07 Februari 2018
Rate this item
(2 votes)

Scopus merupakan pangkalan database ilmiah internasional bereputasi yang diterbitkan oleh Elsevier, Publisher online terbesar di dunia yang berpusat di Amsterdam, Belanda. Artikel dari Penulis yang berafiliasi dengan Universitas Andalas telah diterbitkan di Jurnal yang terindex Scopus sejak tahun 1984 yang lalu. Sejak saat itu penulis Unand selalu aktif mengirimkan artikelnya ke jurnal-jurnal yang terindex Scopus. Untuk menilai kontribusi keilmuan Unand, salah satunya bisa diukur dari banyaknya publikasi dari para penelitinya yang terindex Scopus. Tabel berikut ini menyajikan jumlah publikasi Unand dalam 10 tahun terakhir yang terindex Scopus.

Sampai dengan akhir tahun 2017, sebanyak 1.318 artikel Unand yang terindex Scopus. Setiap tahun jumlahnya cenderung mengalami peningkatan. Yang paling signifikan terjadi sejak tahun 2014 yang lalu. dimana jumlah sudah lebih dari 100 artikel per tahunnya. Akan tetapi pada tahun 2017 ini terjadi sedikit penurunan dibandingkan dengan tahun 2016. Untuk melihat progress report-nya secara lebih jelas, bisa dilihat pada Gambar berikut ini.

07 Februari 2018
Rate this item
(0 votes)

Berdasarkan data yang ada di dalam pangkalan datanya, sampai dengan akhir tahun 2017 Scopus telah mengindexs sebanyak 37.956 publisher. Dari total jumlah tersebut, terdapat sebanyak 133 publisher yang pernah menerbitkan dokumen dari penulis yang berafiliasi dengan Universitas Andalas. Diantaranya tentu saja penulis dari Unand ada yang kecenderungan untuk menerbitkan artikel pada publisher tertentu. Oleh karena itu Tabel di bawah ini menyajikan kecenderungan penerbitan artikel Unand di Jurnal terincex Scopus.

Ternyata "Pakistan Journal Of Nutrition" menjadi pilihan terbanyak bagi penulis asal Unand untuk menerbitkan artikelnya, yaitu sebanyak 101 dokumen. Disusul oleh "Research Journal Of Pharmaceutic" dengan 76 dokumen, serta "International Journal On Advanced" dengan 75 dokumen. Untuk melihat grafik perkembangan publikasi Unand pada penerbit tersebut di atas, bisa dilihat pada Gambar berikut :

"Pakistan Journal Of Nutrition" sejak tahun 2008 aktif menerbitkan artikel dari penulis Unand tahunnya. Jumlah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan untuk publisher lainnya belum terlalu lama mempublikasikan artikel dari Universitas Andalas.

04 Jun 2017
Rate this item
(2 votes)

Sampai dengan akhir tahun 2017, total sebanyak 1.318 dokumen dari penulis yang berafiliasi dengan Universitas Andalas terindex oleh database Scopus. Tersebar ke dalam 27 subjek area (disiplin ilmu) yang berbeda. Dokumen tersebut paling awal diterbitkan pada tahun 1984. Tabel di bawah ini menyajikan sebaran subjek area dari dokumen-dokumen milik penulis Universitas Andalas yang terindex Scopus.

Tabel di atas menunjukkan bahwasanya, artikel Unand paling banyak terindex Scopus pada subjek Agricultural and Biological Sciences, yaitu sebanyak 400 artikel. Selanjutya disusul oleh subjek Engineering, dengan 322 artikel, serta Pharmacology, Toxilogy and  Pharmaceutics dengan 249 artikel. Sedangkan untuk melihat sebarannya secara jelas, seperti yang disajikan pada Gambar berikut ini:

 

04 Jun 2017
Rate this item
(1 Vote)

Artikel terakhir dari penulis Universitas Andalas yang di index oleh Scopus

Halaman 1 dari 2