Senin, 08 April 2019 11:16

Dosen Fakultas Ilmu Budaya Mengikuti Workshop ORS

Workshop Online Research Skill (ORS) dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mencari dan mengelola sumber referensi ilmiah, yang saat ini sebagian besar tersedia secara online.  informasi tersebut, seperti artikel jurnal ilmiah, ebook, prosiding konferensi, tesis, disertasi dan lain-lain, sebenarnya dapat diakses dan diunduh secara gratis dalam bentuk fulltext (teks lengkap) melalui jurnal yang dilanggan oleh Unand, fakultas, Kemristekdikti, maupun Perpustakaan Nasional.

Akan tetapi sebagian besar civitas akademika Unand masih belum memanfaatkannya dengan baik. Disamping faktor kurangnya sosialisasi, butuh skill atau strategi tertentu untuk dapat memperoleh sumber referensi yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.
Oleh karena UPT Perpustakaan dan Fakultas Ilmu Budaya bekerjasama dalam melaksanakan Workshop ORS yang dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2019 di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang dosen FIB. Bertindak sebagai nara sumber, Andi Saputra, M.Kom, Pustakawan Muda UPT Perpustakaan Unand, yang didampingi oleh staf bidang IT, Beni Adri Yassin, S.Kom.

Materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut terdiri dari : (1) Pentingnya ORS dalam mendukung kegiatan penelitian dosen; (2) Strategi dalam mencari sumber referensi ilmiah di Science Direct; (3) Mengelola sumber referensi menggunakan aplikasi referensi manager. Peserta cukup antusias dalam mengikuti workshop tersebut. Menurut mereka materi yang disampaikan cukup menarik dan sangat bermanfaat untuk mempermudah mereka dalam menyusun laporan penelitian.

 
Menurut Drs. Ferdinal, M.A., Ph.D., wakil dekan I FIB, kegiatan ini tidak cukup kalau hanya dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan saja. Perlu dilakukan workshop tahap selanjutnya untuk lebih meningkatkan lagi skill dan pemahaman dosen dalam mencari dan mengelola sumber referensi ilmiah.
Read 179 times