Items filtered by date: September 2017
28 September 2017 In Berita dan Peristiwa

Jurnal INTEGRITAS digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan terbit pertama kali pada tahun 2015. Jurnal ini lahir untuk merespons kebutuhan para stakeholder antikorupsi terutama akademisi yang membutuhkan wadah untuk mengkomunikasikan hasil penelitian atau kajian ilmiahnya. KPK memahami potensi besar para mahasiswa, akademisi, dan peneliti yang mampu melahirkan pemikiran dan gagasan yang segar. Latar belakang keilmuan yang dimiliki masyarakat akademik, sudah selayaknya dapat menjadi bekal untuk menciptakan karya ilmiah yang mendukung upaya pemberantasan korupsi.

KPK mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menyusun karya-karya ilmiah bertemakan korupsi dan pemberantasan korupsi untuk dapat dipublikasikan ke dalam Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS.

Pedoman Penulisan

  1. Tipe huruf Times New Roman ukuran font 12 spasi 1,5. Kertas ukuran A4 dengan format 1 kolom, margins top 2,5cm; left 2,5 cm; bottom 2,5 cm; right 2,5 cm
  2. Ditulis dalam format jurnal dengan sistem baris kredit (byline)
  3. Abstrak/sinopsis maksimal 400 kata dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), diikuti sedikitnya 4 kata kunci (keywords) Daftar Pustaka memuat sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel
  4. Panduan Lengkap Penulisan jurnal INTEGRITAS dapat dipelajari pada LINK INI

 Syarat dan Ketentuan

  1. Merupakan karya ilmiah original, hasil pemikiran atau hasil riset empiris, dan tidak mengandung unsur plagiarism.
  2. Belum pernah dipublikasikan sebagian atau seluruhnya di jurnal lain, media cetak, buku, handout atau seminar.
  3. Ditulis dalam Bahasa Indonesia, terdiri dari 5000-8000 kata maksimal 20 halaman.
  4. Hak penerbitan dan publikasi atas artikel yang terpilih menjadi hak milik Komisi Pemberantasan Korupsi.
  5. Artikel dalam file format word (.doc, .docx atau .rtf) dan identitas penulis (CV) dikirim melalui email yang ditujukan kepada: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  6. Ketentuan lengkap dapat dibaca DI SINI

 Bidang Kajian Ilmu

  • Hukum
  • Sosial Politik
  • Manajemen
  • Administrasi
  • Akuntansi

 Download Template Jurnal INTEGRITAS pada LINK INI

 

Kontak Penerbit:

Tim Pengelola Jurnal Antikorupsi
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Jl. Kuningan Persada Kav. 4, Setiabudi
Jakarta 12950
Telp. +62 21 2557 8300
Faks. +62 21 5289 2456
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

27 September 2017 In Berita dan Peristiwa

Perpustakaan Universitas Andalas (Unand) mengutus 4 (empat) perwakilan untuk mengikuti Semiloka Nasional kepustakawanan Indonesia (Semiloka) dan Musyawarah Nasional (Munas) FPPTI 2017 bertema “The Future of Indonesian Librarianship: Think Innovation and Change” di IPB, Bogor, Jawa Barat, Senin-Rabu (18-20/9). Rombongan dipimpin oleh Kepala Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos., yang didampingi oleh 2 (dua) orang pustakawan, Armaida, A.Ma., dan Nani, A.Md, serta seorang arsiparis, Dahliar.

Dalam rombongan, ikut serta sebagai pemakalah call for paper, Kordinator Bidang IT Perpustakaan Unand, Andi Saputra, M.Kom. Andi tampil sebagai pemakalah pada Semiloka dan Munas FPPTI 2017 setelah karya tulisnya yang berjudul "Kemas Ulang Kriteria Pemilihan Pemustaka Berprestasi Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan" disetujui untuk dipresentasikan. Makalah tersebut telah terbit di Jurnal of Documentation and Information Science (JODIS) terbitan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII). Kegiatan ini menampilkan 14 orang pemakalah call for paper, 5 (lima) diantara makalah yang ditampilkan terbit di JODIS.

Semiloka dan Munas FFPTI 2017 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Ilmu perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII). Tema yang diangkatkan bertujuan sebagai upaya mewujudkan upaya profesionalisme para pengelola informasi, pustakawan, record specialist, dan arsiparis dalam melakukan inovasi dan perubahan untuk meningkatkan kinerja masing-masing instansi atau perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini meliputi seminar, lokakarya, training, presentasi "Call for Paper", Pemilihan Pustakawan Berprestasi (Indonesian Academic Librarian Award) versi FPPTI, serta Musyawarah Nasional FPPTI.

Sekembalinya dari Semiloka dan Munas FPPTI, Kepala Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos menyatakan bahwa pustakawan perguruan tinggi di Sumatera Barat (Sumbar) perlu memiliki wadah yang menampung dan mendukung untuk terus berinovasi. Oleh sebab itu, Yasir menargetkan agar tahun depan, 2018, telah terbentuk FPPTI Wilayah Sumbar. Dalam hal ini, Perpustakaan Unand sebagai ujung tombak penggerak pembentukannya. (MP)

 

19 September 2017 In Resensi Buku

  • Pengarang: Subowo
  • Penerbit: Sagung Seto
  • Tempat Terbit: Jakarta
  •  ISBN: 978-602-271-030-1

 

Imunologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mengalami perkembangan sangat cepat; dalam perkembangannya melahirkan berbagai cabang imunologi yang dimaksud untuk lebih memperdalam salah satu aspek dari imunologi tersebut. Namun imunobiologi yang mendasari cabang imunologi tersebut sangat penting dipelajari agar lebih mudah dalam memahami cabang-cabang tersebut. Adanya perkembangan dalam imunologi tadi, imunobiologi pun tidak luput dari kepesatan lajunya. Buku ini disusun bagi mahasiswa yang ingin mendalami konsep imunobiologi pada umumnya, dengan tujuan memberikan dasar tentang konsep-konsep pada imunologi. Selain itu buku ini dimaksudkan sebagai bekal bagi mereka yang hendak menekuni imunologi secara mandiri melalui karya-karya tulis dari berbagai aspek yang mereka minati. Buku ini disusun dengan bahasa Indonesia yang sederhana agar lebih mudah dipahami.

19 September 2017 In Resensi Buku

  • Pengarang: Kenneth Newton; Jan W.Van Deth
  • Penerbit: Nusamedia
  • Tempat Terbit: Bandung
  •  ISBN: 978-602-6913-07-4

 

Buku Perbandingan Sistem Politik : Teori dan Konsep ini memuat banyak negara-negara demokrasi dengan contoh yang diambil dari berbagai belahan dunia. Buku ini kaya akan informasi, disusun dengan cermat dan mudah dibaca, disertai daftar definisi dan istilah. Di dalamnya juga terdapat banyak tema yakni desain konstitusi dan institusi, politik massa dan elit; pengambilan kebijakan dan pelaksanaan; dan masa depan negara dan demokrasi di dunia yang kian mengglobal. Dalam buku ini, terdapat bab yang mengkaji perbandingan politik dan ada pula bagian ringkasan judul Apa sajakah yang telah kita pelajari? dan 'Pelajaran Perbandingan' yang membantu mahasiswa mengikhtisarkan tiap-tiap Bab. Dengan memadukan fakta dan teori didalamnya, perdebatan distimulasi melalui pengunaan kolom kontroversi, Berkas Fakta, dan Uraian, yang memberi mahasiswa data-data menarik yang mengilustrasikan persoalan utama didalam naskah. Sumber-sumber daring termasuk MCQ dan slide Powerpoint, melengkapi buku ini.

Halaman 1 dari 4

Research Databases

« September 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30