Items filtered by date: Oktober 2021
31 Oktober 2021 In Berita dan Peristiwa

Semakin membaiknya kondisi pandemi covid-19 saat ini adalah suatu kabar baik bagi kampus Universitas Andalas. Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Andalas No 18 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Semester Ganjil T.A 2021/2022 yang akan dimulai pada tanggal 01 November 2021, maka pustaka unand mengambil langkah cepat untuk mensosialisasikan perpustakaan.

Pada hari Jum’at, 29 Oktober 2021 Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB, Melalui media zoom meeting, Pustaka Unand Berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) dalam rangka memberikan pembekalan dan sosialisasi perpustakaan terhadap mahasiswa tahun ajaran 2020 dan 2021. Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan pengetahuan perpustakaan kepada mahasiswa baru, serta mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada di perpustakaan. Sosialisasi ini adalah bentuk perhatian khusus dari pustaka unand dikarenakan mahasiswa tahun ajaran 2020 dan 2021 belum pernah mengikuti perkuliahan tatap muka di universitas andalas.

Acara sosialisasi ini dijalankan bersama dengan (Staf Kementerian adkesma BEM KM Unand) yaitu Dirat Azhari. Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Pustakawan Unand yaitu Bapak Andi Saputra, S.Kom., M.Kom, & Ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Jumlah peserta dalam zoom meeting acara sosialisasi perpustakaan untuk mahasiswa baru ini, paling tidak dihadiri sekitar 500 orang mahasiswa.

Adanya sosialisasi ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa yang akan menjalani perkuliahan pada senin depan. Apresiasi peserta terhadap kegiatan ini juga sangat positif diantaranya, banyak peserta yang bertanya tentang alur masuk perpustakaan, alur peminjaman buku, antisipasi denda serta pemanfaatan fasilitas yang ada digedung bertingkat tersebut. (B A Y)

29 Oktober 2021 In Berita dan Peristiwa

Kamis 28 Oktober 2021 adalah hari yang sangat spesial bagi perpustakaan unand, terutama tendik pustakawan. Bagaimana tidak, acara yang dikonsep hanya untuk 40 peserta saja, namun fakta berkata lain, jumlah peserta yang ikut dalam acara tersebut melebihi 50 orang.

Workshop literasi Informasi bukanlah hal asing lagi bagi dunia perpustakaan, namun sudah 2 tahun terakhir pustaka unand tidak menjadi tuan rumah dalam acara kepustakaan.Acara workshop literasi informasi ini diadakan digedung perpustakaan unand lantai 5, pada pukul 09.00 s/d 16.00, dengan tema peningkatan kompetensi automasi pustakawan guna mendukung gerakan merdeka belajar dan era literasi digital.

Namun ada hal yang lebih menarik dari itu yakni, panitia mengundang pemateri yang cukup senior dari kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang yaitu Ibu Zulfitri, S.Ag., M.A. Sebagai bentuk keseriusan dari penyelenggaraan acara, panitia juga mengundang 1 orang narasumber lagi, yaitu  Bapak Andi Saputra, S.Kom., M.Kom, pustakawan madya dari pustaka unand sendiri.

Menurut penyampaian dari ketua panitia Ibu Zasmi Fitriani, A.Md, acara ini diselenggarakan sebagai Sebuah langkah alternatif untuk meningkatkan semangat belajar para pustakawan serta meningkatkan kemampuan pustakawan dibidang ilmu literasi informasi dan automasi.

Tingginya antusias dari peserta dibuktikan dari jumlah peserta yang ikut workshop serta banyak saran dan harapan khusus yang disampaikan peserta kepada panitia maupun narasumber workshop. Besar harapan dari peserta agar acara-acara seperti ini lebih sering dilakukan agar kemampuan pustakawan semakin mendalam, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.

12 Oktober 2021 In Berita dan Peristiwa

Perpustakaan Institut Seni Indonesia(ISI) Padang Panjang mengadakan kegiatan pelatihan Edukasi Repository Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Oktober 2021, tepatnya digedung Rektorat lantai 3 ruang pertemuan. Kegiatan edukasi ini dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan, sesi pertama dimulai oleh pemateri 1 yaitu Bapak Sefri Doni, M.Pd dengan materi pengaplikasian repository dan sesi kedua oleh Bapak Miswan, M.Hum dengan materi manfaat repository. Kegiatan Berlangsung Dari Pukul 09.00 – 12.00  Wib, dan dilanjutkan kembali pada sesi 2 pukul 13.00 – 15.00 Wib.

ISI Padang Panjang mengundang pustakawan/staf perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan UPT Perpustakaan Unand, yang menugaskan 3 orang stafnya yaitu: Yudelna, A.Ma, Monalisa Fitri Andres, A.Md, dan Beni Adri Yassin, S.Kom. Menurut Drs. Yasir, S.Sos, penugasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi staf perpustakaan dalam mengelola repository Unand.

Pada pembukaan presentasi, Bapak Sefri Doni memperkenalkan sedikit biografi beliau terkait riwayat pendidikan dan pengalaman mengajar serta pengalaman terkait repository perpustakaan. Beliau menyampaikan materi tentang: (1) pentingya mengaplikasikan repository Institusi; (2) kebijakan Pengolahan karya tulis ilmiah; dan (3) reputasi perguruan tinggi dengan adanya repository, serta komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan repository institusi yang terdiri dari : Sumber Daya Manusia, Hardware & Software, dan koleksi.

Sedangkan pemateri 2 memfokuskan pembahasannya tentang: (1) bagaimana mempromosikan lembaga kepada masyarakat; (2) bagaimana mengumpulkan dan melestarikan produk digital lembaga; (3) bagaimana agar dapat mengelola dan mengukur kegiatan penelitian dan pembelajaran, serta menyediakan ruang kerja yang lebih luas bagi pustakawan.

Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif bagi peserta, terutama praktisi dilapangan yaitu pustakawan, Teknisi IT, dan juga bagi dosen yang akan mendepositkan penelitiannya kedalam repository.  

05 Oktober 2021 In Berita dan Peristiwa

Pada tanggal 01 oktober 2021 sepuluh orang mahasiswa universitas negeri padang yang melaksanakan praktek kerja lapangan di UPT Perpustakaan Universitas Andalas dijemput oleh Ibu Desriyeni, S.Sos., M.I.Kom selaku pembimbing PKL. Hari tersebut merupakan hari terakhir mahasiswa melaksanakan PKL di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Dalam momen tersebut diadakan rapat diruangan pertemuan lantai 1 perpustakaan, dalam rangka penutupan PKL secara formal. Pertemuan Tersebut dihadiri oleh kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Sub Koordinator Perpustakaan, Pamong Mahasiswa Magang, perwakilan bagian Automasi perpustakaan serta 10 orang mahasiswa magang.

                Pembukaan acara diawali oleh sambutan kepala perpustakaan yaitu bapak Drs. Yasir, S.Sos. Pada kesempatan tersebut ucapan terima kasih diberikan kepada mahasiswa yang teleh melaksanakan praktek kerja lapangan selama 2 bulan. Pada kesempatan kedua kata sambutan diucapan oleh sub perpustakaan yaitu Bapak Andi Saputra, M.Kom. Beberapa hal yang disampaikan oleh bapak andi yakninya terkait penerapan keilmuan perpustakaan, penguasaan materi serta tak lupa juga ucapan terima kasih. Pada kesempatan ketiga kata sambutan diberikan oleh pamong mahasiswa magang yakninya ibu Leni Marsih, S.I.Pust. Pada kesempatan tersebut disampaikan ucapan terima kasih dan harapan-harapan kedepannya agar mahasiswa PKL mampu mempraktekkan ilmunya didunia pekerjaan nantinya. Pada kesempatan keempat yaitu diwakili oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom, yang mana dalam kesempatan tersebut ucapan terima kasih, apresiasi dan harapan diberikan kepada sepuluh mahasiswa magang tersebut.

                Hasil dari kegiatan PKL mahasiswa Universitas Negeri Padang di UPT Perpustakaan Unversitas Andalas adalah banyak pekerjaan dan target-target yang telah dicapai oleh mahasiswa PKL, laporan-laporan, penyusunan buku di rak, entri data, bidang pelayanan dan lain-lain. Keberadaan mahasiswa PKL sangat berdampak besar bagi Perpustakaan Universitas Andalas. Untuk itu Perpustakaan Universitas andalas memberikan apresiasi untuk semua mahasiswa tersebut  dengan hasil nilai yang sangat memuaskan. Penutupan acara pertemuan tersebut didahului dengan pembagian sertifikat untuk mahasiswa magang dan diakhiri dengan fhoto bersama.( B A Y )