Top 10 Website Paling Populer di Dunia

07 Jun 2018
Salah satu cara untuk mengukur tingkat popularitas sebuah website adalah dengan menghitung jumlah traffic atau kunjungan ke website tersebut dalam jangka waktu tertentu. Saat ini cukup banyak platform untuk mengukur traffic dari sebuah website. Yang paling terkenal ada Google Analytics, SimilarWeb, dan Alexa. Mereka mengukur kinerja website menggunakan berbagai macam indikator, seperti traffic share, jumlah pengunjung, ranking, serta perbandingan antar website. Laporan yang disajikan dikelompokkan ke dalam berbagai macam kriteria, seperti negara, jenis website, serta perangkat yang digunakan.

Kali ini kita akan mengukur kinerja website menggunakan SimilarWeb.com. Platform ini mengukur kinerja website berdasarkan traffic share atau persentase jumlah pengunjung website. Menariknya SimilarWeb selalu mengupdate datanya setiap bulan. Data terakhir yang disajikan menempatkan Google.com di posisi teratas, dengan traffic share 9,61% dan jumlah pengunjung mencapai 41,89 Miliar per bulan. Jumlah tersebut jauh mengungguli Facebook.com dan Youtube.com di tempat kedua  dan ketiga. Untuk lebih jelasnya berikut disajikan 10 besar website paling diminati oleh netizen di seluruh dunia.
  1. google.com --> 9.61%
  2. facebook.com --> 5.22%
  3. youtube.com --> 5.15%
  4. baidu.com --> 2.66%
  5. wikipedia.org --> 1.23%
  6. yahoo.com --> 1.07%
  7. twitter.com --> 0.87%
  8. google.co.in --> 0.77%
  9. google.com.br --> 0.73%
  10. xvideos.com --> 0.70%
 
Pada daftar di atas terlihat dominasi Google.com Sebagai mesin pencarian terpopuler di dunia, google menempatkan 3 domainnya sebagai 10 besar situr terpopuler di dunia.  Traffic share-nya jauh melampaui search engine lain seperti Baidu.com dan Yahoo.com yang berada di peringkat 4 dan 6. Untuk kategori media sosial ada 3 domain yang masuk 10 besar. Facebook.com dan Youtube.com bersaing ketat di posisi 2 dan 3, serta Twitter.com di posisi 7 dengan 3,78 Miliar pengguna.

Selain mengukur traffic share domain global, SimilarWeb juga menghitung traffic share pengguna website berdasarkan negara. Dari total 41,89 M pengguna Google, ternyata traffic share terbesar berasal dari United States (USA). Sebesar 32,89% pengguna Google berasal dari negeri Paman Sam tersebut. Di tempat kedua Brazil 4,42%, disusul oleh India 4,20%, United Kingdom 3,22% dan France 2,90%. Lantas bagaimana dengan Indonesia. Ternyata dari total pengguna Google 0,70% hanya berasal dari Indonesia, peringkat 14 di dunia.
Read 310 times