Distribusi Tugas Akhir Mahasiswa Pada Bidang Layanan Lokal Konten

20 Desember 2021

Lokal konten adalah salah satu bidang Layanan di Perpustakaan Universitas Andalas yang terletak di lantai 4 gedung Perpustakaan. Bidang layanan lokal konten melayani penerimaan tugas akhir mahasiswa tercetak dan melayani peminjaman tugas akhir mahasiswa baca ditempat. Disamping itu lokal konten juga berfungsi sebagai salah satu bidang layanan pengampu bebas pustaka.

Diantara koleksi yang dimiliki oleh bidang layanan lokal konten adalah karya ilmiah atau hasil penelitian dari dosen dan mahasiswa unand, dalam bentuk skripsi, thesis dan disertasi. Berdasarkan data dari bidang kemahasiswaan, dalam 1 tahun jumlah wisudawan mencapai 4000 mahasiswa, artinya terjadi pertambahan 4000 eksemplar tugas akhir ke bidang layanan lokal konten. Aturan penempatan tugas akhir mahasiswa dalam rak koleksi  lokal konten yaitu menempatkan tugas akhir 5 tahun terakhir sesuai  dengan prodi dan jurusannya. Keterbatasan kapasitas rak koleksi menyebabkan penumpukan koleksi lama yang tidak tertata dengan rapi, maka dibutuhkan pendistribusian agar koleksi tersebut tetap tertata dan mendapat space yang sesuai.

Diantara langkah-langkah yang diterapkan dalam pendistribusian tugas akhir mahasiswa Universitas Andalas adalah

  1. Memisahkan koleksi

1.      Menurunkan koleksi dari rak koleksi

2.      Koleksi tugas akhir mahasiswa yang akan didistribusikan dari rak dipisah terlebih dahulu

3.      Meletakkan pada tempat sementara seperti gudang, pojokan, ruang kosong

4.      Mengumpulkan berdasarkan prodi, fakultas dan tahun

  1. Update Status

Pada bagian update status ini bertujuan untuk mengubah status tugas akhir mahasiswa yang sebelumnya no loan(tidak untuk dipinjamkan) menjadi delete(hapus). Tujaun perubahan status tersebut agar koleksi tidak dicari lagi oleh pemustaka kedalam rak koleksi.

Langkah-langkah ubah status koleksi tugas akhir mahasiswa pada slims adalah :

1.      Login sebagai staf perpustakaan pada http://katalog.pustaka.unand.ac.id

2.      Masuk ke bibliografi

3.      Scan barcode tugas akhir

4.      Lakukan penyuntingan

5.      Mengubah status dari loan menjadi delete

  1. Memindahkan koleksi tercetak

Setelah perubahan status koleksi tugas akhir mahasiswa pada slims dirubah, langkah selanjutnya adalah memindahkan koleksi ke ruang digitalisasi koleksi. Adapun tahapannya yaitu :

1.      Memindahkan koleksi yang telah diubah statusnya ke dalam ruang digitalisasi koleksi.

2.      Menyusun koleksi berdasarkan prodi, fakultas dan tahun .

3.      Pendataan kembali tata letak dan jumlah koleksi yang telah berpindah tempat.

  1. Output

Penerapan hasil dari kegiatan pendistribusian tugas akhir mahasiswa ini adalah digitalisasi. Semua tugas akhir mahasiswa yang telah melewati batas 5 tahun didalam rak koleksi, maka akan didigitalisasi.

  1.  Kesimpulan

1. Dengan adanya batasan penempatan koleksi yang akan dipajang dalam rak koleksi, sangat membantu pustakawan dalam penataan dan penempatan.

2. Regenerasi koleksi didalam rak sangat diperlukan, karna salah satu syarat rujukan tugas akhir mahasiswa dalam mencari referensi adalah koleksi   yang terbaru minimal koleksi 5 tahun terakhir.

3. Tugas akhir mahasiswa yang telah didistribusikan ke bagian digitalisasi koleksi mesti disusun rapi berdasarkan program studi, fakultas dan tahun.

  1.  Saran

1.     Bagi perguruan tinggi yang akan membangun gedung perpustakaan mesti mempertimbangkan daya tampung gedung, terutama dimana posisi letak rak yang akan digunakan untuk koleksi tugas akhir mahasiswa tercetak.

2.  Bagi pustakawan yang bekerja pada bidang layanan koleksi tercetak, mesti teliti dalam melihat koleksi-koleksi yang sudah lama dan perlu didistribusikan ke bagian digitalisasi koleksi.

 

Read 839 times Last modified on Jumat, 31 Desember 2021 10:21