Perpustakaan Unand Mengadakan Workshop Literasi Informasi di Kampus II Payakumbuh

16 November 2017

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam memperoleh dan mengakses informasi di era digital, UPT Perpustakaan Universitas Andalas mengadakan Workshop Literasi Informasi. Workshop diselenggarakan pada hari Selasa, 14 November 2017 yang lalu, bertempat di Kampus II Unand Payakumbuh. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Peternakan. Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah “Cerdas Dalam Temu Kembali Informasi Jaman Now.” Ada 2 materi yang disajikan dalam workshop kali ini, yaitu (1) Cara praktis dalam melakukan pencarian informasi menggunakan search engine, dan (2) Panduan upload tugas akhir mahasiswa. Untuk materi pertama yang menjadi narasumber adalah Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. Sedangkan untuk materi kedua disampaikan oleh Vebi Dwi Putra, A.Md. Keduanya merupakan staf UPT Perpustakaan Universitas Andalas.

Tim UPT Perpustakaan yang berangkat berjumlah 7 orang, dipimpin langsung oleh kepala perpustakaan, Drs. Yasir, S.Sos. Di Payakumbuh tim yang datang disambut oleh Sekretaris Koordinator Fakultas Ekonomi Payakumbuh, Agestayeni, SE, MM. dan Koordinator Fakultas Peternakan, Ir. Erpomen, MP.

 

Kegiatan workshop sendiri berlangsung cukup meriah, terbukti dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang hadir. Kegiatan yang dibagi ke dalam 2 kelas berdasarkan fakultas, diikuti tidak kurang dari 50 orang mahasiswa per kelasnya.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan pemustaka yang menjadi tanggung jawab UPT Perpustakaan, yang menjadi induk dari semua ruang baca yang ada di lingkungan Universitas Andalas. Tidak terkecuali kampus II Payakumbuh dan kampus III Dharmasraya. Dalam sambutannya, kepala perpustakaan menyampaikan bahwasanya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin perpustakaan setiap tahunnya. Karena pembinaan mahasiswa kampus II dan kampus III merupakan bagian dari tanggung jawab UPT Perpustakaan Unand, sama dengan fakultas-fakultas lainnya yang ada di Padang. Hal senada juga disampaikan oleh Agestayeni, SE, MM dan Ir. Erpomen, MP yang mewakili kedua fakultas, mereka sangat berharap UPT Perpustakaan lebih pro aktif dalam melakukan pembinaan terhadap mahasiswa yang ada di Kampus II, karena selama ini kegiatan-kegiatan pembinaan sangat jarang dilakukan di kampus mereka.

Selain mengadakan workshop, pada kesempatan tersebut UPT Perpustakaan Unand juga menyerahkan buku sumbangan kepada ruang baca kedua fakultas yang ada di Payakumbuh, yang diserahkan secara simbolis oleh Drs. Yasir, S.Sos. Disamping itu juga diserahkan Buku Kataog Induk Bidang Ilmu Ekonomi, dan Bidang Ilmu Peternakan, yang baru diterbitkan oleh UPT Perpustakaan Unand, yang diserahkan oleh Andi Saputra, S.Kom, M.Kom kepada perwakilan kedua fakultas yang ada di Payakumbuh.

Read 145 times