Selasa, 28 Jun 2022 14:44

Pustakawan Unand Menjadi Penulis Naskah Terbaik Lomba "Inkubator Litarasi Pustaka Nasional"

Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos, M.Si, Pustakawan Muda UPT Perpustakaan Unand, terpilih menjadi pemenang lomba penulisan naskah Inkubator Literasi Pustaka Nasional tingkat Sumatera Barat. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Perpusnas Press, unit penerbitan dari Perpustakaan Nasional RI yang bertugas menerbitkan karya tulis dan publikasi di bidang perpustakaan dan kepustakawanan. Mengusung tema Literasi Digital di Era Industri 4.0 Dalam Rangka Mendukung Kearifan Lokal di Sumatera Barat.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan April 2022, yang diawali dengan proses pengumpulan naskah. Selanjutnya pada bulan Mei 2022 sudah terpilih sebanyak 15 naskah terbaik, yang nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh Perpusnas Press. Dari 15 naskah tersebut panitia lomba memilih 3 naskah terbaik.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, yang diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022, Iswadi Syahrial Nupin, dengan naskahnya yang berjudul “Promosi Destinasi Wisata Nagari, Mampukah Pengelola Perpustakaan?,” terpilih menjadi salah satu peserta terbaik mendampingi Mardhiyan Novita MZ, dan Sahari Ramadhani. Selain naskahnya diterbitkan oleh Perpusnas Press, ketiga tulisan terbaik juga diganjar dengan hadiah Rp. 1.000.000,-.

Andi Saputra, Sub Koordinator Perpustakaa, mewakili tenaga kependidikan UPT Perpustakaan Unand, merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang sudah diraih oleh Saudara Iswadi. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwasanya “Semenjak menamatkan pendidikan S2nya di IPB, Saudara Iswadi sangat aktif menulis  artikel di bidang ilmu kepustakawanan. Beberapa tulisannya sudah diterbitkan di koran lokal dan nasional. Selain itu beliau juga sudah melahirkan 2 buah buku dalam 1 tahun terakhir”.

Semoga apa yang sudah digapai oleh Saudara Iswadi bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi rekan-rekan pustakawan, maupun tenaga fungsional lainnya yang ada di lingkungan Unand.

Read 348 times