Senin, 06 Desember 2021 09:41

Unand Kembali Melanggan Science Direct

Pada akhir tahun 2021 ini, Unand kembali melanggan Science Direct, platfom jurnal internasional terkemuka. Sempat terhenti pada tahun 2020, terhitung sejak 1 Desember 2021 ini langganan kembali diaktifkan.

Science direct merupakan platform terkemuka yang menerbitkan berbagai literatur peer-review guna mendukung dan memajukan kegiatan penelitian. Platfom ini merupakan unit bisnis dari Elsevier, publisher terbesar dunia yang berkedudukan di Amsterdam, Netherlands.

Science Direct membagi e-journal dan book chapters yang mereka miliki ke dalam 4 kategori, yang terdiri dari: Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities. Setiap kategori dibagi lagi ke dalam beberapa sub kategori.

Untuk mensosialisasikan dan memaksimalkan pemanfaatan jurnal-jurnal tersebut, pihak Elsevier South East Asia - bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Unand menyelenggarakan Webinar pada hari Jum’at, tanggal 3 Desember 2021 yang lalu, menggunakan media Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Moving Science Forward with Science Direct, dengan menghadirkan Johan Jang, Costumer Cunsoltant Elsevier South East Asia, sebagai narasumber. Kegiatan yang diperuntukkan khusus bagi civitas akademika Unand tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta.

Dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan terkait dengan profil Elsevier dan Science Direct, narasumber juga mengajarkan tentang bagaimana cara memanfaatkan artikel jurnal yang dilanggan Unand. Ada 2 metode untuk mengaksesnya: (1) Melalui IP Address Univ Andalas, selama kita menggunakan jaringan internet yang ada di lingkungan Unand, seluruh artikel jurnal yang dilanggan bisa diakses dan diunduh secara gratis. (2) menggunakan remote access menggunakan email Unand.

Khusus untuk remote access, sebelumnya kita harus mendaftarkan email Unand yang kita miliki terlebih dahulu melaui link: https://bit.ly/3pxlBl0 . Setelah itu kita akan dikirimi email konfirmasi untuk melanjutkan proses registrasi. Setelah proses selesai kita perlu mengaktifkan remote access melalui menu Remote Access yang ada di halaman paling bawah http://sciencedirect.com. Setelah itu kita bisa bebas memanfaatkan seluruh jurnal yang dilanggan Unand darimana saja, dengan Sign In menggunakan email yang sudah diregistrasikan.

Selain terkait cara mengakses jurnal, narasumber juga menjelaskan tentang fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan proses pencarian artikel jurnal yang ada di Science Direct, mulai dari menentukan kata kunci, lokasi pencarian, cara mendownload, serta bagaimana cara memfilter hasil pencarian berdasarkan tahun, type koleksi, penerbit, maupun bidang ilmu.

Peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari banyak pertanyaan-pertanyaan seputar pemanfaatan jurnal yang dilanggan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT Perpustakaan Unand, juga menyampaikan bahwasanya perpustakaan siap membantu membantu dan memfasilitasi civitas akademika Unand seandainya ada kendala dalam mengakses Science Direct.

 

Read 3565 times
« October 2022 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31