Panduan Modifikasi Modul Keanggotaan SLiMS Untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi

15 Maret 2017

Senayan Library Management System (SliMS) merupakan sebuah perangkat lunak untuk sistem manajemen perpustakaan. Sebagian besar fitur-fiturnya sudah mengakomodasi kegiatan-kegiatan di perpustakaan, serta bermanfaat untuk membantu mempermudah dalam mengelola tugas perpustakaan. Sesuai dengan basic pengembangnya, perpustakaan Kementerian Pendididikan Nasional, aplikasi ini pada dasarnya dikembangkan untuk digunakan pada perpustakaan umum. Fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan umum. Sedangkan untuk penerapan di jenis perpustakaan lain seperti perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi, perlu dilakukan modifikasi dan pengembangan pada fitur-fitur tertentu.Salah satunya pada modul keanggotaan, yang tidak memuat kolom-kolom yang sangat dibutuhkan dalam melakukan pendataan anggota di perguruan tinggi.

Beberapa perbedaan yang ditemukan terkait dengan keanggotaan adalah :

  1. Identitas pada perguruan tinggi berbasis pada fakultas dan program studi, sedangkan pada perpustakaan umum identitas anggota berbasis pada daerah asal atau tempat domisili.
  2. Status keanggotaan di perguruan tinggi terbatas hanya sampai mahasiswa tamat, sedangkan pada perpustakaan umum keanggotaannya bisa seumur hidup, walaupun kartu keanggotaannya terbatas, akan tetapi bisa status keanggotaan bisa diperbaharui atau diperpanjang.
  3. Anggota perpustakaan perguruan tinggi juga dikelompokkan berdasarkan jenjang studi
  4. Status keanggotaan di perguruan tinggi terbatas hanya sampai mahasiswa menamatkan studinya, sedangkan di perpustakaan umum bisa diperpanjang sampai seumur hidup.

Staf perpustakaan Unand, Andi Saputra, telah berhasil melakukan modifikasi terhadap modul keanggotaan aplikasi SLiMS 7 Cendana, agar sesuai dengan kebutuhan pendataan di perguruan tinggi. Hasil modifikasi tersebut telah dimuat di website GoSliMS (http://slims.web.id/goslims), website resmi sebagai wadah kreatifitas para pegiat SLiMS Indonesia.

Hasil modifikasi tersebut telah diuji dan diterapkan di Peprustakaan Universitas Andalas. Master file beserta panduan penggunaannya dapat di download di laman : Master dan Panduan Modifikasi SLiMS Perguruan Tinggi.

 

 

 

Read 696 times