Rabu, 29 April 2020 16:51

Membuat Kombinasi Video Presenter & Bahan Presentasi Menggunakan Cyber Link Youcam

Penerapan metode video conference dalam pelaksanaan kuliah daring banyak dikeluhkan oleh mahasiswa. Besarnya biaya yang harus mereka keluarkan untuk membeli paket data internet, disamping terbatasnya kekuatan sinyal internet operator seluler di beberapa daerah, merupakan penyebabnya. Di sisi lain metode ini banyak direkomendasikan oleh pimpinan perguruan tinggi. Bahkan di beberapa kampus metode ini wajib dilaksanakan, walaupun dengan durasi waktu yang terbatas.

Seperti yang kita ketahui Unand telah menerapkan kuliah daring sejak tanggal 18 Maret 2020 yang lalu, guna mengantisipasi merebaknya pandemi COVID-19 di Sumatera Barat. Menyikapi kebijakan tersebut, berbagai metode dan aplikasi telah diterapkan dalam penyelenggaraan kuliah daring tersebut. Ada yang menggunakan video conference, dengan mamanfaatkan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, Skype dll., ada juga yang menggunakan aplikasi e-learning, yang sudah ada di kampus masing-masing, dan Google Classroom, ada juga yang menggunakan aplikasi social media, seperti Whatsapp Group.

Ada satu lagi metode yang bisa diterapkan untuk mengatasi dilema antara tuntutan penerapan metode video conference dan besarnya konsumsi bandwidth. Dalam hal ini dosen dituntut lebih kreatif, dengan membuat video bahan ajar, yang mengkombinasikan antara video presentasi materi dengan video pemateri (speaker). Hasilnya dibagikan kepada mahasiswa, baik melalui fasilitas whatsapp group, maupun dengan mengunggahnya melalui Youtube.

Metode ini bisa sedikit lebih menghemat pemakaian data. Dengan durasi sekitar 15 menit, akan menghasilkan file video dengan ukuran sekitar 40 MB. Bandingkan dengan video conference, yang membutuhkan durasi yang lebih lama. Dengan durasi 40 menit bisa menyedot data lebih dari 1 GB. Bayangkan seandainya 1 orang mahasiswa dengan 6-8 mata kuliah seminggu, berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk membeli paket internet. Selain itu keuntungan lainnya video tersebut bisa diputar secara berulang oleh mahasiswa.

Salah satu aplikasi yang cukup bagus dan penulis rekomendasikan dalam membuat video bahan ajar adalah cyber link youcam. Aplikasi ini cukup sederhana dengan interface yang mudah dipahami. Hasilnya pun cukup memuaskan dengan kualitas gambar yang bersih, dan suara yang cukup baik.

Jangan ragu, di bawah ini kami cantumkan alamat untuk mendownload aplikasi & video tutorial penggunaannya.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui link: http://www.mediafire.com/file/y3edvunznir5a25/YouCam_5_Deluxe.rar/file

Tutorial penggunaan aplikasi ini bisa ditonton melalui :

 

Read 152 times