Mahasiswa Fakultas Pertanian Paling Aktif Meminjam Buku

08 Januari 2018

Sepanjang tahun 2017 total sebanyak 65.402 transaksi peminjaman buku di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Jumlah tersebut sedikit menurun dibandingkan dengan tahun 2016. Sebagian besar transaksi peminjaman tersebut dilakukan oleh mahasiswa program sarjana, yang mencapai 94%. Sedangkan sisanya terbagi antara mahasiswa program D3, S2, S3 dan dosen, serta tenaga kependidikan.

Sebagaimana biasanya setiap tahunnya UPT Perpustakaan Unand melakukan rekapitulasi terhadap berbagai transaksi yang terjadi, seperti peminjaman, denda, penambahan koleksi, dan pengunjung, yang disusun dalam bentuk laporan tahunan. Beberapa dari laporan tersebut dikelompokkan berdasarkan fakultas. Karena memang homebase utama dari anggota perpustakaan adalah fakultas.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan di awal tahun ini, untuk transaksi peminjaman buku, yang paling banyak melakukan transaksi adalah mahasiswa dari Fakultas Pertanian, sebanyak 8.267 transaksi, disusul oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi, dengan 8.098 transaksi. Untuk lebih jelasnya 5 besar fakultas dengan peminjam terbanyak bisa dilihat pada gambar.

Disamping jumlah pinjaman, pada kategori ini juga dihitung jumlah keterlambatan pengembalian buku berdasarkan fakultas. Dari hasil rekapitulasi, diperoleh data bahwasanya mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi persentase keterlambatannya paling tinggi, dengan 38,96%, disusul oleh Fakultas Kedokteran, 37,91% dan Fakultas Ekonomi, 36,70%. Tingginya persentase keterlambatan pengembalian Fakultas Kedokteran Gigi dan Kedokteran, kemungkinan disebabkan karena jauhnya jarak antara kampus mereka, di Kampus Jati, dengan lokasi perpustakaan, di Kampus Unand Limau Manis.

Read 106 times