19 November 2021

Pada tanggal 15 November 2021, tepatnya hari senin, UPT Perpustakaan Universitas Andalas kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi Perpustakaan di lantai 5 Gedung Perpustakaan. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Andalas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Drs.Yasir, S.Sos selaku kepala Perpustakaan, pada pukul 10.00 WIB. Sosialisasi ini diadakan selama 4 hari mulai dari tanggal 15-18 November 2021, dengan sistem 2 sesi setiap harinya. Kegiatan sosialisasi ini dinarasumberi oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom, Ibu Zasmi Fitriani, A.Md, dan Ibu Leni Marsih, S.I.Pust

Sosialisasi perpustakaan kali ini dilakukan secara luring, yang mana sebelumnya telah dilakukan juga sosialisasi secara daring. Tujuan kegiatan ini dilakukan 2 kali, agar mahasiswa benar-benar dapat memahami dan memaksimalkan semua fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan. Meskipun jumlah pustakawan dan tendik di Perpustakaan Universitas Andalas semakin sedikit, namun semangat mengadakan acara ini sangat tinggi, sehingga memberikan nilai positif terhadap suasana perpustakaan saat ini.

Meskipun mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara luring saat ini hanyalah mahasiswa tahun 2020, namun antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Terhitung berdasarkan laporan dari bidang automasi, jumlah peserta yang mengikuti acara sosialisasi ini mencapai 300 orang dengan rata-rata 40 orang/sesinya. Antusias peserta sosialisasi juga terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa dan mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dari narasumber.

10 November 2021

Jum’at pagi pukul 08.30 WIB, 05 November 2011, Bapak Hadira Latiar, S.IP.,MA selaku Kepala Perpustakaan Universitas Lancang Kuning beserta rombongannya berjumlah 12 orang sampai di gedung perpustakaan Universitas Andalas. Kehadiran Rombongan ini disambut langsung oleh sub koordinator perpustakaan unand, yaitu bapak Andi Saputra, M.Kom.

Pada kesempatan pertemuan ini, kegiatan pertama berlangsung diruang sidang perpustakaan lantai 1 yang acara tersebut dibuka oleh moderator yaitu Ibu Monalisa Fitri Andres, A.Md selaku pustakawan unand. Pada pembukaan acara Bapak Andi Saputra menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala perpustakaan unilak dan rombongan yang telah berkenan untuk mengunjungi perpustakaan unand, dalam rangka saling berbagi ilmu dalam dunia perpustakaan. Sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu dari unilak, kunjungan ini disambut oleh semua pustakawan dan staf di Perpustakaan unand.

Sebagai tambahan materi acara, pustaka unand juga memberikan sajian presentasi profil perpustakaan sebagai bahan diskusi yang disampaikan oleh Ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Selesai Pemaparan profil perpustakaan unand, maka langsung di komentari oleh kepala perpustakaan unilak dan menanyakan bagaimana kait-kiat agar perpustakaan terintegrasi secara menyeluruh dengan bidang IT.

Selesai diskusi terkait materi presentasi, maka dilanjutkan dengan kegiatan fhoto bersama, kemudian tour setiap lantai dan semua fasilitas yang ada di perpustakaan unand. Kegiatan ini bukan hanya sekedar kunjungan biasa, namun sekaligus penandatanganan kerjasama antara Perpustakaan Universitas lancang kuning dengan perpustakaan unand, yang mana harapan dari pertemuan dan kerjasama ini dapat meningkatkan hubungan baik  antar perpustakaan dan perkembangan perpustakaan kedepannya.



31 Oktober 2021

Semakin membaiknya kondisi pandemi covid-19 saat ini adalah suatu kabar baik bagi kampus Universitas Andalas. Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Andalas No 18 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Semester Ganjil T.A 2021/2022 yang akan dimulai pada tanggal 01 November 2021, maka pustaka unand mengambil langkah cepat untuk mensosialisasikan perpustakaan.

Pada hari Jum’at, 29 Oktober 2021 Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB, Melalui media zoom meeting, Pustaka Unand Berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) dalam rangka memberikan pembekalan dan sosialisasi perpustakaan terhadap mahasiswa tahun ajaran 2020 dan 2021. Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan pengetahuan perpustakaan kepada mahasiswa baru, serta mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada di perpustakaan. Sosialisasi ini adalah bentuk perhatian khusus dari pustaka unand dikarenakan mahasiswa tahun ajaran 2020 dan 2021 belum pernah mengikuti perkuliahan tatap muka di universitas andalas.

Acara sosialisasi ini dijalankan bersama dengan (Staf Kementerian adkesma BEM KM Unand) yaitu Dirat Azhari. Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Pustakawan Unand yaitu Bapak Andi Saputra, S.Kom., M.Kom, & Ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Jumlah peserta dalam zoom meeting acara sosialisasi perpustakaan untuk mahasiswa baru ini, paling tidak dihadiri sekitar 500 orang mahasiswa.

Adanya sosialisasi ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa yang akan menjalani perkuliahan pada senin depan. Apresiasi peserta terhadap kegiatan ini juga sangat positif diantaranya, banyak peserta yang bertanya tentang alur masuk perpustakaan, alur peminjaman buku, antisipasi denda serta pemanfaatan fasilitas yang ada digedung bertingkat tersebut. (B A Y)

29 Oktober 2021

Kamis 28 Oktober 2021 adalah hari yang sangat spesial bagi perpustakaan unand, terutama tendik pustakawan. Bagaimana tidak, acara yang dikonsep hanya untuk 40 peserta saja, namun fakta berkata lain, jumlah peserta yang ikut dalam acara tersebut melebihi 50 orang.

Workshop literasi Informasi bukanlah hal asing lagi bagi dunia perpustakaan, namun sudah 2 tahun terakhir pustaka unand tidak menjadi tuan rumah dalam acara kepustakaan.Acara workshop literasi informasi ini diadakan digedung perpustakaan unand lantai 5, pada pukul 09.00 s/d 16.00, dengan tema peningkatan kompetensi automasi pustakawan guna mendukung gerakan merdeka belajar dan era literasi digital.

Namun ada hal yang lebih menarik dari itu yakni, panitia mengundang pemateri yang cukup senior dari kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang yaitu Ibu Zulfitri, S.Ag., M.A. Sebagai bentuk keseriusan dari penyelenggaraan acara, panitia juga mengundang 1 orang narasumber lagi, yaitu  Bapak Andi Saputra, S.Kom., M.Kom, pustakawan madya dari pustaka unand sendiri.

Menurut penyampaian dari ketua panitia Ibu Zasmi Fitriani, A.Md, acara ini diselenggarakan sebagai Sebuah langkah alternatif untuk meningkatkan semangat belajar para pustakawan serta meningkatkan kemampuan pustakawan dibidang ilmu literasi informasi dan automasi.

Tingginya antusias dari peserta dibuktikan dari jumlah peserta yang ikut workshop serta banyak saran dan harapan khusus yang disampaikan peserta kepada panitia maupun narasumber workshop. Besar harapan dari peserta agar acara-acara seperti ini lebih sering dilakukan agar kemampuan pustakawan semakin mendalam, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.