Rangkaian Kunjungan Kerjasama Kepala Perpustakaan Unand

23 Oktober 2017

Pada pertengahan bulan Oktober 2017 ini, kepala UPT Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos didampingi oleh beberapa orang staf melakukan serangkaian kunjungan kerja ke perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat. Rangkaian kunjungan yang berlangsung selama 2 hari ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi. Kunjungan diawali ke Perpustakaan Universitas Putra Indonesia (UPI-YPTK), yang diberi nama Andalusia Library and Knowledge Center. Pak Yasir, yang didampingi oleh stafnya, Andi Saputra dan  Dian Budiarti, disambut oleh Muhammad Fadli, M.Ikom, Kepala Perpustakaan UPI-YPTK yang juga didampingi oleh beberapa orang stafnya di ruang pertemuan.

Perbincangan berlansung menarik terkait dengan penerapan konsep perpustakaan modern yang diimplementasikan oleh Perpustakaan Andaluasia . Setelah melakukan sedikit diskusi, dilanjutkan dengan pembicaraan terkait dengan persiapan kerjasama antar perpustakaan. selama ini antara kedua perpustakaan belum ada ikatan kerjasama. Oleh karena itu disepakati bahwasanya setelah pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan penandatanganan MOU kerjasama antara kedua belah pihak. Selain itu dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pembicaraan terkait dengan persiapan pembentukan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) wilayah Sumatera Barat. Di akhir pertemuan tersebut tuan rumah mengajak tamunya berkeliling melihat-lihat sistem pelayanan yang ada di perpustakaan Andalusia.

Setelah dari UPI-YPTK rombongan melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan STKIP PGRI Sumatera Barat yang beralamat di Gunung Pangilun. Disana mereka disambut tak kalah meriahnya oleh Wakil Dekan I dan Kepala Perpustakaan, Ade Dewi Maharani, M.Pd. Pertemuan diawali dengan jamuan makan siang di ruang pimpinan. Sebelumnya, pada tahun 2014 yang lalu, antara kedua belah pihak terjalin kerjasama dengan jangka waktu 3 tahun. Sehingga tahun ini kerjasama tersebut berakhir. Oleh karena itu dalam kunjungan kali ini kedatangan kepala Perpustakaan Unand bertujuan untuk memperbaharui MOU kerjasama tersebut.

Pada hari kedua kunjungan dilanjutkan dengan menyambangi kampus ISI Padang Panjang. Dalam perjalanan kali ini kepala perpustakaan didampingi oleh 4 orang stafnya, yaitu Andi Saputra, Yudelna, Zasmi Fitriani dan Dian Niko Putra. Disana mereka disambut oleh Bapak H.Yurisman, S.Sn, M.Si (Kepala Perpustakaan) beserta stafnya. Sama halnya dengan STKIP PGRI, MOU kerjasama dengan ISI juga sudah berakhir masa berlakunya tahun ini. Oleh karena itu dalam pertemuan kali ini kedua belah pihak juga tinggal memperbaharui kerjasama tersebut.

Sebelum berangkat kembali ke Padang, rombongan juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan ISI Padang Panjang, Bapak Drs. Afriyenis, MM., yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian di beberapa unit yang ada di Universitas Andalas. Di akhir pertemuan Pak Yasir menyampaikan bahwasanya Unand harus mampu mengayomi perguruan-perguruan tinggi lain yang ada di Sumbar. Sudah tidak zamanya lagi ego Unand sebagai perguruan tinggi besar ditonjolkan.

Read 95 times