10 Pemustaka Terbaik Periode 1 Tahun 2018

31 Mei 2018

Untuk meningkatkan gairah pengunjung datang dan meminjam buku, UPT Perpustakaan Universitas Andalas memberikan reward kepada 10 pemustaka terbaik. Reward diberikan 3 kali dalam setahun, dalam bentuk publikasi dan hadiah. Kategori penilaian dilakukan berdasarkan mekanisme tertentu, dengan mempertimbangkan banyaknya jumlah buku yang dipinjam dan tingkat keterlambatan pengembalian. Mahasiswa yang paling sering meminjam buku, belum tentu menjadi pemustaka terbaik, jika sering terlambat mengembalikan buku. Karena dalam proses penilaian denda dijadikan sebagai komponen pengurang dalam penilaian.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 yang lalu. Bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk lebih sering meminjam buku atau memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan. Sekaligus untuk meningkatkan disiplin mahasiswa dalam mengembalikan buku yang dipinjam. Reward diberikan dalam bentuk penanyangan biodata 10 pemustaka teraktif melalui video early warning system yang dipasang di depan ruang sirkulasi (peminjaman buku), dan pemberian hadiah. Hadiahnya dalam bentuk buku, yang judulnya disesuaikan dengan bidang studi yang diambil oleh pemenang.

Untuk periode I tahun 2018 ini UPT Perpustakaan telah melakukan penilaian. Berikut daftar sepuluh nama mahasiswa yang paling aktif melakukan peminjaman buku periode Januari - April 2018.

  1. Fadilhamzah Zikril Hakim --> Fak. Hukum
  2. Fagly Dini Dhinotra --> Fak. Peternakan
  3. Januar Azhari --> Fak. Peternakan
  4. Yulita Rachim --> Fak. Pertanian
  5. Nadia Andri Yeni --> Fak. Pertanian
  6. Hayana Muslimah --> FISIP
  7. Fuji Fauziar --> Fak. Peternakan
  8. Salsabila Miska Aulia -->FIB
  9. Ayuni Mahendra -->FISIP
  10. Vivi Dwi Maryeti --> Fak. Farmasi
Fadlihamzah Zikril Hakim, dari Fakultas Hukum menjadi mahasiswa paling aktif, karena paling sering melakukan peminjaman buku dan tidak pernah terlambat dalam mengembalikannya. Selanjutnya di posisi ke-2 dan ke-3 ada Fagly Dini Dhitora dan Januar Azhari, keduanya berasal dari Fakultas Peternakan. Bagi nama-nama yang terdaftar pada tabel di atas dapat mengambil hadiahnya di Bagian Pengolahan Lantai 1 Gedung UPT Perpustakaan Unand pada hari kerja.

Read 88 times