Semiloka dan Munas FPPTI 2017 – Bogor

27 September 2017

Perpustakaan Universitas Andalas (Unand) mengutus 4 (empat) perwakilan untuk mengikuti Semiloka Nasional kepustakawanan Indonesia (Semiloka) dan Musyawarah Nasional (Munas) FPPTI 2017 bertema “The Future of Indonesian Librarianship: Think Innovation and Change” di IPB, Bogor, Jawa Barat, Senin-Rabu (18-20/9). Rombongan dipimpin oleh Kepala Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos., yang didampingi oleh 2 (dua) orang pustakawan, Armaida, A.Ma., dan Nani, A.Md, serta seorang arsiparis, Dahliar.

Dalam rombongan, ikut serta sebagai pemakalah call for paper, Kordinator Bidang IT Perpustakaan Unand, Andi Saputra, M.Kom. Andi tampil sebagai pemakalah pada Semiloka dan Munas FPPTI 2017 setelah karya tulisnya yang berjudul "Kemas Ulang Kriteria Pemilihan Pemustaka Berprestasi Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan" disetujui untuk dipresentasikan. Makalah tersebut telah terbit di Jurnal of Documentation and Information Science (JODIS) terbitan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII). Kegiatan ini menampilkan 14 orang pemakalah call for paper, 5 (lima) diantara makalah yang ditampilkan terbit di JODIS.

Semiloka dan Munas FFPTI 2017 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Ilmu perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII). Tema yang diangkatkan bertujuan sebagai upaya mewujudkan upaya profesionalisme para pengelola informasi, pustakawan, record specialist, dan arsiparis dalam melakukan inovasi dan perubahan untuk meningkatkan kinerja masing-masing instansi atau perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini meliputi seminar, lokakarya, training, presentasi "Call for Paper", Pemilihan Pustakawan Berprestasi (Indonesian Academic Librarian Award) versi FPPTI, serta Musyawarah Nasional FPPTI.

Sekembalinya dari Semiloka dan Munas FPPTI, Kepala Perpustakaan Unand, Drs. Yasir, S.Sos menyatakan bahwa pustakawan perguruan tinggi di Sumatera Barat (Sumbar) perlu memiliki wadah yang menampung dan mendukung untuk terus berinovasi. Oleh sebab itu, Yasir menargetkan agar tahun depan, 2018, telah terbentuk FPPTI Wilayah Sumbar. Dalam hal ini, Perpustakaan Unand sebagai ujung tombak penggerak pembentukannya. (MP)

 

Read 251 times