Items filtered by date: Desember 2017
27 Desember 2017 In Berita dan Peristiwa

Saat ini sumber-sumber referensi riset (seperti artikel jurnal, tesis, disertasi, dan lain-lain) sebagian besar tersedia secara secara online. Tuntutan terhadap para akademisi untuk mengunggah artikel melalui jurnal nasional maupun internasional merupakan faktor utama pemicunya. Untuk mengakses dan mengunduhnya, kita hanya perlu mengenali sumber-sumber dari referensi tersebut dan butuh sedikit kemahiran dalam menggunakan sarana penulusuran (search engine).

Sumber referensi riset dengan jumlah yang sangat melimpah itu ada yang bersifat open access (gratis) maupun closed access. Pada sebagian instansi ada yang berlangganan (subscription-based). Begitu juga dengan Universitas Andalas, hampir setiap tahun melanggan jurnal dan ebook dari publisher online.

Akan tetapi sebagian besar civitas akademika Unand masih belum memanfaatkannya dengan baik. Sebagian dari mereka merasa kesulitan dalam mencari sumber referensi untuk penelitian, maupun untuk penulisan karya ilmiah/tugas akhir. Padahal informasi tersebut, artikel jurnal ilmiah, ebook, prosiding konferensi, tesis, disertasi dan lain-lain, sebenarnya dapat diakses dan diunduh secara gratis dengan mudah dan dalam waktu singkat, dalam bentuk fulltext (teks lengkap).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut UPT Perpustakaan Unand membuka kelas untuk workshop “Online Research Skill”, yang diadakan secara rutin 2 kali dalam seminggu, setiap hari Rabu dan Jum’at pagi. Pesertanya bisa dari mahasiswa maupun dosen. Peserta yang mengikuti kegiatan tidak dipungut biaya sepersenpun. Bagi yang berminat bisa mendaftar melalui Bagian Tata Usaha di Lantai 1 Gedung Perpustakaan.

Untuk tahap awal materi workshop yang akan diajarkan adalah: 1) Panduan praktis mengakses dan mengunduh artikel di jurnal online; 2)Bagaimana mengelola referensi riset secara efektif dengan menggunakan reference management software (seperti Zotero atau Mendeley); dan 3) Bimbingan upload tugas akhir bagi mahasiswa (khusus untuk mahasiswa yang akan di wisuda).

Selain kelas yang diadakan di perpustakaan, pustakawan juga siap diundang untuk memberikan bimbingan terkait dengan materi Online Reseach Skill di fakultas atau unit-unit yang ada di lingkungan Universitas Andalas.

11 Desember 2017 In Berita dan Peristiwa

UPT Perpustakaan Universitas Andalas pada hari sabtu dan minggu tanggal 9-10 Desember 2017, telah mengadakan kegiatan workshop Etika Layanan Perpustakaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 5. Perpustakaan Unand.  Kegiatan kali ini mengusung tema “Meningkatkan Etika Layanan Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima Terhadap Pemustaka.” Hadir dalam acara tersebut sekitar 60 orang peserta, yang terdiri dari staf UPT Perpustakaan Unand dan staf ruang baca fakultas yang ada di lingkungan Unand.