Workshop Etika Layanan Perpustakaan Berlangsung Meriah

11 Desember 2017

UPT Perpustakaan Universitas Andalas pada hari sabtu dan minggu tanggal 9-10 Desember 2017, telah mengadakan kegiatan workshop Etika Layanan Perpustakaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 5. Perpustakaan Unand.  Kegiatan kali ini mengusung tema “Meningkatkan Etika Layanan Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima Terhadap Pemustaka.” Hadir dalam acara tersebut sekitar 60 orang peserta, yang terdiri dari staf UPT Perpustakaan Unand dan staf ruang baca fakultas yang ada di lingkungan Unand.

Sebagai nara sumber, perpustakaan mengundang Arlin Teguh Ardani, Trainer Neuro Linguistic Programming (NLP) dari Indosinergi Utama Padang. Beliau merupakan pakar NLP yang telah berpengalaman memberikan pelatihan di bidang komunikasi, pelayanan prima, sikap mental, pengembangan diri dan lain-lain. Disamping itu beliau juga dikenal sebagai motivator yang konsen dalam bidang self empowerment, personal coaching disamping sebagai terapis.

Dalam acara tersebut, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt., didapuk untuk memberikan kata sambutan, untuk mewakili rektor. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasanya, perpustakaan harus aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa. Disamping itu beliau juga menyampaikan bahwasanya perpustakaan harus terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan terhadap pemustaka, karena perpustakaan merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa.

Disamping rektor, kepala perpustakaan, Drs. Yasir, S.Sos, dalam kata sambutannya menghimbau kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan workshop dengan baik, dan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam menjalankan rutinitas pekerjaan di perpustakaan dan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara sendiri berlangsung dengan meriah, sebagai seorang motivator, Arlin Teguh Ardani berhasil menghipnotis peserta untuk tetap bertahan mendengarkan dan mengikuti materi yang disampaikannya. Terbukti, sebagian besar peserta tetap setia dan antusias mengikuti acara sampai selesai. Di akhir acara nara sumber memberikan materi tentang arti sebuah kesuksesan. Beliau mengibaratkan kesuseksesan dengan sebuah amplop tertutup, yang bisa digapai oleh siapa saja yang mau berusaha. Beliau menyimpulkan bahwasanya “Setiap usaha belum tentu berujung kesuksesan, akan tetapi tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa berusaha.” (Andi Saputra)

Read 188 times