Rabu, 23 Maret 2022 17:29

Pembukaan Acara Pekan Library Oleh Wakil Rektor 1 Unand

Pada Hari Rabu 23 Maret 2022 telah dilaksanakan Pembukaan Pekan Library 2022 . Acara dibuka oleh Bapak Prof.Dr.Mansyurdin, M.S, Wakil Rektor I Unand.  Kedatangan Bapak Wakil Rektor I Unand didampingi oleh Bapak Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Imrizal, MM. Pembukaan Pekan Library 2022 melibatkan pihak Gramedia Pustaka Utama dan FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia). Dalam sambutannya Bapak Prof.Dr.Mansyurdin, M.S menjelaskan perlunya UPT.Perpustakaan Unand dalam berlangganan Jurnal Online seperti Science Direct. Penyediaan e-book di UPT.Perpustakaan Unand juga perlu dilakukan karena e-book sangat bermanfaat sebagai referensi bagi peneliti. Agenda acara Hari Rabu 23 Maret 2022 adalah Workshop Literasi Informasi, Sosialisasi Smart Library yang disampaikan oleh pihak Gramedia Pustaka Utama serta Intermezzo Digitalisasi Grey Collection.

Acara Workshop Literasi Informasi yang dihadiri oleh Pustakawan Sekolah, Perguruan Tinggi dan Pegiat Literasi se Sumatera Barat berlangsung sangat menarik. Narasumber Acara adalah Zulfitri Durin, S.Ag; M.Ag dan Andi Saputra, S.Kom., M.Kom. Acara diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan nara sumber. Yang bertanya diberi hadiah sepantasnya oleh narasumber. Acara selanjutnya adalag Sosialisasi Smart Library yang tak kalah menariknya. Tim Gramedia Pustaka Utama juga memaparkan perlunya pengadaan Smart Library di Perpustakaan karena e-book lebih simple dan digemari oleh generasi milenial.

Acara terakhir adalah Intermezzo Digitalisasi Grey Collection. Gray Collection adalah koleksi abu-abu yang mencakup skripsi, tesis dan disertasi. Koleksi ini seyogianya didigitalisasi atau ditransmediakan agar mudah merawatnya. Beni Adri Yasin, S.Kom sebagai narasumber dan Meysi sebagai Penyaji. Narasumber menjelaskan secara detail proses digitalisasi yang berawal dari pemotongan punggung tesis

Read 591 times