Rabu, 04 Agustus 2021 13:37

Perpustakaan Unand Memberikan Pembekalan Kepada Mahasiswa PKL UNP

Pada hari kedua kegiatan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa Universitas Negeri Padang di Perpustakaan Universitas Andalas, semua mahasiswa berkumpul di Ruang Automasi untuk mendapatkan Pembekalan Materi dari berbagai Staf ahli di setiap bidang nya masing masing. Pada Perpustakaan Universitas Andalas, terdapat 7 Bidang Layanan yang tersedia, diantaranya: Bidang Layanan Sirkulasi, Bidang Layanan Tata Usaha, Bidang Layanan Pengolahan, Bidang Layanan Referensi, Bidang Layanan Koleksi Cadangan,  Bidang Layanan Lokal Konten, Bidang Layanan Automasi.

                Pada sesi pertama, yaitu Materi di Bidang Layanan Sirkulasi yang disampaikan oleh Ibu Monalisa Fitri Andres, A.Md dan Ibu Leni Marsih, S.I.Pust.  Layanan sirkulasi bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand, merupakan tempat peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Saat ini perpustakaan unand telah menerapkan layanan mandiri, menggunakan komputer yang didukung oleh fasilitas internet. Jumlah maksimal peminjaman buku yaitu 4 buku dalam satu minggu dan memperpanjang peminjaman buku hanya boleh maksimal 2 kali. Layanan Sirkulasi juga melayani pembebasan peminjaman buku bagi mahasiswa yang ingin wisuda, dimana mahasiswa harus mengembalikan semua buku dan membayar semua denda(jika ada).

Lalu pada sesi kedua, yaitu Materi di Bidang Layanan Tata Usaha yang disampaikan oleh Ibu Yudelna, A.Md. Layanan Tata Usaha bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand, yaitu bidang yang melayani semua kegiatan administrasi di perpustakaan. Selain itu juga melayani aktivasi anggota bagi mahasiswa baru, serta melayani surat keterangan bebas perpustakaan.

Sesi ketiga, yaitu Materi di Bidang Layanan Pengolahan yang disampaikan oleh Bapak Dian Niko Putra, A.Md. Layanan Pengolahan bertempat di lantai 1 gedung perpustakaan unand. Pengolahan (processing) merupakan pekerjaan yang dimulai dari penerimaan koleksi di perpustakaan sampai dengan penempatan di rak atau tempat yang sudah disediakan untuk kemudian dilayankan. Pengentrian koleksi dilakukan melalui website http://katalog.pustaka.unand.ac.id/index.php yang terdiri dari Judul, Pengarang, Penerbit, Tahun Terbit, Tempat Terbit, ISBN, Klasifikasi, No panggil,  Subjek, Scan Cover Buku, Kode Eksemplar, Penempatan Lokasi Rak dan Status Eksemplar. Pada Bidang ini, tentunya harus sangat teliti dalam melakukan pengentrian koleksi, karena jika salah mengentri makan penempatan buku di rak tidak akan sesuai.

Sesi Keempat, yaitu Materi di Bidang Layanan Lokal Konten yang disampaikan oleh Ibu Marne Dardanellen, A.Md. Layanan Lokal Konten berada di lantai 4 gedung perpustakaan unand. Layanan ini bertugas menginput Skripsi atau Tugas Akhir Mahasiswa. Dalam menginput Skripsi/Tugas Akhir mahasiswa terdiri dari: Judul, Pengarang, Lokasi, Deskripsi Fisik(halaman, ukuran), No.panggil ( jika Skripsi maka kode nya S, Tesis S2, Disertasi S3), dan subjek. Lalu melakukan pemberian label berukuran 2 cm di skripsi yang telah mendapatkan No.panggil nya. Contoh: S 21 12 77686, yang berarti S adalah Skripsi, 21 adalah tahun wisuda, 12 adalah kode fakultas dan 77686 adalah ID mahasiswa. Layanan ini melayani Bebas Pustaka dengan syarat harus verifikasi No.id di ruang Automasi lantai 3 perpustakaan unand.

Selanjutnya, sesi kelima yaitu Materi di Bidang Layanan Referensi yang disampaikan oleh Ibu Zasmi Fitriani, A.Md. Layanan Referensi bertempat di lantai 2 gedung perpustakaan unand. Layanan Referensi melayankan/menyajikan koleksi referensi kepada para pemakai/pengunjung perpustakaan. Layanan referensi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya berisi tentang sumber-sumber atau rujukan yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu. Jenis Koleksi Informasi yang disajikan yaitu, Kamus, Ensiklopedi, Buku Pegangan (handbook), Almanak, Laporan Penelitian Ilmiah, Directory, Katalog Induk Sumber Biografi, Monograf, Terbitan Pemerintah, Majalah, Surat Kabar, dll. Dari semua jenis koleksi, kita harus bisa membedakan setiap jenis koleksi yang ada. Contohnya, Monograf yang pengarangnya hanya ada 1 dan yang dibahas lebih spesifik. Sedangkan terbitan pemerintah pengarangnya lebih dari 1, biasanya 3-10 orang.

Sesi keenam yaitu Materi di Bidang Layanan Automasi yang disampaikan oleh Bapak Beni Adri Yassin, S.Kom. Layanan Automasi bertempat di lantai 3 gedung perpustakaan unand. Layanan Automasi adalah sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi informasi (TI). Mahasiswa secara mandiri mengunggah softcopy karya ilmiah berupa Tugas Akhir (D3)/Skripsi (S1)/Thesis (S2)/Disertasi (S3) ke website e-Skripsi di http://scholar.unand.ac.id . File syarat mengupload Tugas Akhir yaitu: 1. Cover dan abstrak, 2. Bab 1, 3.Bab Akhir, 4.Daftar Pustaka, 5. Tugas akhir ilmiah utuh. Untuk mendapatkan bebas pustaka, mahasiswa harus verfikasi nomor id ke Ruang Automasi.

Setelah semua materi disampaikan, dan mahasiwa mencatat apa-apa saja yang telah mereka pahami. Lalu Bapak Beni meminta semua mahasiswa untuk mengumpulkan catatan mereka yang akan dinilai, setelah catatan dikumpulkan, Bapak Beni memberikan ujian berupa 10 pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sudah disampaikan tadi. Ujian berlangsung kira kira 15-20 menit, dengan bapak membacakan soal dan mahasiswa langsung menjawab di kertas ujian. Setelah ujian selesai, bapak Beni memeriksa hasil ujian dan catatan mahasiswa lalu mengumukan siapa yang memiliki Catatan Terbaik dan yang mendapatkan nilai ujian paling tinggi. Pemenang Catatan terbaik diraih oleh Siti Hafifah dan nilai tertinggi didapatkan oleh Fani Alivia dengan skor 84. Untuk mahasiswa yang meraih catatan terbaik dan mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan reward berupa buku bacaan. Dengan hal tersebut, maka berakhirlah kegiatan pembekalan materi pada hari kedua Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang tersebut.

 

 

 

Disusun Oleh: Siti Hafifah

Editor : Beni Adri Yassin, S.Kom

Read 1354 times