Items filtered by date: November 2018
28 November 2018 In Berita dan Peristiwa
Untuk kesekian kalinya UPT Perpustakaan Unand menerima kunjungan dari sekolah yang ada di lingkungan Sumatera Barat. Kali ini didatangi oleh MAN 2 Kab. Solok. Kunjungan dilakukan dalam rangka visitasi edukasi siswa kelas XII tersebut dilakukan pada Jam 10:00 hari Rabu tanggal 28 November 2018. Bertujuan untuk memberikan motivasi dan wawasan kepada siswa sebelum masuk ke perguruan tinggi.

Rombongan yang diketuai oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Nusa Jaya, M.Pd, terdiri dari 6 orang guru dan 95 orang siswa. Rombongan disambut oleh kepala Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos beserta jajarannya di Ruang Seminar Utama lantai 5 Gedung Perpustakaan.

Dalam sambutannya kepala perpustakaan menyampaikan harapannya agar siswa MAN 2 Kab. Solok lebih serius mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan dilaksanakan dalam waktu yang tidak lama lagi. Sedangkan Nusa Jaya, M.Pd yang mewakili pihak sekolah mengatakan bahwasanya kunjungan siswa mereka ke Unand merupakan kali pertama. Beliau berharap kunjungan ini bisa memotivasi siswa mereka untuk lebih bersemangat dan termotivasi untuk bisa menjadi mahasiswa Unand.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan penayangan video company profile perpustakaan dan pengenalan fasilitas perpustakaan yang disampaikan oleh Andi Saputra, S.Kom, M.Kom., kepala bidang Automasi Perpustakaan Unand. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Untuk memotivasi siswa perpustakaan juga memberikan hadiah buku kepada siswa yang aktif bertanya. Acara ditutup dengan kegiatan library tour, dengan mengunjungi fasilitas yang ada di perpustakaan Unand.
22 November 2018 In Berita dan Peristiwa
UPT Perpustakaan Unand telah memperoleh sertifikat terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI, yang diperoleh pada bulan Desember 2015 yang lalu. Namun sertifikat tersebut akan berakhir pada tanggal 22 Desember 2018 ini. Masa berlaku sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh Perpusnas RI adalah 3 tahun.
Oleh karena itu pada hari Senin 19 November 2018, tim Asesor akreditasi perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) telah melakukan visitasi akreditasi Perpustakaan Universitas Andalas yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Kampus Unand Limau Manis Padang.
Tim ini terdiri dari tiga orang asesor yang dipimpin oleh Drs. Bambang Supriyo Utamo, M. Lib, Dra. Zurniaty Nasrul, MLS dan Sri Rezki Pudji Lestari, S. Sos. Dari pihak Universitas Andalas sendiri, selain kepala perpustakaan, juga hadir Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dachriyanus, Apt dan sekretaris LP3M, serta unsur pimpinan di bidang akademik rektorat Unand.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor menyampaikan bahwasanya akreditasi perpustakaan sangat penting sebagai tolak ukur kemajuan sekaligus bahan evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, kuantitas dan kualitas koleksi serta fasilitas yang dimiliki sehingga ke depannya lebih baik lagi.
Sementara itu, Bambang Supriyo Utomo, M. Lib asesor mengatakan Rekareditasi atau akreditasi kembali diperlukan untuk mengetahui apakah perpustakaan konsisten dengan standar yang ada dan juga untuk mengetahui aspek-aspek layanan yang berkembang atau pencapaian dalam kurun waktu empat tahun ini. “Setiap perpustakaan dikelola dengan standar nasional perpustakaan sesuai dengan amanat Undang-undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007,” ujarnya.
Selain itu beliau juga menilai perpustakaan Universitas Andalas mempunyai modal yang bagus karena didukung dengan bangunan dan tempat sebagai rekreasi ilmu yang perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan kedepannya.
Kegiatan visitasi berlangsung sehari penuh. Di akhir acara, pada saat penutupan, ketua asesor, Drs. Bambang Supriyo Utamo, M. Lib, menyampaikan "berdasarkan hasil penilaian sementara, nilai yang diperoleh sangat memuaskan." Hasil tersebut akan dibawa ke Perpusnas RI untuk diplenokan. Setelah itu baru dikeluarkan sertifikat oleh Kepala Perpusnas RI.