Gubernur Sumbar Mendapat Anugerah Tokoh Literasi Nasional

28 Februari 2017
sumber : http://perpusnas.go.id sumber : http://perpusnas.go.id

Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc. dianugerahi gelar Tokoh Literasi Nasional, oleh Perpustakaan Nasional karena telah berjasa dalam mendukung pengembangan literasi di propinsi Sumatera Barat. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muh. Syarif Bando  pada saat acara pembukaan pameran Minang Book Fair yang diselenggarakan di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang, Jumat (24/2).

Pameran bertema “Membangkik Batang Tarandam” ini diselenggarakan oleh Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI) bekerja sama dengan Pemprov Sumatera Barat dan Perpustakaan Nasional RI serta dihadiri Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, bupati/wali kota di Provinsi Sumatera Barat, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dan sejumlah pimpinan dari berbagai universitas di Sumatera Barat.

Syarif mengapresiasi kegiatan yang diikuti 35 penerbit buku ini yang dinilai sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengembangkan literasi. Dalam pidatonya, Syarif menyoroti rendahnya jumlah terbitan buku dan tidak meratanya penyebaran buku di Indonesia yang berimbas pada kesenjangan minat baca masyarakat. Kondisi ini semakin memprihatinkan karena terjadi di tengah kemajuan informasi dan teknologi. Karenanya, kehadiran perpustakaan menjadi sangat penting karena bisa menyediakan bacaan kepada masyarakat.

“Perkembangan teknologi informasi sangat cepat, informasi dapat diperoleh dalam waktu yang singkat. Perpustakaan harus dapat beralih menjadi institusi yang berbasis teknologi agar tidak ditinggalkan. Untuk itu, Perpustakaan Nasional RI pada 17 Agustus 2016 telah meluncurkan aplikasi iPusnas di mana buku dapat diakses melalui mobile phone,” tambah Syarif.

Aplikasi iPusnas merupakan perpustakaan digital yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional. iPusnas adalah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore dan e-Pustaka, membangun jaringan/komunikasi sesama pembaca, dan juga sebagai e-Reader untuk membaca eBook. Aplikasi ini dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari dekstop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base aplication), dan mobile (smartphone-based application).

Sebagai penutup, Syarif Bando berharap pemerintah daerah tetap fokus mengembangkan perpustakaan dan gerakan literasi agar meningkatkan indeks budaya baca di Sumatera Barat.

Dalam pameran ini juga dilakukan pencanangan Gerakan Sumatera Barat Membaca. Gubernur Irwan Prayitno beserta Bupati dan Wali Kota membubuhkan tanda tangan yang disaksikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Sumber : http://www.perpusnas.go.id

Read 555 times