Youth4Dev: Peran Pemuda dalam Menyukseskan Program SDG’s

06 April 2017

Sustainable Development Goals atau disingkat SDG’s sudah berlaku di Indonesia sejak awal tahun 2016 lalu. Kerangka kerja pembangunan global SDG’s hadir menggantikan Millenium Development Goals atau MDG’s yang berakhir di tahun 2015. Berbagai program untuk mempromosikan SDG’s di Indonesia terus dilakukan agar tujuan dari program ini terwujud dan dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah program Youth4Dev yang dilaksanakan oleh Alumni YSEALI berkerja sama dengan American Corner Universitas Andalas.

Youth4Dev ini terbagi atas 2 kegiatan, yakni Youth4Dev Academy Roadshow dan Youth4Dev Academy Boot Camp. Pada Rabu hingga Kamis, 29-30 Maret lalu kegiatan Youth4Dev Academy Roadshow hadir di Universitas Andalas. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang lesehan American Corner Universitas Andalas. Ikut hadir pada kegiatan ini Al Adi Fitrah (YSEALI Academic Fellow On Civic Engagement at University of Nebraska at Omaha, Fall 2015). Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi sosialisasi SDG’s yang berfokus pada peran anak muda dalam mensukseskan program SDG’s itu sendiri. Pada kegiatan ini juga diundang pembicara dari salah seorang dosen Universitas Andalas, Virtuous Setyaka, S.IP, M.Si yang berbagi pengalaman mengenai Youth Potential on Poverty Reduction (Potensi anak muda dalam upaya pengurangan kemiskinan).


Selain sosialisasi SDG’s, tim Youth4Dev juga mempromosikan kegiatan Youth4Dev Academy Boot Camp yang akan dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah pada 3-7 Mei nanti. Kegiatan ini dibiayai penuh oleh YSEALI, baik penerbangan dan akomodasi. Selain itu tim Youth4Dev juga memperkenalkan program YSEALI (Youth Southeast Asian Leaders Initiative) sekaligus sharing tips dan trik untuk bisa mendapatkan beasiswa bergengsi ini.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan online campaign yang dilaksanakan di depan Perpustakaan Universitas Andalas. Booth kegiatan ini berisi berbagai informasi mengenai Youth4Dev Academy Boot Camp, SDG’s dan YSEALI. Pengunjung ditantang untuk berfoto di X banner dan juga spanduk program ini, dan memposting nya di media sosial mereka dengan hashtag dan caption yang sudah ditentukan. Jika sudah dilakukan dengan baik, maka pengunjung tersebut akan mendapatkan souvenir menarik yang sudah panitia sediakan

Read 692 times