Selasa, 23 November 2021 16:34

Pustakawan Universitas Jambi Studi Banding ke Perpustakaan Unand

Berdasarkan hasil akreditasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perpusnas RI tahun 2018 yang lalu, UPT Perpustakaan Unand ditetapkan sebagai Perpustakaan rujukan di wilayah barat, dengan akreditasi “A”. Hasil tersebut telah menjadi magnet bagi perpustakaan lain yang ada di wilayah barat untuk berkunjung ke UPT Perpustakaan Unand dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam bantuk benchmarking maupun studi banding. Salah satunya adalah UPT Perpustakaan Universitas Jambi.

Pada hari ini, Selasa 23 November 2021, Unja mengirimkan pustakawannya sebanyak 13 orang untuk melakukan studi banding. Rombongan yang dipimpin oleh Lutriani, S.Sos, M.Si, salah seorang Pustakawan Madya Unja, datang ke UPT Perpustakaan Unand dalam rangka studi banding tentang tata kelola perpustakaan, mulai dari pengolahan koleksi, layanan pemustaka, dan pemanfaatan sistem automasi perpustakaan.

Mereka disambut di Ruang Sidang Lanti 1 Gedung Perpustakaan oleh kepala UPT, Drs Yasir, S.Sos, yang didampingi oleh Sub Koordinator dan seluruh Kepala Bidang. Acara penyambutan, yang dipandu oleh Leni Marsih, S.I.Pust, Kepala Bidang Layanan, dimulai dengan ramah-tamah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala UPT Pepustakaan Unand, dan ketua rombongan dari Unja.

Selanjutnya staf bidang Automasi, Beni Adri Yassin, S.Kom memaparkan tentang kondisi dan layanan yang ada di UPT Perpustakaan Unand, dan dilanjutkan dengan diskusi. Tidak lupa pula para tamu diajak untuk berkeliling ke setiap ruangan yang ada, sambil berdiskusi tentang fasilitas dan layanan yang ada di setiap ruangan tersebut.

Bapak Ja’far, salah seorang anggota rombongan mengaku puas dan kagum melihat kondisi yang ada di UPT Perpustakaan Unand. Beliau merasa termotivasi untuk segera mengimplementasikan apa yang diperolahnya di tempatnya bekerja.

Kegiatan studi banding ini ditutup dengan jamuan makan siang oleh pimpinan UPT Perpustakaan Unand, dan saling tukar cinderamata antar kedua perpustakaan.

Read 233 times