Workshop LI di Kampus III Unand Dharmasraya Peroleh Animo Tinggi

20 November 2017

Perpustakaan Universitas Andalas (Unand) mengadakan kegiatan workshop Literasi Informasi (LI) di Fakultas Pertanian Kampus III Unand Dharmasraya pada Rabu (15/11), sehari berselang pelaksanaan Workshop serupa di Kampus II Payakumbuh. Animo mahasiswa dalam mengikuti Workshop bertema “Cerdas dalam Temu Kembali Informasi Jaman Now” ini tampak tinggi. Terbukti dengan hadirnya 95 peserta memadati Gedung Aula Kampus III Unand Dharmasraya untuk mengikuti workshop tersebut.

Materi pertama berjudul Penggunaan Operator Boolean dalam LI dan Penggunaan Advance Operator sebagai Search Engine disampaikan oleh Rahmadeli, ST., Staf IT Perpustakaan Unand. Materi pembuka ini sangat penting dipahami mahasiswa agar dapat mencari dan menemukan informasi di internet secara efektif dan efisien.

Materi kedua berjudul Panduan dan Tata Cara Prosedur Bebas Pustaka oleh Beni Adri Yassin, A.Md., yang juga merupakan Staf IT Perpustakaan Unand. Bebas Perpustakaan merupakan syarat bagi mahasiswa Unand untuk menerima ijazah dan/atau wisuda. Untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan, mahasiswa wajib mengunggah soft file tugas akhir ke website e-skripsi Unand. Dalam mengunggah tugas akhir terdapat tata cara dan ketentuan teknis yang harus diketahui mahasiswa.

Peserta workshop terlihat sangat antusias mendengarkan pemaparan materi. Dalam sesi tanya jawab materi pertama, peserta mengaku baru mengenal Operator Boolean dan teknik pencarian tingkat lanjut yang dipaparkan pemateri. Mereka juga baru mengetahui, bahwa pencarian di mesin pencari internet dapat dimudahkan dengan menggunakan teknik pencarian tersebut. Namun sayangnya, peserta tidak dapat mempraktikkan langsung karena terkendala fasilitas yang belum memadai.

Workshop LI menjadi semakin meriah dengan adanya kuis dan pembagian doorprize. Dalam acara ini, 6 (enam) orang peserta berhasil mendapatkan doorprize berupa buku dari Perpustakaan Unand. 

Read 138 times