KIAT-KIAT SUKSES MENGHADAPI TUGAS AKHIR

12 November 2019

KIAT-KIAT SUKSES MENGHADAPI

TUGAS AKHIR

 

Salah satu hal yang menegangkan bagi mahasiswa adalah ketika berada di tahun akhir perkuliahan. Pada tahun akhir perkuliahan mahasiswa akan menghadapi praktek kerja lapangan, KKN dan membuat tugas akhir. Tugas akhir adalah salah satu momok menakutkan bagi mahasiswa karna mesti menyiapkan berbagai macam bahan, penelitian, literatur bahkan membuat sebuah karya ilmah berupa alat, maka tak jarang dilihat bahwasannya mahasiswa tingkat akhir suka murung dan panik dalam menghadapi tugas akhir. Tugas akhir tentunya tidaklah mudah, butuh waktu, butuh bahan, butuh proses untuk menyelesaikannya.

Diantara kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mencapai kesuksesan dalam menghadapi tugas akhir perkuliahan adalah :

  1. Luruskan Niat

Segala sesuatu yang kita lakukan adalah tergantung niatnya. Jika niat yang ditujukan baik, maka Insyaa Allah hasilnya akan baik. Adanya niat yang lurus akan membuat usaha dan tujuan kita menjadi terarah. Selain niat yang lurus, tentunya juga diimbangi dengan do’a dan usaha yang tulus untuk mewujudkan niat tersebut.

  1. Perbanyak membaca

Banyak mahasiswa yang panik dan lalai dalam proses pembuatan tugas akhir, baik terkendala judul, maupun proses pembuatan tugas akhir. Kendala mahasiswa tersebut tak terlepas dari minimnya pengetahuan mahasiswa tentang materi tugas akhir yang akan dibuat. Banyaknya membaca akan menambah pengetahuan dan pemahaman konsep yang matang terhadap tugas akhir.

 

  1. Perbanyak relasi

Relasi merupakan bagian yang penting dalam tahapan akhir perkuliahan. Kita bukan hanya butuh teman kelas dalam hal ini, tapi kita juga butuh relasi dari luar yang akan menambah wawasan dan keilmuan kita terhadap bahan tugas akhir yang akan dibuat.

 

  1. Perbanyak bertanya

                   Kebanyakan diantara mahasiswa malu untuk bertanya dan lebih suka untuk memendam permasalahan mereka sendiri. Sifat mengurung diri dalam

ketidaktauan   tidaklah baik, bahkan cenderung membuat mahasiswa stres dengan permasalahannya.              

Memperbanyak bertanya adalah salah satu langkah yang tepat untuk menyiapkan bekal dalam proses pembuatan tugas akhir.

 

  1. Kenali karakter dosen pembimbing

Sering kali mahasiswa terkendala dengan dosen pembimbing pada saat bimbingan. Kadang pembimbing sibuk keluar kota, kadang pembimbing suka marah-marah tidak jelas, kadang bahan yang sudah diberikan tidak diperiksa, terkadang antara pembimbing 1 dengan pembimbing 2 bertentangan dalam SOP penulisan tugas akhir. Tentunya hal seperti sudah tak asing lagi dan berkemungkinan besar akan ditemukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Tips untuk mengatasi hal tersebut adalah usahakan untuk tetap berfikiran positif terhadap siapapun pembimbingnya, kemudian kenali karakter dan pola bimbingannya, kemudian ikuti alur main dari pembimbing tersebut.

 

  1. Selalu Optimis

Membangun kepercayaan diri dalam mengejar pencapaian adalah salah satu hal pokok yang dapat mengokohkan perjuangan disetiap usaha.

Tak ada yang instan dalam hal perjuangan, apalagi soal tugas akhir. Tahun akhir perkuliahan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu dan hal yang harus diselesaikan. Jadikan setiap proses yang ditempuh adalah bumbu-bumbunya perjuangan. Manisnya keberhasilan menyelesaikan tugas akhir dengan nilai yang memuaskan akan lebih terasa apabila melewati perjuangan, pengorbanan  dan tantangan.

 

 

Penulis            : Beni Adri Yassin, S.Kom

Read 57 times