Kamis, 28 Maret 2019 11:52

Temukan Sumber Referensi Dengan Metrik Google Scholar

Google Scholar merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi para akademisi, mahasiswa, dan peneliti.  Salah satu fitur andalan Google ini menyediakan cara yang sederhana untuk mencari literatur ilmiah secara luas dari berbagai disiplin ilmu, dan sumber referensi.  Jenis literur yang bisa diakses, berupa artikel, tesis, buku, abstrak, dan putusan pengadilan, dll. yang diterbitkan/ditulis oleh akademisi, masyarakat profesional, repositori online, universitas, dan situs web lainnya.
 
Fitur yang dimiliki oleh Google Scholar memudahkan kita dalam mencari semua literatur ilmiah dari satu tempat dengan cara yang sederhana. Kita bisa menjelajahi karya terkait, kutipan, penulis, dan publikasi dari sebuah artikel, mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang penelitian apa pun.
 
Bagi penulis, Google Scholar menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui siapa yang mengutip publikasi yang dimilikinya. Kita juga bisa membuat profil publik di Google Scholar sesuai dengan kajian atau bidang ilmu yang kita miliki dan menemukan sumber-sumber penelitian ilmiah yang relevan di seluruh dunia.
 
Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Google Scholar yang patut kita ketahui adalah Metics. Metrics bisa kita akses melalui menu yang ada di sudut kiri atas laman Google Scholar. Fitur ini khusus untuk pencarian artikel jurnal. Metics merangkum kutipan terbaru publikasi ilmiah, untuk membantu penulis mempertimbangkan di mana akan mempublikasikan penelitian mereka. Data disajikan berupa 100 publkasi ilmiah teratas berdasarkan jumlah kutipan yang dihitung menggunakan h-indeks dan h-median. Tanggal dan jumlah kutipan diperkirakan dan ditentukan secara otomatis menggunakan program komputer.
 
Melalui fitur ini kita juga bisa melihat artikel yang paling banyak dikutip dan siapa/artikel mana saja yang mengutipnya. Jangan salah, fitur Metrics ini juga memungkinkan kita mencari artikel berdasarkan bahasa yang digunakan. Bahasa Indonesia ada ngak ya? Ya adalah…, walaupun jumlah artikelnya belum terlalu banyak. Juga tersedia menu kategori yang memudahkan kita menjelajahi publikasi di bidang penelitian yang diminati berdasarkan area penelitian/bidang ilmu tertentu.  Akan tetapi fitur ini baru bisa digunakan untuk koleksi berbahasa Inggris.
 
Sangat membantu bukan, tunggu apa lagi..? Ayo segera temukan sumber referensi yang Anda butuhkan di Metics Google Scholar.
Read 269 times