Perpustakaan Universitas Andalas merupakan pusat aktivitas dan kegiatan mahasiswa, bersamaan dengan itu, posisi dan letak gedung perpustakaan sangat strategis ditengah-tengah gedung perkuliahan. Kondisi normal pada tahun 2019, rata-rata pengunjung perpustakaan setiap harinya mencapai 2000 pengunjung, namun semenjak awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan munculkan wabah Covid-19, sehingga sangat berdampak terdahap layanan dan pengunjung perpustakaan. Pengunjung perpustakaan dimasa pandemic hanya berkisar antara 10-30% dari pengunjung di masa normal.
Virus Covid-19 mulai memasuki Indonesia sekitar bulan januari 2020. Pemerintah melakukan berbagai macam upaya dan membuat kebijakan-kebijakan untuk menghidari penyebaran virus Covid-19. Bersamaan dengan banyaknya aturan dan kebijakan pemerintah dimasa pandemi Covid-19, Universitas Andalas juga membuat kebijakan terhadap pelayanan akademis, maupun pelayanan lainnya.
Dampak Pandemi covid-19 terhadap Perpustakaan Unand meliputi 2 aspek, yaitu :
- Perubahan kebijakan layanan
- Dampak Positif dan Negatif terhadap Layanan Perpustakaan Unand
A. Perubahan Kebijakan Layanan Perpustakaan Dimasa Pandemi Covid-19
- Aktivasi Keanggotaan
Tabel 1. Aktivasi keanggotaan
Kebijakan Lama |
Kebijakan Dimasa Pandemi |
Pengaruh pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap layanan aktivasi anggota, yang mana biasanya layanan ini hanya menerima aktivasi secara langsung. |
Semenjak pandemic Covid-19 layanan aktivasi anggota membuat terobosan layanan dengan system online. Adapun mekanisme pelayanan online aktivasi anggota adalah: 1. Mahasiswa mengirimkan Nama Lengkap 2. NIM 3. Pas Fhoto Ukuran Max.500kb 4. Password Untuk Akun Perpustakaan. 5. Kirimkan biodata ke email aktivasi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. |
2. Perpanjangan Pengembalian Buku
Tabel 2. Kebijakan Pengembalian Buku
Kebijakan Lama |
Kebijakan Dimasa Pandemi |
Masa peminjaman buku diperpustakaan sebelumnya adalah 7 hari, dengan estimasi perpanjangan maksimal 2 kali. |
Semenjak pandemi Covid-19, ditetapkan perubahan aturan tentang pengembalian buku, yang mana batas pengembalian buku sampai akhir tahun 2021. |
3. Penghapusan Denda Buku
Tabel 3. Kebijakan Denda Buku
Kebijakan Lama |
Kebijakan Dimasa Pandemi |
Aturan sebelum pandemi, keterlambatan pengembalian buku 1 hari dikenakan sanksi denda Rp.1000/Buku/Hari. |
Semenjak ditetapkannya pandemi covid-19 sampai akhir tahun 2021, maka denda keterlambatan buku dihapuskan. |
4. Layanan Permintaan Tugas Akhir Fulltext
Tabel 4. Permintaan Tugas Akhir Fulltext
Kebijakan Lama |
Kebijakan Dimasa Pandemi |
Pelayanan dilakukan langsung diruang layanan automasi |
Pelayanan dilakukan dengan cara : 1. Melalui Email Perpustakaan 2. Melalui Chat Instagram |
5. Layanan Konsultasi Upload
Tabel 5. Konsultasi Upload
Kebijakan Lama |
Kebijakan Dimasa Pandemi |
Pelayanan dilakukan langsung diruang layanan automasi |
Pelayanan dilakukan dengan cara : 1. Melalui Email Perpustakaan 2. Melalui Chat Instagram 3. Melalui Media Whatapps |
B. Dampak Positif dan Dampak Negatif Pandemi Covid-19 Terhadap Layanan Perpustakaan
Tabel 6. Dampak Positif & Dampak Negatif
No |
Dampak Positif |
Dampak Negatif |
1 |
Bagi tenaga kependidikan yang aktif dan memiliki inisiatif tinggi, mereka selalu memberikan alternatif yang baik bagi system pelayanan perpustakaan. |
Tidak adanya kunjungan pemustaka akibat layanan di tutup selama lockdown. |
2 |
Adanya inovasi baru dalam system pelayanan perpustakaan, sehingga meningkatkan pengunjung website dan repository perpustakaan. |
Sulitnya akses masuk keperpustakaan bagi mahasiswa, dikarenakan kondisi pembelajaran masih daring. |
3 |
Pemanfaatan teknologi informasi menjadi lebih meningkat |
Tidak adanya peminjaman dan pengembalian buku, semasa lockdown. |
4 |
Mahasiswa yang memiliki kendala dalam pengembalian buku, mendapat manfaat positif dengan adanya pandemi covid-19, sehingga mereka memiliki waktu lemih lama untuk menggunakan koleksi buku yang dipinjam. |
Tidak diterapkan denda selama pandemi Covid-19, membuat banyaknya koleksi yang masih dipinjam oleh mahasiswa. |
Setelah melihat, meninjau, menuliskan dan mengulas kempali tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap pelayanan di perpustakaan, maka didapatlah beberapa kesimpulan, diantaranya :
- Adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi layanan perpustakaan, sehingga mengharuskan adanya perubahan aturan-aturan tertentu yang jelas mekanismenya.
- Perubahan aturan yang dibuat dimasa pandemi mesti ditinjau dari kesiapan tendik dan kesiapan perangkat pendukung.
- Pentingnya memanfaatkan peralatan IT sebagai penunjang pelayanan perpustakaan dimasa pandemi.