Fasilitas

Perpustakaan ditunjang dengan fasilitas pendukung yang berfungsi untukmemudahkan pemustaka dalam penelusuran informasi dan koleksi, serta membantu memberikan kenyamanandan keamanan selama berada di perpustakaan. Adapun fasilitas yang tersedia adalah sebagai berikut:

1.    Loker   
Saat ini baru tersedia sekitar 80 unit loker penyimpanan tas/barang pengunjung yang terletak di setiap lantai. Tiap loker memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga dapat digunakan 2 sampai 3 orang.


 
2.    Flap Barrier/Automatic Gate
Merupakan gerbang otomatis tipe flap barrier yang berfungsi untuk mencatat data pengunjung secara elektronik. Pemustaka yang ingin memasuki gedung perpustakaan harus menscan barcode kartu anggota pada flap barrier. Anggota yang tidak (belum) memiliki kartu anggota perpustakaan/KTM, dapat mengetikkan nomor BP pada komputer yang tersedia. Pemustaka dari luar Universitas Andalas harap melapor kepada petugas.


 
3.    Website/Laman: http://pustaka.unand.ac.id
Laman Perpustakaan menyediakan fasilitas berupa web link data site, data base ejournal berlangganan (ProQuest, ScienceDirect, Garuda, Ejournal Unand), open access ejournal database, serta database lain. Laman Perpustakaan juga merupakan salah satu wadah komunikasi dan promosi perpustakaan. Di samping itu, juga terdapat menu Upload Tugas Akhir, Kotak Saran, dan Usulan Pengadaan Buku baru. Laman Perpustakaan juga dapat diakses menggunakan smartphone android, dengan cara mengunduh aplikasi “Pustaka Unand” di Google Play. Website perpustakaan menyediakan akses ke Katalog bersama unand, akses lokal konten, koleksi e-book, tugas akhir elektronik, laporan hasil penelitian dan pengabdian dosen Unand, serta koleksi-koleksi ke-Minangkabau-an (Minangkabausiana).



4.    OPAC (Online Public Access Catalogue)
Merupakan katalog daring/online berbasis web menggunakan software SLiMS (Senayan Library Management System) yang dapat diakses melalui laman http://katalog.pustaka.unand.ac.id. OPAC dapat digunakan untuk menelusuri keberadaan dan ketersediaan koleksi.Berikut tampilan katalog daring perpustakaan Universitas Andalas. Pada tampilan awal ini terdapat Mesin Pencari Utama yang berguna untuk melakukan pencarian secara umum dan luas.
 
OPAC juga dilengkapi dengan katalog bersama yang dapat digunakan untuk mengakses koleksi yang tersedia di ruang baca fakultas/jurusan. Disamping itu juga dengan perpustakaan perguruan tinggi lain yang sudah terkoneksi dengan perpustakaan Universitas Andalas. Katalog bersama dapat di akses pada alamat http://opac.pustaka.unand.ac.id.


5.    Lobi
Perpustakaan Universitas Andalas memiliki Lobi yang berfungsi sebagai ruang tunggu. Ruangan ini didesain senyaman dan semenarik mungkin dengan dilengkapi sofa dan meja. Tersedia juga 4 (empat) unit komputer OPAC untuk penelusuran koleksi perpustakaan.


 
6.    Ruangan Baca full wifi
Perpustakaan menyediakan ruang baca terbuka pada setiap lantai. Letak ruang baca terpisah dari ruang koleksi. Setiap ruang baca menyediakan meja, kursi, meja kubikus, jaringan listrik dan wifi hotspot.

 

7.    Komputer Internet Gratis
Perpustakaan menyediakan 60 unit perangkat komputer untuk mengakses internet secara gratis.  Fasilitas komputer tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses koleksi digital yang tersedia.


8.    Ruangan Diskusi Tertutup
Ruangan ini disediakan untuk menunjang kegiatan diskusi dan belajar kelompok mahasiswa. Bagi yang ingin menggunakan ruang ini harus mengajukan permohonan (booking pemakaian) terlebih dahulu ke bagian administrasi dan perlengkapan perpustakaan.
Terdapat 2 unit ruangan diskusi dengan kapasitas masing-masing 15 dan 30 orang yang dilengkapi dengan AC, whiteboard dan LCD Proyektor.  Ruangan ini berada pada lantai III (tiga) gedung perpustakaan.
 


9.    Ruang Pertemuan
Gedung Perpustakaan mempunyai Ruang Pertemuan dengan kapasitas 500 orang yang berada di lantai 5 (lima). Ruangan ini dilengkapi dengan sound system, 2 (dua) LCD proyektor, LCD TV, mikrofon meja, wifi, dan AC. Pada samping kiri dan kanan ruangan ini terdapat ruangan tunggu dan ruangan makan.



10.    Photocopy Center
Merupakan fasilitas yang tersedia di perpustakaan yang dapat dimanfaatkan untuk memfotokopi buku pada koleksi cadangan/majalah/surat kabar/jurnal dan koleksi lain yang tidak dapat dipinjamkan untuk dibawa pulang. Biaya yang dikenakan sesuai harga standar yang berlaku umum.


11.    Fasilitas Pendukung (Lift, Mushalla dan Toilet)
Gedung Perpustakaan dilengkapi dengan 2 (dua) unit lift, serta musholla dan toilet pada setiap lantai.

Read 3450 times