofani, selebihnya perempuan yang terdiri dari Alvina Luthfiah Firdausi, Siti Hafifah, Fani Alivia, Anjela Fitriyanti, Dinda Aprilya, Ratih Irawan, Isra`tu Pujatry Khaira, Ayu Novita Putri , dan Ramadhani. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini akan berlangsung selama dua bulan, dimulai pada tanggal 2 Agustus 2021 dan akan berakhir pada 2 Oktober 2021. Kedatangan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Universitas Negeri Padang disambut oleh kepala perpustakaan Universitas Andalas yakni bapak Drs. Yasir, S.Sos., bapak Andi Saputra, S.Kom, M.Kom., selaku kepala bidang TI, dan ibu Leni Marsih S.I.Pust., selaku kepala bidang layanan sirkulasi yang sekaligus merangkap sebagai pamong untuk mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Universitas Negeri Padang.
Karena PKL periode ini bertepatan dengan pandemi Covid-19, mahasiswa magang diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer yang tersedia di berbagai sudut Perpustakaan UNAND. Satu orang dosen perwakilan dari Universitas Negeri Padang, bapak Habiburrahman, S.Pd.I., M.A. mengantar para mahasiswa ke Perpustakaan Universitas Andalas. Praktik Kerja Lapangan (PKL) Universitas Negeri Padang ini dibimbing oleh ibu Desriyeni, S.Sos., M.I.Kom.
Kegiatan kerja dimulai pada hari ketiga magang, di hari pertama hanya ada kegiatan penyambutan dan serah terima mahasiswa magang dari UNP ke Perpustakaan UNAND, sedangkan hari kedua dimulai dengan kegiatan pembekalan yang dipimpin oleh bapak Beni Adri Yassin, S.Kom yang menjabat sebagai staf bidang TI. Kegiatan pembekalan dimulai pukul 10.00, kegiatan terbagi dalam 2 sesi. Pada sesi pertama membahas tentang 3 layanan yang ada di Perpustakaan UNAND, yang memberikan materi pada setiap layanan berbeda, yang pertama layanan sirkulasi, pemberi materinya oleh ibu Leni Marsih S.I.Pust dan ibu Monalisa Fitri Andres A.Md., selanjutnya layanan administrasi tata usaha, ibu Yudelna, A.Ma., selaku kepala bidang administrasi memberikan materi pada layanan ini. Layanan terakhir sebelum istirahat yaitu layanan pengolahan, pemberi materi pada layanan ini ada 2 yaitu bapak Dian Niko Putra, A.Md., dan ibu Zasmi Fitriani, A.Md.. Selanjutnya dilakukan setelah istirahat, pada sesi kedua ada 3 layanan juga yang dibekalkan kepada mahasiswa PKL UNP, yaitu layanan lokal konten yang dijelaskan oleh ibu Marne Dardanellen, A.Md., layanan berikutnya yaitu layanan referensi, pemateri pada layanan ini adalah ibu Zasmi Fitriani, A.Md., layanan terakhir yaitu layanan automasi, bapak Beni Adri Yassin, S.Kom., merupakan pemateri pada layanan ini.
Perpustakaan Universitas Andalas yang identik dengan bangunan berdinding batu dan desain interiornya yang indah, menjdi salah satu alasan mahasiswa UNP memilih untuk melaksanakan PKL di sini. Ada 5 lantai di perpustakaan UNAND, pada lantai dasar digunakan sebagai lembaga pengembangan teknologi informasi dan komunikasi UNAND, lantai satu yaitu layanan sirkulasi, layanan pengolahan, dan layanan tata usaha, lantai dua merupakan tempat layanan koleksi referensi, layanan koleksi cadangan, American corner, dan BI corner. Lantai tiga perpustakaan ini menyediakan bidang TI, ruang akses internet, french corner, Minangkabau corner, popular corner, dan ruang diskusi. Lantai empat adalah tempat layanan lokal konten. Dan lantai lima yang berada paling atas di perpustakaan ini merupakan ruang pertemuan.
Disusun oleh: Alvina Luthfiah Firdausi
Editor : Beni Adri Yassin, S.Kom