Items filtered by date: Jumat, 28 September 2018
28 September 2018 In Berita dan Peristiwa
UPT Perpustakaan Universitas Andalas kembali mengadakan wokshop literasi informasi di Kampus 3 Unand Dharmasraya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 27 September 2018 dengan tema “Cerdas dalam Temu Kembali Informasi di Era Digital” tersebut diikuti oleh sekitar 150 orang mahasiswa angkatan 3 dan 4 (tahun akhir).

Kegiatan yang diadakan di Pulau Punjung, lokasi kampus 3, kali ini merupakan yang ke-2 kalinya dalam tahun ini. Materi yang disampaikan adalah tentang Plagiarisme, dan Panduan Upload Tugas Akhir ke dalam Repository Unand, yang disampaikan oleh Andi Saputra, S.Kom, M.Kom dan Rahmadeli, ST. Sedangkan tim yang datang ke Dharmasraya dipimpin oleh Kasubag Tata Usaha Perpustakaan, Yukasnedi, SS, M.Hum.  dan didampingi oleh 3 orang pustakawan.

Menurut Kasubag Tata Usaha, kegiatan literasi informasi di kampus jauh (kampus 2 Payakumbuh dan kampus 3 Dharmasraya) sudah menjadi agenda rutin UPT Perpustakaan Unand sejak 2 tahun terakhir. Acara yang ditujukan untuk melakukan pembinaan terhadap mahasiswa kampus jauh, yang notabene kurang memperoleh akses informasi dibandingkan dengan mahasiswa yang kuliah di Padang, tersebut diagendakan minimal 2 kali setahun. Output dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa bisa lebih mudah dalam memperoleh informasi secara cepat dan tepat, serta memahami strategi menulis artikel ilmiah dan tugas akhir.

Untuk menarik minat dan partisipasi aktif mahasiswa, penitia juga memberikan doorprize berupa buku penunjang mata kuliah bagi mahasiswa yang aktif bertanya dalam kegiatan tersebut. Terdiri dari buku-buku tentang bidang ilmu pertanian, sesuai dengan bidang ilmu mereka. Ketika mengetahui panitia memberikan doorprize tingkat parsipasi peserta langsung meningkat. Sehingga diskusi menjadi lebih hidup dan menarik. Sekedar informasi tambahan di Kampus 3, sampai dengan saat ini baru ada Fakultas Pertanian.