Sosialisasi Perpustakaan Universitas Andalas Tahun 2018

14 September 2018

Sosialisasi perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan satu kali dalam satu tahun oleh UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Kegiatan ini bisa dikatakan agenda wajib bagi UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, peran perpustakaan mesti seimbang dengan kemajuan teknologi.

Sosialisasi Perpustakaan tahun ini dibuka langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Andalas Bapak Yasir, S.Sos pada tanggal 02 September 2018. Sosialisasi berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 2, 8 dan 9 september 2018 yang diselenggarakan di Gegung Perpustakaan Universitas Lantai 5. Kegiatan ini diikuti oleh  fakultas pertanian, fakultas kedokteran, fakultas tenologi informasi, fakultas teknik, fakultas farmasi, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas peternakan, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas teknologi pertanian, fakultas hukum, fakultas kedokteran gigi, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas keperawatan, fakultas ekonomi, fakultas ilmu budaya dan fakultas kedokteran umum. Sosialisasi ini diselenggarakan dengan tema Mengkampanyekan #2018antiplagiat. 
 
Sosialisasi Perpustakaan ini ditujukan dan diutamakan kepada mahasiswa baru Universitas Andalas dengan harapan agar mahasiswa baru Universitas Andalas mampu mengenal, memahami dan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Universitas Andalas. Selama berlangsungnya acara sosialisasi ini, banyak tanggapan, pertanyaan, kritik dan saran yang disampaikan oleh peserta sosialisasi, Itulah yang menjadi penyebab hidupnya suasana acara ini. Pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah :
1. Bagaimana cara menjadi anggota aktif Perpustakaan Universitas Andalas?
2. Bagaimana prosedur peminjaman dan pengembalian buku?
3. Bagaimana jika buku rusak atau hilang?
4. Bagaimana jika terlambat mengembalikan buku?
5. Bagaimana cara menggunakan fasilitas yang ada di UPT Perputakaan Universitas Andalas?
6. Bolehkan selain mahasiswa Universitas Andalas meminjam buku?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh peserta sosialisasi berlangsung. Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dijawab dan dijelaskan oleh Narasumber kegiatan sosialisasi yaitu Bapak Andi Saputra, M.kom, Bapak Beni Adri Yassin A.Md, Bapak Vebi Dwi Putra, A.Md dan Ibu Rahmadeli, ST, Ibu Rahmayeni, SE, Ibu Periyeti, S.Sos, Ibu Marne Dardanellen dan Ibu Yudelna, A.Ma berdasarkan aturan dan sanksi yang diberlakukan oleh pihak Perpustakaan Universitas Andalas.

Setelah selesainya acara sosialisasi ini, Narasumber memberikan kesimpulan himbauan dan harapannya agar semua mahasiswa Universitas Andalas mampu memaksimalkan fungsi dari pelayanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh UPT Perpustakan Univesitas Andalas.
 
Read 60 times