Selasa, 12 Oktober 2021 16:15

Pustakawan Unand Mengikuti Pelatihan Edukasi Repository di ISI Padang Panjang

Perpustakaan Institut Seni Indonesia(ISI) Padang Panjang mengadakan kegiatan pelatihan Edukasi Repository Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Oktober 2021, tepatnya digedung Rektorat lantai 3 ruang pertemuan. Kegiatan edukasi ini dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan, sesi pertama dimulai oleh pemateri 1 yaitu Bapak Sefri Doni, M.Pd dengan materi pengaplikasian repository dan sesi kedua oleh Bapak Miswan, M.Hum dengan materi manfaat repository. Kegiatan Berlangsung Dari Pukul 09.00 – 12.00  Wib, dan dilanjutkan kembali pada sesi 2 pukul 13.00 – 15.00 Wib.

ISI Padang Panjang mengundang pustakawan/staf perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan UPT Perpustakaan Unand, yang menugaskan 3 orang stafnya yaitu: Yudelna, A.Ma, Monalisa Fitri Andres, A.Md, dan Beni Adri Yassin, S.Kom. Menurut Drs. Yasir, S.Sos, penugasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi staf perpustakaan dalam mengelola repository Unand.

Pada pembukaan presentasi, Bapak Sefri Doni memperkenalkan sedikit biografi beliau terkait riwayat pendidikan dan pengalaman mengajar serta pengalaman terkait repository perpustakaan. Beliau menyampaikan materi tentang: (1) pentingya mengaplikasikan repository Institusi; (2) kebijakan Pengolahan karya tulis ilmiah; dan (3) reputasi perguruan tinggi dengan adanya repository, serta komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan repository institusi yang terdiri dari : Sumber Daya Manusia, Hardware & Software, dan koleksi.

Sedangkan pemateri 2 memfokuskan pembahasannya tentang: (1) bagaimana mempromosikan lembaga kepada masyarakat; (2) bagaimana mengumpulkan dan melestarikan produk digital lembaga; (3) bagaimana agar dapat mengelola dan mengukur kegiatan penelitian dan pembelajaran, serta menyediakan ruang kerja yang lebih luas bagi pustakawan.

Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif bagi peserta, terutama praktisi dilapangan yaitu pustakawan, Teknisi IT, dan juga bagi dosen yang akan mendepositkan penelitiannya kedalam repository.  

Read 316 times