Jumat, 10 Desember 2021 09:02

Kuliah Umum Bersama Syaikh Ahmad Essa Al Hazimi

Kamis, 09 Desember 2021 M tepatnya 04 Rabiul Akhir 1443 H, Universitas Andalas kedatangan tamu istimewa dari Atase Agama kedutaan arab saudi yaitu Syaikh Ahmad Essa AL Hazimi. Kunjungan  ke Universitas Andalas merupakan yang kedua kalinya dalam 2 tahun terakhir bagi kedutaan arab saudi. Dalam kunjungan kali ini Syaikh Ahmad Essa Al Hazimi memberikan kuliah umum dengan tema “ Peran Arab Saudi Dalam Melayani Islam dan Kaum Muslimin Sedunia”.

Kuliah umum ini diadakan di Gedung Perpustakaan Universitas Andalas Lantai 5, pada pukul 14.00 Wib. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan langsung Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. Membersamai kegiatan ini, selaku penerjemah ialah Ustadz Muhammad Elvi Syam, Lc.,MA.

Pembukaan awal perkuliahan syaikh berkata : kami datang ke negeri dimana orang-orangnya memuliakan tamu dengan akhlak yang tinggi, dan kami menyukai tempat ini, dan kami memilih propinsi ini sebagai salah satu tujuan kunjungan kami.

Syaikh membacakan sebuah ayat dari surat Alhujurat Ayat 13, yang artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Allah Subhanahu Wata’ala telah menganugerahkan kepada arab saudi dengan 2 kemuliaan yaitu adanya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, yang mana Baitullah merupakan kiblat bagi kaum muslimin. Kerajaan arab saudi yang strategis memberikan tempat kusus dihati kaum muslimin.

Materi yang disampaikan oleh Syaikh Ahmad Essa Al Hazimi ialah tentang bagaimana peran arab saudi selama ini dalam membantu dunia islam, membantu perkembangan islam dan memberikan semua fasilitas yang terbaik bagi kaum muslimin. Diantara peran arab saudi kepada kaum muslimi diseluruh dunia ialah Memberikan perhatian yang tinggi terhadap Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Haji dan Umrah gratis bagi tamu-tamu undangan kerajaan, membuka kampus untuk mahasiswa diseluruh dunia, membangun perkebunan dengan teknologi tinggi, membuat percetakan al-quran dan membagikannya keseluruh dunia secara gratis.

Negara Arab Saudi dengan segala upaya dan usahanya telah banyak memberikan bantuan material, ekonomi, dan sosial bagi seluruh umat manusia didunia ini. Hal ini memberikan bantahan terhadap fitnah-fitnah yang beredar selama ini, yang tak beralasan. Negara Arab Saudi adalah negara yang damai, penuh toleransi, anti radikalisme dan ekstrimisme. Negara Arab Saudi adalah tempat agama Islam dilahirkan, yang mana dipegang oleh orang-orang yang amanah dan berpegang teguh terhadap Alquran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus sholeh.

Dipenghujung kuliah umum Syaikh memberikan 6 wasiat kepada seluruh hadirin, yang berbunyi : (1) Bertaqwalah kepada Allah, (2) Perbanyaklah menuntut ilmu, (3) Berpegang teguhlah terhadap apa yang diajarkan oleh Nabimu, (4) Jagalah keamanan negerimu dan do’akan pemimpinmu, (5) Berbaktilah kepada kedua orang tua, dan yang terakhir Muliakanlah gurumu.

Menjelang penutupan acara Syaikh memberikan 5 pertanyaan kepada peserta dan yang menjawabnya akan diberikan hadiah berupa amplop dan fhoto bersama. Karna keterbatasan waktu, masih banyak yang ingin ditanyakan peserta dan antusias terhadap pertanyaan berikutnya. Akhir acara ini ditutup dengan saling memberi cenderamata antara Universitas Andalas dengan Atase Agama Kedutaan Arab Saudi dan fhoto bersama.

Read 579 times
« January 2022 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31