Items filtered by date: Kamis, 18 Januari 2018
18 Januari 2018 In Berita dan Peristiwa

User oriented, merupakan salah satu landasan dalam pengembangan perpustakaan di era teknologi informasi saat ini. Teknologi informasi telah merubah perilaku pemustaka dalam memperoleh informasi secara drastis. Begitu juga dengan perilaku pengunjung yang datang ke perpustakaan juga mengalami perubahan. Digitalisasi perpustakaan telah menuntut pustakawan dan pengelola perpustakaan berbenah untuk menyesuaikan fasilitas yang ada di perpustakaan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pemustaka. Untuk menjawab tantangan tersebut. UPT Perpustakaan Unand telah melakukan penelitian terhadap orientasi pengunjung datang ke perpustakaan di jaman now. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk menentukan skala prioritas pengembangan layanan perpustakaan berdasarkan kebutuhan pemustaka.

Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang pengunjung perpustakaan. Responden diberi kebebasan untuk memilih lebih dari satu jawaban. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata 76% pengunjung datang ke perpustakaan untuk belajar mandiri/mengerjakan tugas. Lebih banyak dibandingkan mereka yang memilih meminjam/mengembalikan buku, layanan konvensional perpustakaan, yang hanya 68%. Berikutnya sesuai karakteristik di jaman digital, 55% pengunjung datang untuk memanfaatkan layanan internet gratis. Sedangkan untuk layanan lain, seperti koleksi cadangan, referensi, lokal konten, surat bebas pustaka jumlahnya tidak lebih dari 25%.

Disamping itu hal yang menarik disimpulkan adalah pengunjung yang datang meminjam buku juga memilih belajar mandiri/mengerjakan tugas. Dapat disimpulkan bahwasanya pengunjung saat ini membutuhkan ruang belajar yang representatif, aman, nyaman dan dekat dari sumber belajar, seperti akses internet dan buku sebagai sumber referensi.