Mahasiswa Fakultas Ekonomi Paling Aktif Mengunjungi Perpustakaan

07 Maret 2017

Pada awal tahun 2017 ini Bidang Automasi UPT Perpustakaan Unand, telah melakukan pendataan terhadap jumlah pengunjung perpustakaan berdasarkan fakultas setiap bulannya. Setiap pengunjung yang berasal dari mahasiswa Unand dihitung dan dikelompokkan berdasarkan asal fakultasnya. Setelah itu data diurutkan berdasarkan jumlah terbanyak.

Dari total 45.223 kali kunjungan ke perpustakaan selama bulan Februari 2017, sebanyak 45.123 berasal dari mahasiswa Unand. Dari jumlah tersebut kunjungan terbanyak berasal dari Fakultas Ekonomi, yaitu sebanyak 10.288 kunjungan. Sedangkan kunjungan paling sedikit berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, yaitu 147 kali. Berikut disajikan 5 besar kunjungan terbanyak ke pepustakaan Unand selama bulan Fabruari 2017 :

No.

Nama Fakultas

Jumlah

1

Fakultas Ekonomi

10288

2

Fakultas Pertanian

8102

3

Fakultas Peternakan

5958

4

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

2929

5

Fakultas Hukum

2872

 Untuk lebih jelasnya, rincian jumlah pengunjung per fakultas bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Jumlah pengunjung dari Fakultas Ekonomi, Pertanian dan Peternakan yang berada di 3 besar sangat jauh perbedaannya dibandingkan dengan fakultas lainnya. Faktor lokasi sepertinya cukup mempengaruhi jumlah pengunjung per fakultas di UPT Perpustakaan Unand, disamping banyaknya jumlah mahasiswa. Karena ketiga fakultas tersebut lokasinya berada persis di depan perpustakaan. Sedangkan untuk 2 fakultas dengan jumlah terendah, seperti Fakultas Kedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat disamping jumlah mahasiswanya sedikit, lokasi kampusnya juga cukup jauh dari perpustakaan yang berada di kampus Unand Limau Manis , yaitu di kampus Jati ,di pusat Kota Padang.

Selain pengunjung per fakultas bidang autamasi juga melakukan pendataan terhadap pengunjung berdasarkan jenjang studi yang ada di Unand. Mahasiswa program Sarjana (S1) paling banyak mengunjungi perpustakaan, yaitu 42.726 kali kunjungan. Jumlahnya sangat jauh dibandingkan dengan jenjang studi lainnya. Kondisi ini sangat wajar terjadi mengingat perbedaan jumlah mahasiswa S1 dengan jenjang studi lainnya sangat jauh sekali. Data selengkapnya bisa dilihat pada tabel berikut :

No Jenjang Studi Jumlah
1 DIII 1.698
2 Sarjana (S1) 42.726
3 Magister (S2) 394
4 Doktor (S3) 31

Itulah gambaran pengunjung perpustakaan Unand selama bulan Februari 2017 berdasarkan asal pengunjung. Data tersebut diambil dari pangkalan database perpustakaan yang dikelola dan diolah oleh Bidang Automasi.

 

Read 808 times