Selasa, 15 Februari 2022 18:02

Launching Layanan Satu Pintu Perpustakaan Unand

Terhitung tanggal 15 Februari 2022, UPT Perpustakaan Universitas Andalas secara resmi memulai operasional pelayanan satu pintu. Satu hari sebelumnya pada hari Senin, 14 Februari 2022, Sub Koordinator Perpustakaan Unand beserta jajarannya mengambil langkah cepat dalam persiapan peningkatan pelayanan prima kepada pemustaka. Persiapan perangkat keras maupun segala keperluan administrasi lainnya, dimulai semenjak senin pagi, pukul 09.00 WIB hingga Pukul 18.00 WIB. Berdasarkan hasil kesepakatan pada rapat koordinasi yang telah digelar beberapa waktu sebelumnya bersama kepala bidang automasi, kepala bidang layanan pengguna, kepala bidang pengolahan koleksi, dan masing-masing koordinator bidang, bahwa layanan satu pintu akan digelar bersamaan dengan dimulainya perkuliahan tatap muka bagi mahasiswa semester 2 dan semester 4 ditahun ajaran 2021-2022.  

Pelayanan perpustakaan satu pintu ini memberikan dampak positif langsung bagi pemustaka. Tak tanggung-tanggung antusia mahasiswa baru dalam hal ini mahasiswa BP 2020 & 2021, sangat bersemangat dalam mengaktifkan keanggotaan perpustakaan mereka. Bukan hanya aktivasi, mahasiswa yang hendak mengurus keperluan bebas pustaka juga ikut andil dalam meramaikan pelayanan satu pintu ini.

Sistem pelayanan satu pintu ini meliputi layanan administrasi, layanan informasi, layanan aktivasi keanggotaan perpustakaan, layanan surat keterangan bebas pustaka, dll. Sistem layanan satu pintu ini akan diuji coba dalam kurun waktu 1 bulan kedepan, kemudian akan dievaluasi kembali secara tuntas, bagaimana mekanisme dan proses pelayanan terbaik yang dapat diberikan. Kedepan, diharapkan sistem pelayanan satu pintu ini mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi pemustaka, serta memberkan dampak positif bagi Perpustakaan Unand.

Read 1389 times