Items filtered by date: Kamis, 22 November 2018
22 November 2018 In Berita dan Peristiwa
UPT Perpustakaan Unand telah memperoleh sertifikat terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI, yang diperoleh pada bulan Desember 2015 yang lalu. Namun sertifikat tersebut akan berakhir pada tanggal 22 Desember 2018 ini. Masa berlaku sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh Perpusnas RI adalah 3 tahun.
Oleh karena itu pada hari Senin 19 November 2018, tim Asesor akreditasi perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) telah melakukan visitasi akreditasi Perpustakaan Universitas Andalas yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Kampus Unand Limau Manis Padang.
Tim ini terdiri dari tiga orang asesor yang dipimpin oleh Drs. Bambang Supriyo Utamo, M. Lib, Dra. Zurniaty Nasrul, MLS dan Sri Rezki Pudji Lestari, S. Sos. Dari pihak Universitas Andalas sendiri, selain kepala perpustakaan, juga hadir Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dachriyanus, Apt dan sekretaris LP3M, serta unsur pimpinan di bidang akademik rektorat Unand.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor menyampaikan bahwasanya akreditasi perpustakaan sangat penting sebagai tolak ukur kemajuan sekaligus bahan evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, kuantitas dan kualitas koleksi serta fasilitas yang dimiliki sehingga ke depannya lebih baik lagi.
Sementara itu, Bambang Supriyo Utomo, M. Lib asesor mengatakan Rekareditasi atau akreditasi kembali diperlukan untuk mengetahui apakah perpustakaan konsisten dengan standar yang ada dan juga untuk mengetahui aspek-aspek layanan yang berkembang atau pencapaian dalam kurun waktu empat tahun ini. “Setiap perpustakaan dikelola dengan standar nasional perpustakaan sesuai dengan amanat Undang-undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007,” ujarnya.
Selain itu beliau juga menilai perpustakaan Universitas Andalas mempunyai modal yang bagus karena didukung dengan bangunan dan tempat sebagai rekreasi ilmu yang perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan kedepannya.
Kegiatan visitasi berlangsung sehari penuh. Di akhir acara, pada saat penutupan, ketua asesor, Drs. Bambang Supriyo Utamo, M. Lib, menyampaikan "berdasarkan hasil penilaian sementara, nilai yang diperoleh sangat memuaskan." Hasil tersebut akan dibawa ke Perpusnas RI untuk diplenokan. Setelah itu baru dikeluarkan sertifikat oleh Kepala Perpusnas RI.