Menghindari Plagiasi Menggunakan Spinner.id

21 November 2021

Plagiat merupakan salah satu perilaku yang menakutkan dan paling dibenci di dunia penulisan. Di era digital saat ini sebagian besar informasi tersedia dalam bentuk elektronik (e-resoruces), yang bisa disebarkan dengan mudah dan masif. Hal ini membuka peluang yang sangat besar untuk terjadinya tindakan plagiat, yang diistilahkan dengan pencurian informasi.

Plagiat dengan berbagai motif dan jenisnya sangat diharamkan di dunia akademik. Ada banyak cara agar kita bisa terhindar dari tindakan plagiat, salah satunya adalah dengan mensitasi dengan benar tulisan orang lain, melalui paraphrase. Bagi sebagian orang, terutama penulis pemula paraphrase menjadi sedikit menyulitkan, karena kita harus meramu kembali kalimat yang akan kita sitir. Sehingga terkadang sebagian orang memilih untuk menyalin secara utuh tulisan orang lain yang dirujuknya. Walaupun dicantumkan sumbernya di referensi, hal ini masih digolongkan sebagai plagiasi. Termasuk pada saat diuji menggunakan aplikasi pendeteksi kemiripan, seperti Turnitin dan sejenisnya.

Tapi tenang dulu, bagi Anda yang malas melakukan paraphrase, sekarang tidak perlu risau lagi. Sangat banyak software yang bisa membantu kita dalam melakukan paraphrase, dan mengolah kalimat ke dalam format baru, tanpa mengurangi arti dan makna dari kalimat tersebut. Salah satunya adalah Spinner.id, software berbasis web yang dapat membantu kita dalam menulis ulang artikel ber-bahasa Indonesia untuk menghasilkan artikel baru yang unik secara cepat. Kalimat yang dihasilkan tetap bisa terbaca dan ramah dengan mesin pencari.

Aplikasi ini dibangun dengan database thesaurus synonim bahasa Indonesia yang sangat ramah pengguna. Sampai dengan saat ini Spinner.id sudah memiliki sebanyak lebih dari 20.000 kata di dalam databasenya. Aplikasi ini dibuat oleh anak bangsa, GPTX (PT Gaptex Indo Media), merupakan penerbit buku, pembuat digital produk serta layanan marketing online yang membantu para pebisnis dan UMKM tanah air.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, kita cukup membuka websitenya di https://spinner.id/. Sebelumnya kita diminta melakukan registrasi (signup) terlebih dahulu. Cukup dengan memasukkan nama dan alamat email yang aktif. Setelah itu kita akan dikirimi email verifikasi, dan link untuk mengentrikan password. Kalau berhasil, kita kembali dikirimkan notifikasi bahwasanya proses registrasi sudah berhasil, disertai link untuk login ke spinner.id. Selanjutnya kita tinggal login menggunakan email (username) dan pasword yang sudah kita daftarkan. Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk memudahkan pengguna, spinner.id juga menyediakan tutorial penggunannya.

Pada saat melakukan paraphrase, Spinner.id menyediakan sebuah kolom tempat kita memasukkan kalimat yang akan diubah (bisa copy paste). Selain itu juga disediakan kolom tempat kita mengentrikan kata-kata yang wajib ada (tidak boleh diubah). Setelah dieksekusi, spinner.id akan menawarkan kepada kita kalimat baru, yaitu dengan mengganti beberapa kata dengan sinonimnya. Hebatnya lagi kata-kata yang sudah diganti terdiri dari beberapa alternatif kata yang bisa kita pilih ulang. Selain itu kitapun bisa merubah sendiri hasilnya sesuai dengan keinginan kita. Apakah semua ini berbayar? Tentu tidak, karena spinner.id memberikan layanan ini secara gratis tanpa ada batas waktu. Akan tetapi kalau kita ingin hasil yang lebih baik, spinner.id meminta kita mengupgrade akun kita ke versi PRO, dan kita diminta membayar denga harga 368.000 per tahun.

Menurut saya aplikasi ini cukup membatu kita dalam melakukan paraphrase. Kalau hanya untuk 1 atau 2 paragraf yang versi gratis saja sudah cukup. Kecuali kalau kita punya niat untuk memplagiat tulisan orang lain secara utuh. Penasaran? Silahkan langsung cobakan, dengan melakukan registrasi di websitenya https://spinner.id

Read 489 times Last modified on Minggu, 21 November 2021 22:20