21 September 2016
Rate this item
(0 votes)

Dalam rangka Hari Minat Baca Buku sedunia yang jatuh pada tanggal 25 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Minangkabau Corner dan Perpustakaan Universitas Andalas mengadakan "Lomba Desain Poster Bertemakan Minat Baca Mahasiswa"dengan total hadiah Rp6.000.000 untuk 3 orang pemenang. Berikut syarat dan ketentuan lomba:

Persyaratan:

  1. Peserta adalah mahasiswa Universitas Andalas yang aktif dan terdaftar pada semester ganjil TA 2016/2017.
  2. Masing-masing peserta dapat mendaftarkan maksimal 2 jenis karya disain poster kepada panitia.
  3. Masing-masing disain poster yang didaftarkan oleh satu orang peserta harus memiliki perbedaan dalam hal ukuran kertas dan disain.
  4. Peserta menyerahkan masing-masing karya poster dalam bentuk hard copy dan soft copy;
    1. Hard copy: Masing-masing poster dicetak sebanyak 2 rangkap di atas kertas yang berukuran: (1) 16R (40,64 x 50,8 cm) (P/L) atau (2) 20R (50,8 x 60,96 cm) (P/L)
    2. Soft copy: Peserta menyerahkan soft copy karya poster yang disimpan dalam file (JPEG dan GIF) dan master disain karyanya dalam program yang digunakan (photoshop, corelDraw atau lainnya). Material softcopy disimpan di dalam sebuah cd/dvd dan diserahkan kepada panitia.
  5. Masing-masing karya disain poster berbentuk 2D / 3D.
  6. Tema poster “Minat Baca Mahasiswa”.
  7. Seluruh peserta wajib mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan Panitia.
  8. Pendaftaran dapat dilakukan di sekretariat lomba: Minangkabau corner atau Ruang Automasi UPT Perpustakaan Universitas Andalas Lt. 3, Kampus UNAND Limau Manih Padang dengan membayar biaya pendaftaran peserta Rp. 50.000.- (Lima puluh ribu rupiah) per karya.
  9. Semua berkas pendaftaran (form R1, R2, R3 dan bukti bayar) harus diserahkan kembali kepada Panitia Lomba Poster, pada hari dan jam kerja sebelum tanggal pendaftaran ditutup.
  10. Apabila berkas-berkas pendaftaran dan karya poster tidak dikembalikan dan diserahkan hingga batas waktu pendaftaran, maka panitia akan mendiskualifikasi peserta dari lomba.
  11. Peserta menjelaskan ide dan gagasan karya yang diciptakannya dalam sebuah karangan ringkas maksimal 1 halaman kuarto, lengkap dengan sumber gambar (apabila ada).
  12. Peserta yang melanggar poin 1 sampai 11 akan didiskualifikasi dari lomba.
  13. Peserta dan atau pemenang yang didiskualifikasi wajib mengembalikan hadiah lomba kepada panitia lomba.

Petunjuk Teknis

  1. Masing-masing peserta dapat mengikut sertakan maksimal 2 (dua) karya poster.
  2. Setiap poster yang didaftarkan dalam lomba memiliki perbedaan dalam hal ukuran kertas dan disain,
  3. Content atau isi poster tidak mengandung hal-hal yang kontroversial, tidak berbau politik dan tidak menyinggung dan atau melecehkan suku, agama, dan ras tertentu.
  4. Peserta dapat mendaftarkan diri beserta karyanya langsung ke panitia lomba di sekretariat panitia yang tertera di pengumuman ini.
  5. Peserta wajib mengisi, menandatangani dan menyerahkan kembali semua berkas pendaftaran (form R1, R2, R3 dan bukti bayar) kepada panitia lomba sebagai tanda keikutsertaan dalam lomba.
  6. Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 15 September 2016 dan ditutup tanggal 20 Oktober 2016 pukul 16.00 WIB.
  7. Semua persyaratan pendaftaran yang tidak lengkap, tidak akan ditindaklanjuti.
  8. Peserta dianggap gugur apabila:
    a.    Mengundurkan diri,
    b.    Karya disain poster yang diikutsertakan dalam lomba dikembalikan karena tidak sesuai dengan ketetapan lomba,
    c.    Didiskualifikasi dari lomba,
  9. Peserta dapat mengajukan pengunduran diri dari lomba sebelum masa pendaftaran berakhir.
  10. Pengunduran diri dilakukan secara tertulis dengan menyebutkan alasan yang jelas.
  11. Agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta, peserta wajib menyertakan keterangan sumber gambar, simbol atau lainnya yang dipergunakan dalam disain, semua informasi tersebut tertera dalam karya tulis peserta.
  12. Panitia akan mendiskualifikasi peserta apabila ditemukan pelanggaran hak cipta dalam karya poster yang diikutsertakan.
  13. Semua biaya yang dikeluarkan untuk karya poster, sepenuhnya menjadi tanggungan peserta.
  14. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  15. Setiap karya yang telah memenuhi kriteria penilaian yang ada di dalam petunjuk pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Lomba, sepenuhnya menjadi milik panitia,
  16. Kriteria Penilaian: Poin penilaian 1 – 100 poin, dengan rincian:
    a.    Kreatifitas dalam menuangkan ide dan gagasan (nilai makasimal 35%)
    b.    Estetika dan keseimbangan (warna, gambar dan teks), nilai maksimal 35%
    c.     Penggunaan bahasa dan ketersampaian pesan (nilai maksimal) 30%
  17. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  18. Pemenang akan diumumkan melalui web Perpustakaan Unand

    http://pustaka.unand.ac.id

  Blangko dan Formulir Berkas Pendaftaran (R1, R2, dan R3) Dapat
  Didownload
Pada Menu Download Attachments Di Bawah :

31 Agustus 2016
Rate this item
(0 votes)

Mahasiswa Baru Universitas Andalas BP 2016 dapat mengaktivasi keanggotaan di Bidang Layanan Administrasi dan Tata Usaha, lantai 1 Gedung Perpustakaan Universitas Andalas. Mahasiswa yang belum mengaktivasi keanggotaan tidak dapat meminjam buku di perpustakaan.

Berikut Jadwal Aktivasi Keanggotaan:

Hari Jam
Senin s.d Jumat 08.00 - 16.00 wib

 

 

 

15 Juli 2016
Rate this item
(0 votes)

Jumat, 15 Juli 2016 di Masjid Al-Jadid telah diserahkan koleksi buku sumbangan dari Universitas Andalas yang dilatarbelakangi permohonan Pengurus Mesjid Al-Jadid kepada Tim Satu Safari Ramadhan Universitas Andalas untuk menyumbangkan koleksi buku dalam rangka pengembangan perpustakaan mesjid. Kegiatan penyerahan koleksi ini diserahkan sebelum shalat jumat dilaksanakan, dimana, Kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Drs.Yasir, S.Sos;  menyerahkan kepada Pengurus Mesjid Al-Jadid yang diwakili oleh Zainal Munir, Spdi. Sebelum Khutbah Jumat pengurus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Andalas yang mana pada bulan Ramadhan telah menyumbangkan material semen untuk pembangunan Mesjid Al-Jadid. Turut hadir dalam kegiatan ini Gusmir, S.Sos (Kasubag Tata Usaha Perpustakaan Universitas Andalas), Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos (Kepala Bidang Pengolahan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Universitas Andalas), Vebi Dwi Putra, Amd (Staf IT Perpustakaan Universitas Andalas) dan seorang Staf Humas Universitas Andalas.

03 Jun 2016
Rate this item
(0 votes)

Pada tanggal  2 s.d 3 Juni 2016, Kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Drs.Yasir, S.Sos dan staf yang terdiri dari Syafiardi, S.H, S.Sos ; Yoserizal S.Sos ; Iswadi Syahrial Nupin, S.Sos dan Roni Purnama, A.Md; telah melakukan kunjungan ke Kampus II Payakumbuh. Kunjungan ke Kampus II Payakumbuh ini bertujuan untuk menyumbangkan koleksi Perpustakaan Universitas Andalas ke Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Peternakan Universitas Andalas agar dapat manfaatkan oleh pemustaka yaitu sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Peternakan.

Kampus II Payakumbuh yang pertama dikunjungi adalah Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Kampus II Payakumbuh ini berada di Jalan Ade Irma Suryani. Fakultas Ekonomi memiliki dua Program Studi yakni Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. Rombongan Perpustakaan Universitas Andalas disambut oleh Weriyantoni, SE, MSi yaitu Koordinator Perpustakaan Fakultas Ekonomi  Universitas Andalas dan Pambirin, petugas Perpustakaan Fakultas Ekonomi. Weriyantoni, SE, MSi memberikan penjelasan bahwa di Fakultas Ekonomi saat ini memiliki mahasiswa 680 Orang. Dosen program studi Manajemen berjumlah 11 orang sedangkan Ekonomi Pembangunan berjumlah 4 Orang yang semuanya pulang pergi dari Padang ke Payakumbuh. Sebagian dari dosen tersebut ada yang home base di Payakumbuh. Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Andalas berasal dari hibah Pemerintah Kota Payakumbuh. Luas Perpustakaan adalah 8 x 4 meter persegi. Setelah acara serah terima buku sumbangan secara simbolis, diadakan diskusi ringan antara Koordinator Perpustakaan Fakultas Ekonomi Kampus II Payakumbuh dengan Kepala Perpustakaan Universitas Andalas dan rombongan. Weriyantoni, SE, MSi mengeluhkan sulitnya mengakses e-journal diluar Kampus Universitas Andalas di Padang karena adanya permintaan password di website Perpustakaan Universitas Andalas. Sebagai solusi, Yoserizal, S.Sos memberikan keterangan dan solusi bahwa untuk akses e-Journal  di luar Kampus Universitas Andalas wajib meminta password kepada LPTIK (Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi) Universitas Andalas.

Setelah berkunjung ke Fakultas Ekonomi, Kepala Perpustakaan Universitas Andalas dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh. Fakultas Peternakan Kampus II Universitas Andalas berada di Jalan Rasuna Said. Di Fakultas tersebut Kepala Perpustakaan dan rombongan disambut oleh Prof.Dr.Ir Khalil M.S, Dosen Fakultas Peternakan sekaligus Koordinator Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, Netty Herawati staf sekretariat, dan Suwarno, staf Administrasi Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh.

Dalam kunjungan ke Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, Drs.Yasir S.Sos, Kepala Perpustakaan Universitas Andalas, menyampaikan pernyataan bahwa dalam rangka pengembangan Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas kampus II Payakumbuh dikirimkan koleksi Perpustakaan Universitas Andalas untuk dapat dimanfaatkan pemustaka yakni sivitas akademika Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh. Program studi yang disediakan di Kampus II Payakumbuh adalah ilmu ternak. Kepala Perpustakaan Universitas Andalas juga menyampaikan kepada Prof.Dr.Ir Khalil, M.S agar staf Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh agar dapat menikuti training di Perpustakaan Universitas Andalas. Sebagai usulan Perpustakaan Universitas Andalas akan memberikan beberapa rak buku kepada Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh. Usulan ini mendapat respon positif dari Koordinator Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, Prof.Dr.Ir.Khalil M.S. Rak buku tersebut dapat dijemput ketika tim kerja Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Andalas Limau Manis.

Sebagai tambahan informasi bagi Prof.Dr.Ir Khalil, M.S; dijelaskan oleh Yoserizal, S.Sos selaku Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Universitas Andalas bahwa telah dipersiapkan database khusus untuk Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh  agar dapat dimanfaatkan staf Perpustakaan Fakultas Peternakan dalam melakukan entri data koleksi ke database.

Prof.Dr.Ir Khalil mengucapkan terima kasih dan menyatakan bahwa dengan adanya sumbangan buku-buku dari Perpustakaan Universitas Andalas setidaknya mahasiswa dapat terbantu dan dengan mudah dapat menyelesaikan tugas-tugasnya. Selama ini dalam menyelesaikan tugas-tugas mahasiswa bergantung kepada internet dan informasi diinternet tidak selalu benar. Sebagai informasi tambahan dari bincang sore dengan Profesor Dr.Ir Khalil, M.S dijelaskan bahwa Universitas Andalas ada rencana mendirikan Fakultas Farmasi di Kampus II Payakumbuh. Disamping itu jumlah mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh berjumlah 375 Orang sedangkan jumlah dosen yang home base 9 orang dan yang lainnya berasal dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang.

Prof.Dr.Ir Khalil M.S sangat mengharapkan adanya Sosialisasi Perpustakaan untuk Pemustaka Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh. Kepala Perpustakaan Universitas Andalas, Drs.Yasir, S.Sos menjelaskan bahwa Sosialisasi bagi pemustaka diadakan pada saat Bakti Kampus dan juga Perpustakaan Universitas Andalas memiliki rencana untuk mengadakan literasi Informasi untuk dosen dan sivitas akademika yang berkuliah di Strata dua dan tiga. Literasi informasi ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. (Iswadi)