Items filtered by date: Oktober 2018
11 Oktober 2018 In Berita dan Peristiwa
Pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018, UPT Perpustakaan kedatangan tamu dari tim Asesor Akreditasi LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan).  Kedatangan mereka dalam rangka akreditasi program studi Dokter Spesiali Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Unand RSUP Dr. M. Jamil Padang. Perpustakaan merupakan salah satu instrumen penting dalam penilai akreditas program studi perguruan tinggi. Oleh karena itu sebagian besar asesor yang melakukan penilaian terhadap program studi yang ada di Universitas Andalas akan mengunjungi perpustakaan.

LAM-PTKes merupakan badan hukum perkumpulan Organisasi Profesi dan Asosiasi Institusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan Sebagai bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT) dan akreditasi. Disamping itu LAM-PTKes juga turut membentuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) pendidikan tinggi.

Tim asesor LAM PTKes diwakili oleh Prof. Dr. dr. Rahayuningsih, Sp. PK (K) dari Universitas Indonesia dan Dr. dr. Anak Agung Wiradewi Lestari, Sp. PK dari Universitas Udayana. Beliau didampingi oleh tim akreditasi program studi spesialis patologi klinik Dr. dr. Efrida, Sp. PK, M.Kes dan dr. Zelly Dia Rofinda, Sp. PK (K) (K), dan ibu Ridha Kasubag Umum dan Perlengkapan Fak. Kedokteran Unand. Kedatangan mereka disambut oleh pimpinan perpustakaan yang diwakili oleh Yukasnedi, SS, M.Hum Kasubag Tata Usaha dan Andi Saputra, M.Kom Kepala Bidang Otomasi.

Pertemuan tersebut dilakukan dalam bentuk diskusi dan tanya jawab tentang koleksi ilmu kedokteran yang ada di Perpustakaan dan tata kelola koleksi perpustakaan, mulai dari sirkulasi peminjaman sampai dengan proses digitalisasi koleksi lokal konten (skripsi, tesis dan disertasi). Disamping itu asesor juga menitikberatkan penilaian tentang keseimbangan jumlah pustakawan dengan jumlah anggota perpustakaan. Selama proses diskusi tim asesor cukup puas dengan penjelasan dari tuan rumah. Di akhir acara tim asesor diajak untuk mengabadikan kunjungan mereka, dengan berfoto di lobi perpustakaan, salah satu spot foto terbaik yang ada di Perpustakaan Unand.
 
 


 
11 Oktober 2018 In Beni Adri Yassin
Proses peminjaman dan pengembalian buku merupakan salah satu transaksi yang paling ramai di Perpustakaan Universitas Andalas setiap harinya. Perpustakaan Universitas Andalas menerapkan beberapa aturan penting dalam peminjaman buku, diantaranya :
1. Maksimal peminjaman buku dalam satu kali pinjam sebanyak empat buku.
2. Masa peminjaman selama 7 hari dalam satu kali pinjaman.
3. Buku yang telah dipinjam dapat diperpanjang sebanyak 2 kali dengan masa peminjaman yang sama yaitu 7 hari / satu kali pinjam. Jadi jika melakukan peminjaman dan perpanjangan sebanyak dua kali, maka lama peminjaman adalah 3 minggu(21 hari).
4. Jika terjadi keterlambatan pengembalian buku, maka Perpustakaan Universitas Andalas memberlakukan denda sebanyak Rp.1000/satu buku/hari.
5. Jika buku yang dipinjam rusak/hilang, maka sipeminjam wajib mengganti buku tersebut. 

Banyaknya transaksi tak terlepas dari kedisiplinan dalam peminjaman dan pengembalian buku bagi pemustaka. Kerapnya keterlambatan pengembalian buku membuat banyak pengguna yang dikenakan sangsi denda oleh Perpustakaan Universitas Andalas.
Proses pembayaran denda dilakukan dengan cara :
1. Melapor kepada petugas pengembalian buku dan minta tolong kepada petugas untuk melihat status peminjaman yang ada saat ini, apakah sudah kena denda atau belum.
2. Jika ada denda, segera membayar denda ke Bank Nagari kantor cabang Universitas Andalas.
3. Simpan bukti pembayaran denda.
4. Berikan bukti pembayaran denda kepada petugas pengembalian buku. 


September 2018 Perpustakaan Universitas Andalas sudah menggunakan mesin EDC (Elektronic Data Capture) sebagai penunjang layanan bidang sirkulasi. Banyaknya pemustaka yang telat dalam mengembalikan buku, membuat pihak perpustakaan mesti bekerja ekstra dalam pelayanan pengembalian buku.

Jadi, setiap saat ini setiap mahasiswa yang kena denda peminjaman buku bisa membayar denda langsung di Perpustakaan Universitas Andalas dengan menggunakan kartu ATM Bank Nagari. Hal yang selalu menjadi harapan adalah semua peminjam buku di Perpustakaan Universitas Andalas dapat mengembalikan buku dengan tepat waktu.
11 Oktober 2018 In Berita dan Peristiwa
Perpustakaan Universitas Andalas adalah knowledge centre bagi Universitas Andalas dan bagi kalangan akademisi sumatera barat khususnya kota padang. Perpustakaan Universitas yang menyandang akreditasi A sejak desember 2015 tersebut merupakan salah satu perpustakaan terlengkap dan teracanggih di sumatera barat. Dengan predikat A tersebut, tentunya Perpustakaan Universitas Andalas punya program kerja dan target yang mesti dicapai setiap tahunnya. Dalam satu tahun, Perpustakaan Universitas Andalas punya target pengembangan bagi staf dan pustakawan yaitu mengadakan pelatihan dan workshop. Panitia sekaligus tim dalam serangkaian kegiatan adalah staf Perpustakaan Universitas Andalas. Salah satu kegiatannya adalah melakukan pembinaan terhadap mahasiswa kampus II dan III yang ada di Payakumbuh dan Dharmasraya.

Pada tanggal 25 September 2018 lalu, UPT Perpustakaan Mengirim 7 orang untuk melakukan kegiatan workshop di kampus II payakumbuh dengan judul kegiatan “Cerdas temu Informasi di Era Digital”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 2 fakultas yaitu fakultas ekonomi dan fakultas peternakan yang dibagi menjadi dua sesi. Materi yang disampaikan oleh Bapak Beni Adri Yassin, A.Md selaku narasumber yaitu tentang bagaimana cara agar mudah menemukan informasi di internet dengan menggunakan operator boolean.

Poin penting yang mesti dipahami pada operator boolean adalah operator AND, OR, NOT, yang mana ketiga operator ini sangat berperan penting dalam memudahkan pencarian informasi. Antusias mahasiswa dan mahasiswi kampus II Payakumbuh sangat terasa ketika banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber. Kegiatan workshop tidak hanya sampai disana, narasumber juga menguji kemampuan peserta dengan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan kemudian memberikan hadiah berupa buku kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesainya acara, mahasiswa kampus II Payakumbuh juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini tetap diadakan setiap tahunnya oleh UPT Perpustakaan Universitas Andalas, demi menunjang pengetahuan dan menambah wawasan mahasiswa kampus II Payakumbuh.(BAY)